Main Article Content

Abstract

Background: Pendidikan pada anak usia dini  merupakan salah satu program dalam ranah pendidikan non formal yang memiliki tujuan utama untuk membina dan merangsang perkembangan anak usia dini sejak lahir hingga usia sebelum masuk pendidikan formal.  Hal tersebut dilakukan dengan  pendekatan dasar yang mencakup berbagai aspek perkembangan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak usia dini dengan program pendidikan karakter  dalam nilai-nilai islam. Metode: Pendekatan yang diusulkan dalam PKM penanaman dan peningkatan nilai-nilai Islam pada anak usia dini melalui metode cerita atau dongeng, permainan peran, dan kunjungan ke tempat ibadah. Selain itu juga menanamkan nilai-nilai islam dengan metode ceramah yaitu aqidah,ibadan dan akhlak. Tahapan kegiatan dilakukan dengan melakukan observasi, kerjasama, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.  Hasil: Berdasarkan hasil pengabdian yang dilakukan di desa Pesanggrahan, ditemukan bahwa anak-anak usia dini lebih tertarik pada metode penenaman nilai-nilai islam dengan metode cerita atau dongeng, permainan peran dan kunjungan ke tempat ibadan. Namun, pada metode ceramah merasa kurag tertarik karena merasa cepat bosan dan kurang menarik hanya dengan mendengarkan ceramah saja. Dengan mendengar suasana menjadi monoton dan tidak ada kegiatan yang menyenangkan. Kesimpulan: Pemahaman bahwa anak-anak usia dini lebih tertarik pada metode penanaman nilai-nilai Islam melalui metode cerita atau dongeng, permainan peran, dan kunjungan ke tempat ibadah adalah suatu temuan yang berharga.

Keywords

Anak usia dini Nilai-nilai Islam Pendidikan Early childhood Education Islamic values

Article Details

How to Cite
Wakhid, N., Nur Rizky, S., Sunaryo, H., & Supriyanto, S. (2024). Pemberdayaan Generasi Muda: Inovasi Program Pengabdian Masyarakat dalam Membentuk Karakter Islami pada Anak Usia Dini . Jurnal SOLMA, 13(1). https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.14347

References

Read More