Main Article Content
Abstract
Pendahuluan: Sektor pertanian bawang merah di Desa Alasrejo, Kabupaten Banyuwangi sangat penting untuk dikembangkan secara terus menerus dengan tujuan meningkatkan produksi dan mengurangi disparitas ekonomi. Produk bawang merah yang diolah akan meningkatkan aktivitas perdagangan komoditi bawang merah yang unggul. Studi ini bertujuan untuk menerapkan strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan penjualan bawang merah untuk menjual produk mereka kepada pelanggan yang lebih luas khususnya di Desa Alasrejo Banyuwangi. Metode: Deskriptif dengan teknik observasi, pendamping, dan evaluasi. Hasil: Petani di Desa Alasrejo, Kabupaten Banyuwangi masih berfokus menjual produk tidak dalam bentuk olahan, kedepan butuh keterlibatan semua pihak untuk memberikan pendampingan kepada petani membuat produk olahan dari bawang merah kedalam berbagai varian produk. Kesimpulan: Kegiatan ini bermanfaat bagi para petani karena dapat meningkatkan daya saing dan penjualan bawang merah yang signifikan.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Anisah. (2020). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Busana Muslim Di Pasar Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
- Al-Farizi, Burhanuddin., & Rusdiana, J. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Kelompok Tani Sri Rejeki Desa Sukorejo Kecamatan Sambirejo Dalam Meningkatkan Penjualan Beras Organik (Doctoral dissertation, UIN Surakarta).
- Bariqi, Muhammad Darari. (2018). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 5(2). 64-69.
- Ernawati, A., Astuti, E. Z., & Soelistyowati, D. (2023). Menjaga Eksistensi Dharma Boutique Roastery: Eksplorasi Strategi Komunikasi Pemasaran Pabrik Kopi Tertua di Semarang. Jurnal Riset Komunikasi, 6(2), 123–139. https://doi.org/10.38194/jurkom.v6i2.821
- Habib, M. A. F., & Sutopo, S. (2024). Pembinaan Umkm Dalam Aspek Komunikasi Pemasaran Sebagai Wujud Pemberdayaan Perempuan Di Sekitar Kawasan Wisata Pantai. Journal of Islamic Tourism Halal Food Islamic Traveling and Creative Economy, 4(1), 85-100.
- Farahdiba, D. (2020). Konsep dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi Dea Farahdiba Mahasiswa Magister Sains Manajemen, Universitas Gadjah Mada. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1), 1–16.
- Fadillah, A., Tinggi, S., Ekonomi, I., Suardy, W., Tinggi, S., &Ekonomi, I. (2019). Perilaku Pembelian Konsumen. Kesatuan Press, July.
- Febrianty. (2020). Pengantar Bisnis (Sebuah Tinjauan Konseptual dan Praktis). In Widina Bhakti Persada Bandung(Vol. 1, Issue 1).
- Hariyanto, D. (2016). Buku Komunikasi Pemasaran. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar(Vol. 6, Issue August).
- Manggarani, C. A., Badrudin, R., & Patiro, S. P. S. (2021). Manajemen Pemasaran.
- Maria, Sitti. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan, 11(2). 220-233.
- Nafi’ah, F., Luthfi, A., & Wibisono, S. (2022). Analisis Sektor Potensial dan Pengembangan Wilayah di Kabupaten Tulungagung. Jurnal Ekuilibrium, 6(2), 93. https://doi.org/10.19184/jek.v6i2.31576
- Rabbani, D. B., Desak, N., Santi, M., Sari, Y. P., Haryanti, I., Santoso, M. H., & Ardani, W. (n.d.) 2023. Komunikasi pemasaran.
- Rahmawati, Evi & Kisworo, Bagus. (2017). Peran Pendamping Dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui program Keluarga harapan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2). 161-169. https://journal.unnes.ac.id/sju/jnfc/article/download/16271/10134
- Rendarwati, R., Lestari, E., & Widiyanto, W. (2024). Strategi Pemberdayaan Petani Dalam Pengembangan Bawang Merah (Studi Kasus Desa Pajeng Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro). Jurnal Ilmiah Global Education, 5(1), 479-489.
- Vadillah, N. (2021). Strategi Komunikasi Dalam Mensosialisasikan Program Website Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) Di Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
- Yusuf, C., Muhammad, A., & Ernawan, D. (2023). Pengembangan Strategi Komunikasi Pemasaran Olahan Ikan Melalui Media Sosial (Instagram) di Desa Patimban Kecamatan Pusakanagara Kabupaten Subang. Jurnal Kolaborasi Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Administrasi, 1(1).
- Widoyoko, Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. https://www.academia.edu/download/33381764/Evaluasi_Program_Pembelajaran.pdf
References
Anisah. (2020). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Busana Muslim Di Pasar Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Al-Farizi, Burhanuddin., & Rusdiana, J. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Kelompok Tani Sri Rejeki Desa Sukorejo Kecamatan Sambirejo Dalam Meningkatkan Penjualan Beras Organik (Doctoral dissertation, UIN Surakarta).
Bariqi, Muhammad Darari. (2018). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 5(2). 64-69.
Ernawati, A., Astuti, E. Z., & Soelistyowati, D. (2023). Menjaga Eksistensi Dharma Boutique Roastery: Eksplorasi Strategi Komunikasi Pemasaran Pabrik Kopi Tertua di Semarang. Jurnal Riset Komunikasi, 6(2), 123–139. https://doi.org/10.38194/jurkom.v6i2.821
Habib, M. A. F., & Sutopo, S. (2024). Pembinaan Umkm Dalam Aspek Komunikasi Pemasaran Sebagai Wujud Pemberdayaan Perempuan Di Sekitar Kawasan Wisata Pantai. Journal of Islamic Tourism Halal Food Islamic Traveling and Creative Economy, 4(1), 85-100.
Farahdiba, D. (2020). Konsep dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi Dea Farahdiba Mahasiswa Magister Sains Manajemen, Universitas Gadjah Mada. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1), 1–16.
Fadillah, A., Tinggi, S., Ekonomi, I., Suardy, W., Tinggi, S., &Ekonomi, I. (2019). Perilaku Pembelian Konsumen. Kesatuan Press, July.
Febrianty. (2020). Pengantar Bisnis (Sebuah Tinjauan Konseptual dan Praktis). In Widina Bhakti Persada Bandung(Vol. 1, Issue 1).
Hariyanto, D. (2016). Buku Komunikasi Pemasaran. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar(Vol. 6, Issue August).
Manggarani, C. A., Badrudin, R., & Patiro, S. P. S. (2021). Manajemen Pemasaran.
Maria, Sitti. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan, 11(2). 220-233.
Nafi’ah, F., Luthfi, A., & Wibisono, S. (2022). Analisis Sektor Potensial dan Pengembangan Wilayah di Kabupaten Tulungagung. Jurnal Ekuilibrium, 6(2), 93. https://doi.org/10.19184/jek.v6i2.31576
Rabbani, D. B., Desak, N., Santi, M., Sari, Y. P., Haryanti, I., Santoso, M. H., & Ardani, W. (n.d.) 2023. Komunikasi pemasaran.
Rahmawati, Evi & Kisworo, Bagus. (2017). Peran Pendamping Dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui program Keluarga harapan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2). 161-169. https://journal.unnes.ac.id/sju/jnfc/article/download/16271/10134
Rendarwati, R., Lestari, E., & Widiyanto, W. (2024). Strategi Pemberdayaan Petani Dalam Pengembangan Bawang Merah (Studi Kasus Desa Pajeng Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro). Jurnal Ilmiah Global Education, 5(1), 479-489.
Vadillah, N. (2021). Strategi Komunikasi Dalam Mensosialisasikan Program Website Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) Di Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Yusuf, C., Muhammad, A., & Ernawan, D. (2023). Pengembangan Strategi Komunikasi Pemasaran Olahan Ikan Melalui Media Sosial (Instagram) di Desa Patimban Kecamatan Pusakanagara Kabupaten Subang. Jurnal Kolaborasi Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Administrasi, 1(1).
Widoyoko, Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. https://www.academia.edu/download/33381764/Evaluasi_Program_Pembelajaran.pdf