Optimalisasi Distribusi Informasi Objekdan Daya Tarik Wisata Indonesia Berbasis Augmented Reality Melalui Mobile Computing
Abstract
Objek dan daya tarik wisata (ODTW) terdapat diseluruh wilayah Indonesia mulai dari kesenian, kebudayaan, landscape atau panorama alam dan sejarah peradaban. Informasi masih didistribusikan menggunakan media konvensional, seperti brosur dan katalog. Karya tulis ini bertujuan untuk mengoptimalisasi distribusi informasi ODTW dengan konsep pengembangan aplikasi augmented reality yang menarik, interaktif dan efisien yang memanfaatkan kemajuan komputer. Augmented reality merupakan teknologi yang mengkombinasikan dunia nyata dan data digital. Dengan penggabungan QR Code dan augmented reality, pengemasan informasi ODTW dalam bentuk digital akan menjadi lebih interaktif dan bervariasi yang berbasiskan sistem operasi mobile (android). Hasil perancangan didapatkan bahwa optimalisasi distribusi informasi menjadi menarik melalui aplikasi turisca yang memunculkan gambaran awal ODTW tersebut.
Downloads
References
Pusdatin KEMENPAREKRAF RI. Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara Per Bulan Agustus.2014.
Siltanen, Sanni. "Theory and application of marker-based augmented reality”. VTT Science3. Espoo: Finland. (2012).
Fathoni, M., Cahyono, E.B. & Kusuma, W.A. Alat Musik Perkusi Augmented Reality Berbasis Android. Makalah Seminar Tugas Akhir. Universitas Diponegoro : Semarang, (2012).
Azuma, Ronald, et al. Recend Advance in Augmented Reality. IEEE. 2001.
Milgram, P., Kishino F. "Taxonomy of Mixed Reality Visual Display”. IEICE Transaction on Information Systems. 1994.
Educause Learning Initiative. 7 Things You Should Know About QR Codes. (2009).
Lewis, John and William Loftus. Java Software Solution Seventh Edition. Boston : Addison-Wesley, (2012).
Hamilton, Kim and Russel Miles. Learning UML 2.0. O'Reilly, (2006).
Lee, Sunguk. "Unified Modelling Language (UML) for Database Systems and Computer Application”, International Journal of Database Theory and Application. Vol. 5, No. 1, Maret, 2012.