Main Article Content

Abstract

Background: Manajemen komunikasi merupakan salah satu aspek penting dalam keberhasilan organisasi, termasuk dalam pemerintahan desa. manajemen komunikasi menjadi fondasi dalam menyampaikan program kerja, melibatkan partisipasi masyarakat, serta mendorong pemberdayaan yang berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal dan organisasi perangkat desa, membangun pola komunikasi yang partisipatif dan transparan, meningkatkan efektivitas penyampaian informasi kebijakan dan program desa, meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan desa, dan mengurangi potensi konflik akibat miskomunikasi atau kurangnya informasi. Metode: Metode pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dilakukan dengan ceramah dan diskusi serta demonstrasi dengan jumlah peserta sejumlah 35 orang yang berlokasi di desa Sumbergondo, Kecamatan Batu.  Hasil: Program pelatihan manajemen komunikasi yang diberikan kepada perangkat desa menunjukkan hasil yang positif. Berdasarkan hasil observasi dan evaluasi pasca pelatihan, peserta menunjukkan peningkatan pemahaman mengenai pentingnya komunikasi strategis dalam mendukung pemberdayaan masyarakat. Kesimpulan: Peningkatan pemahaman,kegiatan pelatihan ini berhasil memberikan peningkatan pemahaman yang signifikan terhadap konsep dan praktik manajemen komunikasi yang efektif dalam konteks pemberdayaan masyarakat desa. Peserta mampu mengaitkan materi dengan tugas dan peran mereka sebagai penggerak pembangunan di tingkat desa.

Keywords

Pelatihan Manajemen Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat Pelatihan Manajemen Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat

Article Details

How to Cite
Nur Rizky, S., & Maharani, A. (2025). Pelatihan Manajemen Komunikasi pada Perangkat Desa untuk Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal SOLMA, 14(3), 3002–3013. https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20193

References

  1. Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi : Sebuah jawaban atas tantangan pendidikan abad ke-21 dalam konteks keindonesiaan. Bandung: Refika Aditama.
  2. Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. PT. Rajagrafindo Persada.
  3. Dwinarko, D., Sulistyanto, A., Widodo, A., & Mujab, S. (2021). Pelatihan Manajemen Komunikasi pada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 217-225. https://doi.org/10.35912/yumary.v1i4.314
  4. Endah, K. (2020). Menggali Potensi Desa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 1-10.
  5. Griffin, Ricky W., (2021). Management. 13th Ed. Cengage Learning.
  6. Indah, D., Kamil, I., & Yunaningsih, A. (2022). Pelatihan Manajemen Komunikasi Aparat Desa Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 4(1), 45-51. https://doi.org/10.36555/tribhakti.v4i1.2026
  7. Mulyana, Deddy. (2014). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya
  8. Nugraha, A. R., Perbawasari, S., Zubair, F., & Novianti, E. (2019). Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan komunikasi efektif berbasis potensi wisata dan kearifan lokal. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 123-132. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3546
  9. Nuris, D. M. (2018). Pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran berbasis tik bagi guru akuntansi SMK. Dinamisia : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 256-260. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i2.1819
  10. Pettinger. (2020). Introduction to Management. Book Bloomsbury Publishing.
  11. Ramadhana, M. R., & Sudrajat, R. H. (2020). Pelatihan Komunikasi Efektif dalam meningkatkan Pelayanan Prima di Instansi Pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 693-700. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4099
  12. Riinawati, (2021) Manajemen Komunikasi dan Organisasi, PT. Pustaka Baru, Yogyakarta
  13. Robbins, S., Coulter, M.A. (2020). Management 15th, Global Edition. Pearson International Content.
  14. Sahputra, D. (2020). Manajemen komunikasi suatu pendekatan komunikasi. Jurnal Simbolika Research and Learning in Communication Study, 6(2), 152-162. https://doi.org/10.31289/simbollika.v6i2.4069
  15. Sudarmanto, E. (2020). Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat. Yayasan Kita Menulis.