Perancangan Sistem Manajemen Pembelajaran Berbasis Website di Picasso Drawing School

Penulis

  • Azizah Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Jakarta, Indonesia
  • Nunik Pratiwi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Jakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Manajemen pembelajaran, Agile, Scrum, Product Backlog, Blackbox

Abstrak

Berdasarkan pengamatan perkembangan sistem pembelajaran di Picasso Drawing school
memerlukan sebuah inovasi sistem manajemen pembelajaran yang bisa dilakukan secara
online tanpa mengurangi efektifivitas kegiatan pembelajaran secara tatap muka. Penelitian
ini bertujuan untuk membuat sistem manajemen pembelajaran berbasis website yang dapat
membantu Picasso Drawing school dalam proses pembelajaran secara online dan
pengelolaan data dengan perangkat belajar seperti ateri, tugas,presensi kehadiran dan
penilaian. Sistem ini dibangun dengan menggunakan metode Agile dengan modelScrum.
Tahapan Agile antara lain pengumpulan data dengan membuat product backlog dan Agile
plan, analisa sistem, perancangan sistem, implementasi dan pengujian. Dari tahapan metode
ang telah dilakukan dan berdasarkan pengujian sistem dengan teknik blackbox yaitu
menghasilkan sistem manajemen pembelajaran berbasis web yang bermanfaat untuk Picasso
Drawing School. Hasil penilaian sistem yang diberikan oleh para responden enghasilkan
80% menyatakan sistem bermanfaat dan dapat berjalan dengan baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Yudhoanto, & Helmi Adi. (2018). Panduan Mudah

Belajar Laravel. In PT Alex Media Komputindo.

https://books.google.co.id/books?id=TpV1DwAAQB

AJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_sum

mary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Harison, & Syarif, A. (2016). SISTEM INFORMASI

GEOGRAFIS PEMETAAN SARANA

PRASARANA Jurnal TEKNOIF ISSN : 2338-2724.

Jurnal TEKNOIF, 4(2), 76–81.

Sunardi, S., & Fadli, S. (2018). IDENTIFIKASI

MASALAH PENERAPAN METODE AGILE

(SCRUM) PADA PENGEMBANGAN

PERANGKAT LUNAK DI PERGURUAN TINGGI

(Studi Kasus Universitas Nahdlatul Ulama Nusa

Tenggara Barat). Jurnal Manajemen Informatika Dan

Sistem Informasi, 1(2), 14.

https://doi.org/10.36595/misi.v1i2.37

Suendri. (2018). Implementasi Diagram UML

(Unified Modelling Language) Pada Perancangan

Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database

Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan).

Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(1), 1–9.

http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/algoritma/article/do

wnload/3148/1871

Mahdiana, D. (2016). Pengadaan Barang Dengan

Metodologi Berorientasi Obyek : Studi Kasus Pt . Liga

Indonesia. Jurnal TELEMATIKA, 3(2), 36–43.

Jaya, T. S. (2018). Pengujian Aplikasi dengan Metode

Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi

Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung).

Jurnal Informatika Pengembangan IT (JPIT), 3(2),

–46. https://doi.org/10.30591/jpit.v3i1.647

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-01

Cara Mengutip

Azizah, & Pratiwi, N. (2022). Perancangan Sistem Manajemen Pembelajaran Berbasis Website di Picasso Drawing School. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 6, 34–39. Diambil dari https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/10223