Main Article Content

Abstract

Background: Desa Pinggirpapas mempunyai luas wilayah 886 ha yang merupakan bagian dari beberapa desa yang berada di Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep dan letak wilayahnya adalah ± 11,5 Km. Sebagian dari para pelaku UMKM masih belum menggunakan pemasaran digital sebagai sarana pemasaran produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang jenis-jenis sosial media dan e-marketplace sebagai media pemasaran serta bagaimana menjual produk di kedua media digital tersebut. Metode: Metode yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu Sosialisasi. Sosialisasi yang diberikan yaitu pelatihan yang dipilih berdasarkan kebutuhan yang memiliki tingkat urgensi yang tinggi, dimana berdasarkan hasil survey pendahuluan yang dilakukan para pelaku kesulitan untuk memperluas pangsa pasar. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan dan kemampuan para pelaku UMKM khususnya di Desa Pinggirpapas dalam memaksimalkan penggunaan sosial media seperti mengetahui sosial media. Kesimpulan: UMKM di Desa Pinggirpapas sebaiknya digunakan untuk menjalankan usaha, perlu ada akun sosial media khusus yang berfokus pada aktivitas pemasaran (tidak menggunakan akun personal), mampu menyusun konten (foto produk) dan mampu mengelola akun pada e-marketplace Shopee maupun media online lainnya.

Keywords

E-marketplace Pemasaran digital Sosialisasi

Article Details

How to Cite
Bushiri, M. I., Salim, A., & Susyanti, J. (2023). Penerapan Pemasaran Digital Untuk Mendorong UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Desa Pinggirpapas, Sumenep . Jurnal SOLMA, 12(3), 937–942. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.12305

References

  1. Asmaranto, R., Sugiarto, S., Widhiyanuriyawan, D., & Purnomo, M. (2020). Penguatan Wilayah Binaan Mandiri Energi Melalui Peningkatan Kapasitas Mikrohidro di Daerah Terpencil. Jurnal Teknik Pengairan, 11(1), 18–25. https://doi.org/10.21776/ub.pengairan.2020.011.01.03
  2. Dahiya R. (2017). A Research Paper on Digital Marketing Communication and Consumer Buying Decision Process: An Empirical Study in the Indian Passenger Car Market, Journal of Global Marketing 31(2):1-23. http://dx.doi.org/10.1080/08911762.2017.1365991
  3. French, A. & Smith, G. (2013). Measuring brand association strength: a consumer-based brand equity approach. European Journal of Marketing, 47(8), pp.1356-1367
  4. Kementerian Komunikasi dan Informatika (2022).
  5. Kinasih, I., Widiyahseno, B., & Wahjuni, E. (2020). Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam memperkuat perekonomian masyarakat. Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa, 1(1), 33–44. https://doi.org/10.32669/village
  6. Nikmah, O. F. 2017. Kajian Tentang Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Peluang Bisnis. Jurnal Administrasi dan Bisnis, 11(1), 47–56.
  7. Pujiana, T., Arianti, D., & Mutolib, A. (2019). Persepsi Stakeholder Terhadap Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Di Sungai Langka, Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Mimbar Agribisnis, 5(2), 145–155. http://dx.doi.org/10.25157/ma.v5i2.1905
  8. Qurhtuby, M., Fahira, D. N., & Agustina, E. (2021). Digital Marketing Implementation: Implentasi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Industri Di Kelurahan Tangkerang. Jurnal Pendidikan Tabusai, 5(2). https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1958
  9. Rahmawati, E. (2020). Analisis Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(1), 1–13. https://doi.org/10.35760/eb.2020.v25i1.2386
  10. Ridwan, Muhammad, I. (2019). Penerapan Digital marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. JURNAL ABDIMAS BSI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 137-142. E-ISSN: 2614- 6711.
  11. Saputra, G.G. & Fadhilah, F. (2021). Strategi Pemasaran Umkm Sebagai Seller Pada E-marketplace (Studi pada Pelanggan Shopee di Indonesia). Media Bina Ilmiah, 15(12), 5853–5866. https://doi.org/https://doi.org/10.33758/mbi.v15i12.1156
  12. Sembiluh, D., & Sulistiadi, W. (2022). Analisis Implementasi Pemasaran Digital di Rumah Sakit pada Pandemi COVID-19: Literatur Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(3), 224–232. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i3.2135
  13. Setyobakti, M. H. (2017). Identification of Business Enterprises Bumdes Based On Social And Economic Aspect. Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi dan Manajemen (JEMA), 14(2). http://riset.unisma.ac.id/index.php/jema
  14. Solihin, D., Ahyani, A., Karolina, K., Pricilla, L., & Octaviani, I. S. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada Umkm Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM, 2(3). https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.10726
  15. Wardana, W., Fitrianna, H., & Suhartanto, S. (2022). Scale Up Business dan Digitalisasi Tata Kelola BUMDes Retno Sembodo dalam Membentuk Kemandirian Ekonomi Masyarakat. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 178. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5692
  16. Veleva, S. S., & Tsvetanova, A. I. (2020). Characteristics of the digital marketing advantages and disadvantages. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 940(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/940/1/012065