Main Article Content

Abstract

Background: Pendidikan merupakan salah satu faktor utama dalam pembentukan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) suatu negara. Pendidikan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan individu untuk berhasil dalam kehidupan pribadi dan profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan mutu sumberdaya guru dalam lingkup pendidikan. Metode: Kegiatan pengabdian ini dengan deskriptif melaui pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MI Bustanul Ulum Batu.  Hasil: Kebijakan yang diberikan oleh kepala madrasah di MI Bustanul Ulum dalam upaya pengembangan kompetensi profesional guru sangatlah penting serta dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah. Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak seperti pemerintah, madrasah, kepala madrasah, pengawas, dan motivasi internal dari guru sendiri, diharapkan pengembangan kompetensi profesional guru di MI Bustanul Ulum dapat terus berjalan dan memberikan dampak positif pada mutu pendidikan. Kesimpulan: Dengan melakukan peninjauan kembali jadwal kegiatan sekolah, manajemen waktu yang efektif dan penugasan tugas yang bijaksana, pelatihan kepala sekolah dalam manajemen SDM dan pengembangan staf, memperkuat komunikasi, menyediakan akses yang lebik baik ke pelatihan, dan pelatihan teknologi yang intensif dapat menjadi solusi mengatasi hambatan dalam pengembangan mutu SDM di MI Bustanul Ulum.

Keywords

Guru Mutu Pendidikan Sumber Daya Education Quality Resource Teacher

Article Details

How to Cite
Nugroho, S. R., Rizky, S. N., Sunaryo, H., & Salim, M. A. (2024). Pengembangan Mutu Sumber Daya Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan . Jurnal SOLMA, 13(1). https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.14596

References

  1. Bhakti, C. P., & Maryani, I. (2016). Peran LPTK dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 1(2), 98-106. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p98-106
  2. Darmiati, D., Kristiawan, M., & Rohana, R. (2020). The Influence of School Leadership and Work Motivation toward Teacher's Discipline. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 32-44. https://doi.org/10.52690/jswse.v1i1.8
  3. Hadi, S. (2020). Model Pengembangan Mutu Di Lembaga Pendidikan. Pensa, 2(3), 321-347.
  4. Hariyadi, A. (2018). Model Peningkatan Kualitas Guru Berbasis Kinerja.
  5. Ikbal, Panji Alam M. (2018). Manajemen pengembangan kompetensi profesional guru. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(1). https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3283
  6. Giantara, F. (2019). Model pengembangan kompetensi guru abad 21. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 16(1), 59-83.
  7. Satori, D., Meirawan, D., & Komariah, A. (2013). Model Pengembangan Kapasitas Manajemen Sekolah (School Capacitybuilding) Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 17(1). https://doi.org/10.17509/jap.v17i1.6443
  8. Raharjo, Budi. 2009. Biografi Ki Hajar Dewantoro. Yogyakarta: Arruz Media
  9. Rohma, S., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of School-Based Management and Teacher's Professionalism toward Teacher's Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 13-23. https://doi.org/10.52690/jswse.v1i1.6
  10. Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258-264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30
  11. Tilaar. (2003). Pendidikan Abad 21. Jakarta: Pustaka Setia.
  12. Wachidi., Rodgers, A., & Tumanov, D. Y. (2020). Professional Competence Understanding Level of Elementary School in Implementing Curriculum 2013. International Journal of Educational Review Vol. 2, Issue 99-105. https://doi.org/10.33369/ijer.v2i1.10642
  13. Wildan, W. (2017). Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bagi Guru. Society, 8(1), 41-63.
  14. Windrawanto, Y. (2015). Pelatihan dalam Rangka Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru: Suatu Tinjauan Literatur. Satya Widya, 31(2), 90-101. https://doi.org/10.24246/j.sw.2015.v31.i2.p90-101
  15. Zuhri, I. M. (2021). Model Pengembangan Mutu Sumberdaya Guru Lembaga Pendidikan Islam: Model of Teacher Resource Quality Development of Islamic Educational Institutions. Fenomena, 20(1), 19-32. https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i1.44