Perancangan Sistem Manajemen Pembelajaran Berbasis Websitedi Picasso Drawing School
Keywords:
Manajemen pembelajaran, Agile, Scrum, Product Backlog, BlackboxAbstract
Berdasarkan pengamatan perkembangan sistem pembelajaran di Picasso Drawing school memerlukan sebuah inovasi sistem manajemen pembelajaran yang bisa dilakukan secara online tanpa mengurangi efektifivitas kegiatan pembelajaran secara tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem manajemen pembelajaran berbasis website yang dapat membantu Picasso Drawing school dalam proses pembelajaran secara online dan pengelolaan data dengan perangkat belajar seperti ateri, tugas, presensi kehadiran dan penilaian. Sistem ini dibangun dengan menggunakan metode Agile dengan model Scrum. Tahapan Agile antara lain pengumpulan data dengan membuat product backlog dan Agile plan, analisa sistem, perancangan sistem, implementasi dan pengujian. Dari tahapan metode yang telah dilakukan dan berdasarkan pengujian sistem dengan teknik blackbox yaitu menghasilkan sistem manajemen pembelajaran berbasis web yang bermanfaat untuk Picasso Drawing School. Hasil penilaian sistem yang diberikan oleh para responden menghasilkan 80% menyatakan sistem bermanfaat dan dapat berjalan dengan baik.
Downloads
References
Yudhoanto, & Helmi Adi. (2018). Panduan Mudah
Belajar Laravel. In PT Alex Media Komputindo.
https://books.google.co.id/books?id=TpV1DwAAQB
AJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_sum
mary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
Harison, & Syarif, A. (2016). SISTEM INFORMASI
GEOGRAFIS PEMETAAN SARANA
PRASARANA Jurnal TEKNOIF ISSN : 2338-2724.
Jurnal TEKNOIF, 4(2), 76–81.
Sunardi, S., & Fadli, S. (2018). IDENTIFIKASI
MASALAH PENERAPAN METODE AGILE
(SCRUM) PADA PENGEMBANGAN
PERANGKAT LUNAK DI PERGURUAN TINGGI
(Studi Kasus Universitas Nahdlatul Ulama Nusa
Tenggara Barat). Jurnal Manajemen Informatika Dan
Sistem Informasi, 1(2), 14.
https://doi.org/10.36595/misi.v1i2.37
Suendri. (2018). Implementasi Diagram UML
(Unified Modelling Language) Pada Perancangan
Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database
Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan).
Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(1), 1–9.
http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/algoritma/article/do
wnload/3148/1871
Mahdiana, D. (2016). Pengadaan Barang Dengan
Metodologi Berorientasi Obyek : Studi Kasus Pt . Liga
Indonesia. Jurnal TELEMATIKA, 3(2), 36–43.
Jaya, T. S. (2018). Pengujian Aplikasi dengan Metode
Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi
Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung).
Jurnal Informatika Pengembangan IT (JPIT), 3(2),
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Teknoka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.