Main Article Content
Abstract
Background: Pendidikan pada anak usia dini merupakan salah satu program dalam ranah pendidikan non formal yang memiliki tujuan utama untuk membina dan merangsang perkembangan anak usia dini sejak lahir hingga usia sebelum masuk pendidikan formal. Hal tersebut dilakukan dengan pendekatan dasar yang mencakup berbagai aspek perkembangan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak usia dini dengan program pendidikan karakter dalam nilai-nilai islam. Metode: Pendekatan yang diusulkan dalam PKM penanaman dan peningkatan nilai-nilai Islam pada anak usia dini melalui metode cerita atau dongeng, permainan peran, dan kunjungan ke tempat ibadah. Selain itu juga menanamkan nilai-nilai islam dengan metode ceramah yaitu aqidah,ibadan dan akhlak. Tahapan kegiatan dilakukan dengan melakukan observasi, kerjasama, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil: Berdasarkan hasil pengabdian yang dilakukan di desa Pesanggrahan, ditemukan bahwa anak-anak usia dini lebih tertarik pada metode penenaman nilai-nilai islam dengan metode cerita atau dongeng, permainan peran dan kunjungan ke tempat ibadan. Namun, pada metode ceramah merasa kurag tertarik karena merasa cepat bosan dan kurang menarik hanya dengan mendengarkan ceramah saja. Dengan mendengar suasana menjadi monoton dan tidak ada kegiatan yang menyenangkan. Kesimpulan: Pemahaman bahwa anak-anak usia dini lebih tertarik pada metode penanaman nilai-nilai Islam melalui metode cerita atau dongeng, permainan peran, dan kunjungan ke tempat ibadah adalah suatu temuan yang berharga.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Aldiansyah Yusuf, M., Assagaf Reza, M., Safitri, A., Muslikha, Y., Syahlia, N. M., Setiawan, M., & Rahmawati, A. N. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Religiusitas Melalui Kegiatan Mengaji Rutinan Pada Anak Usia Dini Di Desa Jampang. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 95-102.
- Anggraini, W., & Syafril, S. (2018). Pengembangan Nilai–Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini.
- Cahyani, A. (2014). Analisis Deiksis dalam Komik Angkara Tan Nendra Karya Resi Wiji S. dalam Majalah Panjebar Semangat. ADITYA-Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, 5(1), 16-25.
- Elkarimah, M. F. (2017). Strategi Pendidikan Agama Islam pada Pembelajaran Akidah “Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Aliran Sesat.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 105–113.
- Irlina, A. (2023). Strengthening Young Generation Character with Islamic Education from Preschool in 5.0 Society. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 3(1), 85-90. https://doi.org/10.35877/454RI.daengku1416
- Mulyono, F. D. Y., Damayanti, E., Tasnim, A., & Syarif, E. (2022). Pengembangan Nilai Agama Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 5(1), 15-27. https://doi.org/10.24252/nananeke.v5i1.29110
- Musfiroh, T. (2009). Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
- Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Surat.
- Rangkuti, D., & Rangkuti, D. E. S. (2020). PKM Penanaman Nilai-Nilai Karakter Islami Melalui Kegiatan Storytelling Pada Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 3(1), 76-80.
- Rifa'i, AA (2018). Children's Education in Islam: Efforts to Prepare Future Generations with Noble Characters. EDUGAMA: Journal of Religious Education and Social Affairs, 4(2), 73-87
- Riska, R., & Indriani, D. (2022). Penanaman Nilai-nilai Islam pada Anak-anak Usia Dini Melalui Kegiatan Pengajaran Al-Qur'an di Desa Wakorambu. WAHATUL MUJTAMA': Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 118-127. https://doi.org/10.36701/wahatul.v3i1.553
- Risnawati, Vivit. (2012). Optimalisasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Sentra Main Peran Taman Kanak-Kanak Padang. Jurnal Pesona PAUD, 1(2).
- Rulitawati, R., Yanti, S., Indrawari, K., & Risca, R. (2019). Sosialisasi Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Kelurahan Sukodadi Kecamatan Sukarami. Suluh Abdi, 1(2). https://doi.org/10.32502/sa.v1i2.2297
- Rusmiati, E. T. (2023). Penanaman nilai-nilai toleransi pada anak usia dini. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 248-256.
- Samsinar, S., Fatimah, F., Syamsuddin, A., & Dewantara, A. H. (2023). Character development model for early childhood learners at islamic kindergarten. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 17(1), 43-57.
- Saputra, A. (2018). Pendidikan anak pada usia dini. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192-209.
- Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung.
- Sulaiman, W. (2022). Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak di Usia Emas Menurut Zakiah Dradjat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 2356-1327.
- Yunaida, Hana; Rosita, Tita. (2018). Outbound Berbasis Karakter Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Comm-Edu (Community Education Journal), Vo. 1 No.1
- Zainab. (2015). Peningkatan Perkembangan Moral Anak Melalui Metode Cerita Bergambar Tk Lembah Sari Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.24036/1661
- Zurayah, H. (2017). Nilai-Nilai Multikultural Pada Anak Usia Dini.
References
Aldiansyah Yusuf, M., Assagaf Reza, M., Safitri, A., Muslikha, Y., Syahlia, N. M., Setiawan, M., & Rahmawati, A. N. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Religiusitas Melalui Kegiatan Mengaji Rutinan Pada Anak Usia Dini Di Desa Jampang. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 95-102.
Anggraini, W., & Syafril, S. (2018). Pengembangan Nilai–Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini.
Cahyani, A. (2014). Analisis Deiksis dalam Komik Angkara Tan Nendra Karya Resi Wiji S. dalam Majalah Panjebar Semangat. ADITYA-Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, 5(1), 16-25.
Elkarimah, M. F. (2017). Strategi Pendidikan Agama Islam pada Pembelajaran Akidah “Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Aliran Sesat.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 105–113.
Irlina, A. (2023). Strengthening Young Generation Character with Islamic Education from Preschool in 5.0 Society. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 3(1), 85-90. https://doi.org/10.35877/454RI.daengku1416
Mulyono, F. D. Y., Damayanti, E., Tasnim, A., & Syarif, E. (2022). Pengembangan Nilai Agama Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 5(1), 15-27. https://doi.org/10.24252/nananeke.v5i1.29110
Musfiroh, T. (2009). Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Surat.
Rangkuti, D., & Rangkuti, D. E. S. (2020). PKM Penanaman Nilai-Nilai Karakter Islami Melalui Kegiatan Storytelling Pada Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 3(1), 76-80.
Rifa'i, AA (2018). Children's Education in Islam: Efforts to Prepare Future Generations with Noble Characters. EDUGAMA: Journal of Religious Education and Social Affairs, 4(2), 73-87
Riska, R., & Indriani, D. (2022). Penanaman Nilai-nilai Islam pada Anak-anak Usia Dini Melalui Kegiatan Pengajaran Al-Qur'an di Desa Wakorambu. WAHATUL MUJTAMA': Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 118-127. https://doi.org/10.36701/wahatul.v3i1.553
Risnawati, Vivit. (2012). Optimalisasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Sentra Main Peran Taman Kanak-Kanak Padang. Jurnal Pesona PAUD, 1(2).
Rulitawati, R., Yanti, S., Indrawari, K., & Risca, R. (2019). Sosialisasi Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Kelurahan Sukodadi Kecamatan Sukarami. Suluh Abdi, 1(2). https://doi.org/10.32502/sa.v1i2.2297
Rusmiati, E. T. (2023). Penanaman nilai-nilai toleransi pada anak usia dini. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 248-256.
Samsinar, S., Fatimah, F., Syamsuddin, A., & Dewantara, A. H. (2023). Character development model for early childhood learners at islamic kindergarten. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 17(1), 43-57.
Saputra, A. (2018). Pendidikan anak pada usia dini. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192-209.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung.
Sulaiman, W. (2022). Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak di Usia Emas Menurut Zakiah Dradjat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 2356-1327.
Yunaida, Hana; Rosita, Tita. (2018). Outbound Berbasis Karakter Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Comm-Edu (Community Education Journal), Vo. 1 No.1
Zainab. (2015). Peningkatan Perkembangan Moral Anak Melalui Metode Cerita Bergambar Tk Lembah Sari Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.24036/1661
Zurayah, H. (2017). Nilai-Nilai Multikultural Pada Anak Usia Dini.