Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Sistem Informasi Smart Building Berbasis Android (Studi Kasus: RS. Multazam Medika)
Keywords:
Augmented Reality, Android, PrototypingAbstract
Augmented Reality (AR) suatu teknologi yang dapat menghubungkan antara objek virtual dengan objek nyata secara real time. Teknologi Augmented Reality (AR) mampu menghubungkan lingkungan nyata disekitar sehingga dapat berinteraksi dengan dunia digital (virtual). Dalam penelitian ini menggunakan metode prototyping dalam pengembangan sistem. Sistem informasi berbasis Augmented Reality (AR) ini berbasis marker-based tracking dengan Vuforia sebagai android development kit (SDK) sebagai alat penunjang pembuatan aplikasi sistem informasi berbasis AR. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk memudahkan pengunjung serta staff Rumah Sakit khususnya Rumah Sakit Multazam Medika untuk mendapatkan informasi yang berteknologi Augmented Reality berbasis Android, yang dimana pengunjung serta staff akan mendapatkan informasi seputar bangunan gedung pada Rumah Sakit Multazam Medika dengan menampilkan informasi gedung dalam bentuk 2D dan 3D. Berdasarkan tingkat keberhasilan yang telah tercapai pada hasil skala likert, kepuasan pengguna Rumah Sakit sebesar 89.44% yang didapat melalui metode penyebaran kuesioner pada pengguna Rumah Sakit dan wawancara dengan salah satu perwakilan dari staff Rumah Sakit Multazam Medika. Sistem informasi Smart Building berbasis Augmented Reality ini dapat digunakan oleh pengguna Rumah Sakit untuk memudahkan pengguna Rumah Sakit mendapatkan akses informasi pada Rumah Sakit Multazam Medika.
Downloads
References
Candra, A., R. D. & B. M. . (2014). No Title. Perancangan Mobile Augmented Reality System Untuk Wisata Sejarah SENARAI
Siltanen, S. (2012). Theory and Applications of Marker-Based Augmented Reality. Julkaisija
Roedavan, R. (2014). No Title. Unity Tuttorial Game Engine, INFORMATIKA.
Hamdi, G. (2011). Membangun Aplikasi Berbasis Android “Pembelajaran Psikotes”Menggunakan App Inventor. Jurnal Dasi, 12.
Ogedebe, P. M., & Jacob, B. P. (2012). Software Prototyping: A Strategy to Use WhenUser Lacks Data Processing Experience. ARPN Journal of Systems and Software, 2(6), 219–224
Rachman. (2018). Sistem Informasi Wisata Di Ampera Waterpark. Jurnal Siliwangi, 4(2), 87–92
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Teknoka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.