Pengembangan Mobile Learning Aplikasi Castle Math Berbasis Sistem Operasi Android Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Tingkat SMP/MTs

Authors

  • Barqilatief Mujasir Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
  • Ishaq Nuriadin Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
  • Benny Hendriana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Keywords:

mobile learning, android, android studio

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan produk berupa aplikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana cara mengembangkan aplikasi mobile berbasis sistem operasi android pada materi bangun ruang sisi datar tingkat SMP/MTs dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran tersebut. Aplikasi dapat di operasikan pada perangkat yang menggunakan sistem operasi android. Aplikasi berupa mobile learning bangun ruang sisi datar untuk tingkat SMP/MTs. Aplikasi dibuat peneliti dengan menggunakan software android studio. Aplikasi selanjutnya di ujicoba kelayakannya. Metode penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi dan ahli media. Rata-rata akhir penilaian dari ahli materi adalah 93,34% untuk kategori sangat baik dan pernyataan validasi yang diberikan ahli materi bahwa aplikasi layak digunakan. Rata-rata akhir penilaian dari ahli media adalah 70,59% untuk kategori baik dan pernyataan validasi yang diberikan ahli materi bahwa aplikasi layak digunakan dengan perbaikan. Adapun hasil penilaian dari pengguna telepon seluler berbasis sistem operasi android sebesar 86,60% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil bahwa aplikasi layak digunakan dengan perbaikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Barqilatief Mujasir, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Department of Mathematic Education

Ishaq Nuriadin, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Department of Mathematic Education

Benny Hendriana, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Department of Mathematic Education

References

[1] Daryanto. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media. (2016).

[2] Daryanto. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media. (2016).

[3] Majid, Abdul. Mobile Learning. Bandung: Universitas Pendidikan Bandung. (2012).

[4] H, Muh Tamimuddin. 2014. Pengenalan Media Pembelajaran Berbasis Mobile (Mobile Learning). Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

[5] Globalstats, StatCounter. "Mobile Operating System Market Share in Indonesia”. Diakses 05 Agustus 2017. http://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia.

[6] Irsyad, Hanif. Aplikasi Android dalam 5 Menit Edisi Revisi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. (2016).

[7] Android, Developers. "Platform Versions”. Diakses 05 Agustus 2017. https://developer.android.com/about/dashboards/index.html#Platform

[8] Satyaputra, Alfa & Aritonang, Eva Maulina. Let's Build Your Android Apps with Android Studio. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. (2016).

[9] Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta. (2014).

[10] Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. (2017).

[11] Arikonto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara. (2013).

[12] Sari, Dwi Ivayana. Evaluasi Pembelajaran. Bangkalan: STKIP PGRI. (2015).

Published

2017-11-18

How to Cite

Mujasir, B., Nuriadin, I., & Hendriana, B. (2017). Pengembangan Mobile Learning Aplikasi Castle Math Berbasis Sistem Operasi Android Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Tingkat SMP/MTs. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 2, I35 - I41. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/749