Main Article Content

Abstract

Background: Pendidikan pada anak usia dini  merupakan salah satu program dalam ranah pendidikan non formal yang memiliki tujuan utama untuk membina dan merangsang perkembangan anak usia dini sejak lahir hingga usia sebelum masuk pendidikan formal.  Hal tersebut dilakukan dengan  pendekatan dasar yang mencakup berbagai aspek perkembangan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak usia dini dengan program pendidikan karakter  dalam nilai-nilai islam. Metode: Pendekatan yang diusulkan dalam PKM penanaman dan peningkatan nilai-nilai Islam pada anak usia dini melalui metode cerita atau dongeng, permainan peran, dan kunjungan ke tempat ibadah. Selain itu juga menanamkan nilai-nilai islam dengan metode ceramah yaitu aqidah,ibadan dan akhlak. Tahapan kegiatan dilakukan dengan melakukan observasi, kerjasama, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.  Hasil: Berdasarkan hasil pengabdian yang dilakukan di desa Pesanggrahan, ditemukan bahwa anak-anak usia dini lebih tertarik pada metode penenaman nilai-nilai islam dengan metode cerita atau dongeng, permainan peran dan kunjungan ke tempat ibadan. Namun, pada metode ceramah merasa kurag tertarik karena merasa cepat bosan dan kurang menarik hanya dengan mendengarkan ceramah saja. Dengan mendengar suasana menjadi monoton dan tidak ada kegiatan yang menyenangkan. Kesimpulan: Pemahaman bahwa anak-anak usia dini lebih tertarik pada metode penanaman nilai-nilai Islam melalui metode cerita atau dongeng, permainan peran, dan kunjungan ke tempat ibadah adalah suatu temuan yang berharga.

Keywords

Anak usia dini Nilai-nilai Islam Pendidikan Early childhood Education Islamic values

Article Details

How to Cite
Wakhid, N., Nur Rizky, S., Sunaryo, H., & Supriyanto, S. (2024). Pemberdayaan Generasi Muda: Inovasi Program Pengabdian Masyarakat dalam Membentuk Karakter Islami pada Anak Usia Dini . Jurnal SOLMA, 13(1). https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.14347

References

  1. Aldiansyah Yusuf, M., Assagaf Reza, M., Safitri, A., Muslikha, Y., Syahlia, N. M., Setiawan, M., & Rahmawati, A. N. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Religiusitas Melalui Kegiatan Mengaji Rutinan Pada Anak Usia Dini Di Desa Jampang. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 95-102.
  2. Anggraini, W., & Syafril, S. (2018). Pengembangan Nilai–Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini.
  3. Cahyani, A. (2014). Analisis Deiksis dalam Komik Angkara Tan Nendra Karya Resi Wiji S. dalam Majalah Panjebar Semangat. ADITYA-Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, 5(1), 16-25.
  4. Elkarimah, M. F. (2017). Strategi Pendidikan Agama Islam pada Pembelajaran Akidah “Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Aliran Sesat.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 105–113.
  5. Irlina, A. (2023). Strengthening Young Generation Character with Islamic Education from Preschool in 5.0 Society. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 3(1), 85-90. https://doi.org/10.35877/454RI.daengku1416
  6. Mulyono, F. D. Y., Damayanti, E., Tasnim, A., & Syarif, E. (2022). Pengembangan Nilai Agama Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 5(1), 15-27. https://doi.org/10.24252/nananeke.v5i1.29110
  7. Musfiroh, T. (2009). Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
  8. Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Surat.
  9. Rangkuti, D., & Rangkuti, D. E. S. (2020). PKM Penanaman Nilai-Nilai Karakter Islami Melalui Kegiatan Storytelling Pada Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 3(1), 76-80.
  10. Rifa'i, AA (2018). Children's Education in Islam: Efforts to Prepare Future Generations with Noble Characters. EDUGAMA: Journal of Religious Education and Social Affairs, 4(2), 73-87
  11. Riska, R., & Indriani, D. (2022). Penanaman Nilai-nilai Islam pada Anak-anak Usia Dini Melalui Kegiatan Pengajaran Al-Qur'an di Desa Wakorambu. WAHATUL MUJTAMA': Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 118-127. https://doi.org/10.36701/wahatul.v3i1.553
  12. Risnawati, Vivit. (2012). Optimalisasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Sentra Main Peran Taman Kanak-Kanak Padang. Jurnal Pesona PAUD, 1(2).
  13. Rulitawati, R., Yanti, S., Indrawari, K., & Risca, R. (2019). Sosialisasi Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Kelurahan Sukodadi Kecamatan Sukarami. Suluh Abdi, 1(2). https://doi.org/10.32502/sa.v1i2.2297
  14. Rusmiati, E. T. (2023). Penanaman nilai-nilai toleransi pada anak usia dini. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 248-256.
  15. Samsinar, S., Fatimah, F., Syamsuddin, A., & Dewantara, A. H. (2023). Character development model for early childhood learners at islamic kindergarten. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 17(1), 43-57.
  16. Saputra, A. (2018). Pendidikan anak pada usia dini. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192-209.
  17. Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung.
  18. Sulaiman, W. (2022). Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak di Usia Emas Menurut Zakiah Dradjat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 2356-1327.
  19. Yunaida, Hana; Rosita, Tita. (2018). Outbound Berbasis Karakter Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Comm-Edu (Community Education Journal), Vo. 1 No.1
  20. Zainab. (2015). Peningkatan Perkembangan Moral Anak Melalui Metode Cerita Bergambar Tk Lembah Sari Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.24036/1661
  21. Zurayah, H. (2017). Nilai-Nilai Multikultural Pada Anak Usia Dini.