Isi Artikel Utama

Abstrak

Background: Literasi Keuangan adalah aspek penting yang erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat. Pengetahuan yang dimiliki seseorang tentang keuangan dapat membantu dalam membuat keputusan, termasuk memilih produk finansial yang dapat mengoptimalkan keputusan keuangan Generasi Z di Kota Malang. Dengan tujuan meningkatkan pengetahuan keuangan generasi Z Kota Malang sehingga mereka dapat membantu meningkatkan penghasilan masyarakat melalui pengelolaan keuangan yang tepat. Metode: Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik observasi, pendamping, dan evaluasi. Hasil: Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa generasi Z Kota Malang sudah mengetahui dan memahami tentang pengetahuan literasi keuangan semakin baik dan bisa mengelola keuangan untuk memanfaatkan peluang digitalisasi dengan belajar investasi pasar modal dan membuat akun jual beli saham melalui digitalisasi literasi. Kesimpulan: Literasi keuangan perlu di gencarkan dimulai dari pendidikan menengah atas hingga tinggi khususnya generasi Z, karena pada tingkat tersebut seseorang mulai belajar bagaimana pengambilan keputusan pengelolaan keuangan yang baik.

Kata Kunci

Literasi Keuangan Generasi Z Literasi Keuangan Generasi Z

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rohma, N. N., Salim, A., & Sudaryanti, D. (2025). Sosialisasi Literasi Keuangan dalam Membangun Fondasi Keuangan yang Kuat pada Generasi Z di Kota Malang. Jurnal SOLMA, 14(2). https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18903

Referensi

  1. Aramana, D., Hasrul, S., Trianda Pitri, D., Ilmi, B., & Gunung Leuser, U. (2023). Jurnal Pengabdian Masyarakat Multi Displin Ilmu Meningkatkan Literasi Keuangan Kalangan Mahasiswa Di Universitas Gunung Damhil: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 2024, https://jurnal.itscience.org/index.php/jpmasdi
  2. Bariqi, Muhammad Darari. (2018). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 5(2). 64-69.
  3. Dhani, S. R. (2023). Gen Z Si Paling Mental Health Tapi Juga Si Paling Melek Investasi. IDX Islamic. https://idxislamic.idx.co.id/whats-on-idx islamic/cerita-inspirasi-investor-syariah/gen-z-si-paling-mental-health-tapi juga-si-paling-melek-investasi/
  4. Fauzi, Firman & Hudaya, Agung. (2024). The Power of Binge-Watching on Continuation Intention of Video on Demand Mediated by Fear of Missing Out in the Young Generation. Journal of Sustainable Transformation. http://dx.doi.org/10.55927/fjsr.v3i12.12798
  5. Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda Dalam Menghadapi Mea. Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula, 640–647. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1282
  6. Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7
  7. Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2017). Tingkat Literasi Keuangan pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(1), 76–85. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.76
  8. Otoritas Jasa Keuangan, & Statistik, B. P. (2024). Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2024. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi Keuangan-(SNLIK)-2024.aspx
  9. Putra, L. V., Silfiana, I., Khoiriyah, A., & Sacipto, R. (2020). Penerapan Financial Literacy Dalam Pengelolaan Keuangan Siswa. Jurnal Karya Abdi, 4(1), 132–135.
  10. Qalsum R, A. T. U. (2019). Pengaruh Social Media Influencer terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi di pasar modal. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–48.
  11. Rahmawati, Evi & Kisworo, Bagus. (2017). Peran Pendamping Dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui program Keluarga harapan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2). 161-169. https://journal.unnes.ac.id/sju/jnfc/article/download/16271/10134
  12. Rifani, A., Dewi, M. S., Yusniar, M. W., Stiadi, D., Abidin, M. Z., Redawati, & Asma, R. (2024). Peningkatan Literasi Keuangan Melalui Pelatihan dan Pendampingan Digitalisasi Pencatatan Keuangan pada UMKM Binaan PT Sarana Kalsel Ventura. BAKTI BANUA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 10–15. https://ejurnal.stimi-bjm.ac.id/index.php/BBJM/
  13. Saraswati, A. M., & Nugroho, A. W. (2021). Perencanaan Keuangan dan Pengelolaan Keuangan Generasi Z di Masa Pandemi Covid 19 melalui Penguatan Literasi Keuangan. Warta LPM, 24(2), 309–318. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.13481
  14. Widoyoko, Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. https://www.academia.edu/download/33381764/Evaluasi_Program_Pembelajaran.pdf
  15. Yushita, a. N. (2017). Pentingnya literasi keuangan bagi pengelolaan keuangan pribadi. Nominal, barometer riset akuntansi dan manajemen, 6(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14330