Sistem Pendeteksi Wajah Untuk Keamanan pada Fakultas Teknik UHAMKA Menggunakan Metode Viola Jones dan LBPH (Local Binary Pattern Histogram)

Authors

  • Yudha Adi Hendrawan Prakoso Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta Indonesia
  • Nunik Pratiwi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta Indonesia

Keywords:

keamanan, pendeteksian wajah, viola jones, Local Binary Pattern Histogram

Abstract

Keamanan merupakan hal yang sangat dibutuhkan semua orang termasuk kemanan pada Fakultas Teknik UHAMKA yang dimana saat ini telah mengimplementasikan cctv untuk proses monitoring namun dikira masih kurang maksimal untuk sekedar memonitoring saja, Perancangan dengan judul “Sistem Pendeteksi Wajah untuk Keamanan pada Fakultas Teknik UHAMKA menggunakan Metode Viola Jones dan LBPH (Local Binary Pattern Histogram)” memiliki tujuan untuk meningkatkan keamanan atau proses monitoring pada lingkungan Fakultas Teknik dengan cara membuat pendeteksi wajah sehingga security dapat membedakan antara mahasiswa dan yang bukan mahasiswa Fakultas Teknik, dalam pembuatan sistem perancang menggunakan metode Viola Jones sebagai framework pendeteksi dan metode LBPH (Local Binary Pattern Histogram) untuk pengenalan wajah. Berdasarkan hasil pengujian sistem yg dilakukan, dapat disimpulkan bahwa system pendeteksi wajah dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan akurasi 100% dari 6 data percobaan. Selain itu, faktor jarak, posisi wajah dan pencahayaan juga sangat berpengaruh dalam proses pendeteksian wajah ini. Menurut penilaian security FT UHAMKA atas sistem yang telah dibuat memberikan pernyataan jika sistem dapat membantu dan sudah maksimal dan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yudha Adi Hendrawan Prakoso, Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta Indonesia

Departemen Teknik Informatika
Fakultas Teknik

Nunik Pratiwi, Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta Indonesia

Departemen Teknik Informatika
Fakultas Teknik

References

Viola, P., & Jones, M. (2001). Robust Real-Time Object Detection. In International Journal of Computer Vision - IJCV (Vol. 57).

Li, S. Z., & Jain, A. K. (2005). Handbook of Face Recognition : 1. New York: Springer Science; Business Media, Inc.

Chau, S., Banjarnahor, J., Irfansyah, D., Kumala, S., & Banjarnahor, J. (2019). Analisis Pendeteksian Pola Wajah Menggunakan Metode Haar-Like Feature. ournal of Informatics and Telecommunication Engineering.

Published

2022-01-01

How to Cite

Prakoso, Y. A. H., & Pratiwi, N. (2022). Sistem Pendeteksi Wajah Untuk Keamanan pada Fakultas Teknik UHAMKA Menggunakan Metode Viola Jones dan LBPH (Local Binary Pattern Histogram). Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 6, 104–112. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/10249