Main Article Content

Abstract

Background: Desa Pinggirpapas mempunyai luas wilayah 886 ha yang merupakan bagian dari beberapa desa yang berada di Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep dan letak wilayahnya adalah ± 11,5 Km. Sebagian dari para pelaku UMKM masih belum menggunakan pemasaran digital sebagai sarana pemasaran produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang jenis-jenis sosial media dan e-marketplace sebagai media pemasaran serta bagaimana menjual produk di kedua media digital tersebut. Metode: Metode yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu Sosialisasi. Sosialisasi yang diberikan yaitu pelatihan yang dipilih berdasarkan kebutuhan yang memiliki tingkat urgensi yang tinggi, dimana berdasarkan hasil survey pendahuluan yang dilakukan para pelaku kesulitan untuk memperluas pangsa pasar. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan dan kemampuan para pelaku UMKM khususnya di Desa Pinggirpapas dalam memaksimalkan penggunaan sosial media seperti mengetahui sosial media. Kesimpulan: UMKM di Desa Pinggirpapas sebaiknya digunakan untuk menjalankan usaha, perlu ada akun sosial media khusus yang berfokus pada aktivitas pemasaran (tidak menggunakan akun personal), mampu menyusun konten (foto produk) dan mampu mengelola akun pada e-marketplace Shopee maupun media online lainnya.

Keywords

E-marketplace Pemasaran digital Sosialisasi

Article Details

How to Cite
Bushiri, M. I., Salim, A., & Susyanti, J. (2023). Penerapan Pemasaran Digital Untuk Mendorong UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Desa Pinggirpapas, Sumenep . Jurnal SOLMA, 12(3), 937–942. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.12305

References

Read More