Perancangan Sistem Manajemen Pembelajaran Berbasis Website di Picasso Drawing School
Kata Kunci:
Manajemen pembelajaran, Agile, Scrum, Product Backlog, BlackboxAbstrak
Berdasarkan pengamatan perkembangan sistem pembelajaran di Picasso Drawing school
memerlukan sebuah inovasi sistem manajemen pembelajaran yang bisa dilakukan secara
online tanpa mengurangi efektifivitas kegiatan pembelajaran secara tatap muka. Penelitian
ini bertujuan untuk membuat sistem manajemen pembelajaran berbasis website yang dapat
membantu Picasso Drawing school dalam proses pembelajaran secara online dan
pengelolaan data dengan perangkat belajar seperti ateri, tugas,presensi kehadiran dan
penilaian. Sistem ini dibangun dengan menggunakan metode Agile dengan modelScrum.
Tahapan Agile antara lain pengumpulan data dengan membuat product backlog dan Agile
plan, analisa sistem, perancangan sistem, implementasi dan pengujian. Dari tahapan metode
ang telah dilakukan dan berdasarkan pengujian sistem dengan teknik blackbox yaitu
menghasilkan sistem manajemen pembelajaran berbasis web yang bermanfaat untuk Picasso
Drawing School. Hasil penilaian sistem yang diberikan oleh para responden enghasilkan
80% menyatakan sistem bermanfaat dan dapat berjalan dengan baik.
Unduhan
Referensi
Yudhoanto, & Helmi Adi. (2018). Panduan Mudah
Belajar Laravel. In PT Alex Media Komputindo.
https://books.google.co.id/books?id=TpV1DwAAQB
AJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_sum
mary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
Harison, & Syarif, A. (2016). SISTEM INFORMASI
GEOGRAFIS PEMETAAN SARANA
PRASARANA Jurnal TEKNOIF ISSN : 2338-2724.
Jurnal TEKNOIF, 4(2), 76–81.
Sunardi, S., & Fadli, S. (2018). IDENTIFIKASI
MASALAH PENERAPAN METODE AGILE
(SCRUM) PADA PENGEMBANGAN
PERANGKAT LUNAK DI PERGURUAN TINGGI
(Studi Kasus Universitas Nahdlatul Ulama Nusa
Tenggara Barat). Jurnal Manajemen Informatika Dan
Sistem Informasi, 1(2), 14.
https://doi.org/10.36595/misi.v1i2.37
Suendri. (2018). Implementasi Diagram UML
(Unified Modelling Language) Pada Perancangan
Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database
Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan).
Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(1), 1–9.
http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/algoritma/article/do
wnload/3148/1871
Mahdiana, D. (2016). Pengadaan Barang Dengan
Metodologi Berorientasi Obyek : Studi Kasus Pt . Liga
Indonesia. Jurnal TELEMATIKA, 3(2), 36–43.
Jaya, T. S. (2018). Pengujian Aplikasi dengan Metode
Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi
Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung).
Jurnal Informatika Pengembangan IT (JPIT), 3(2),
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Teknoka
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.