Main Article Content

Abstract

Background: Minimnya pemahaman dan keterampilan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis case method dan team-based project, belum update-nya perangkat pembelajaran interaktif berbasis case method dan team-based project sebagai sumber belajar alternatif mutakhir di Sekolah Mitra saat ini, dan minimnya pelatihan dan pendampingan yang diikuti oleh guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis case method dan team-based project di sekolah mitra. Tujuan kegiatan ini ialah meningkatkan pemahaman dan merubah mindset guru tentang pentingnya pembelajaran berbasis case method dan teambased project di Sekolah Dasar serta melaksanakan pendampingan dalam pengembangan perangkat pembelajaran dan praktik pembelajaran berbasis case method dan team-based project di Sekolah Dasar. Metode: Mitra: Sekolah Dasar Se-Kecamatan Medan Marelan, dengan jumlah peserta 128 guru yang dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2023. Kegiatan dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut: persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi dan tindak lanjut. Hasil: Meningkatkan pemahaman dan merubah mindset guru tentang pentingnya pembelajaran berbasis case method dan team-based project di Sekolah Dasar. Hal tersebut terlihat dari tingkat partisipasi guru dalam kegiatan pelatihan dan workshop yang diselenggarakan, hasil evaluasi sebelum dan sesudah pelatihan, perubahan mindset guru-guru, hasil evaluasi terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan oleh guru dan observasi langsung saat guru-guru melaksanakan praktik pembelajaran di kelas. Dari pelaksanaan kegiatan ini didapati bahwa pemahaman guru terkait pentingnya pembelajaran berbasis case method dan team-based project di Sekolah Dasar telah berkembang kearah yang lebih baik. Kesimpulan: Kehadiran guru-guru yang menjadi model dalam menerapkan pendekatan berbasis case method dan team-based project di Sekolah Dasar dapat dijadikan agen perubahan di sekolahnya masing-masing.

Keywords

Active Learning PPG Case Method Team-based project Elementary Schools Active Learning PPG Case Method Team Based Project Elementary Schools

Article Details

How to Cite
Malasari Siregar, T., Abil Mansyur, A., Frisnoiry, S., Firdaus, M., Elfitra, E., & Faisal, F. (2024). Pembelajaran Aktif bersama Alumni PPG: Implementasi Case Method dan Team-based project di Sekolah Dasar. Jurnal SOLMA, 13(2), 949–957. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.13728

References

  1. Alam, S., Sumantri, M. S., & Khaerudin, K. (2022). Implementasi Program Pendidikan Profesi Gurur Dalam Jabatan Bidang Studi Guru Kelas SD di Era Covid-19. Journal of Elementary School (JOES), 5(1), 79–87. https://doi.org/10.31539/joes.v5i1.3916
  2. Arnyana, I. B. P. (2020). Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi 4c(Communication, Collaboration, Critical Thinking Dancreative Thinking) Untukmenyongsong Era Abad 21. Ejournal.Unibabwi, 66(3), 37–39.
  3. Fadhilah, R. R. (2022). Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Di TK IT Aljannah. Serambi Konstruktivis, 4(8.5.2017), 2003–2005.
  4. Frisnoiry, S. (2021). Pendampingan Pembuatan E-Book Melalui Flipbook. September, 105–109.
  5. Harmayani. (2023). Pembinaan, Monitoring Dan Evaluasi Pemanfaatan Biogas Kotoran Sapi Sebagai Sumber Energi Petani Peternak Di Desa Batu Kuta Kecamatan Narmada Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(6), 89.
  6. Hodijah, S., Hastuti, D., & Zevaya, F. (2022). Implementasi model case method dalam meningkatkan inovasi pembelajaran mahasiswa dan kemampuan berpikir kritis pada mata kuliah teknik perdagangan Internasional. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(2), 477–484. https://doi.org/10.22437/jpe.v17i2.20895
  7. Iryana. (2017). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. (Gallus Sp.), 21(58), 99–104.
  8. Kamarudin, L. (2020). Efektifitas Metode Kerja Kelompok Terhadap Kemampuan Menganalisis Isi Teks Eksposisi Siswa SMP. Jurnal Suluh Edukasi, 01(1), 81–99.
  9. Kunaraj, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembuatan Busana Custom Made Di SMK Negeri 2 Selong Lombok Timur. Journal of Engineering Research, 4(1), 44–54.
  10. Lelloltery, Y., Kanety, D. H., Nanulaita, M., Warsoy, L., Lico, G. J., Mauday, F., Mehmorliay, B., Porloy, C., Pooroe, D. F., Kilikily, C. C., Kurniati MA, R., & Sugiarto, S. (2023). Pengabdian Mahasiswa Melalui Program Bimbingan Belajar Pada Siswa SD Inpres Werwaru. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(3), 221–227. https://doi.org/10.59025/js.v2i3.106
  11. Nala Anjani, Malisatul Muhajah, Nasywa Huwaida, B. A. (2023). Inovasi Model Pembelajaran pada SD Tingkat Rendah. 145–152.
  12. Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810
  13. Purnomo, A., Adi, K. R., & Ratnawati, I. (2023). Pelatihan Case Method dan Team-based project Guru IPS SMP Di Malang Raya Sebagai Solusi Mengatasi Demotivasi Siswa. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 2(4), 656. https://doi.org/10.20527/ilung.v2i4.6915
  14. Ritonga, I. (2022). Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Medan Tahun 2022.
  15. Sembiring, R. K. B. (2018). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Statistika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 66–75. https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.871
  16. Siregar, T. M. (2022). Case Method: Analysis of Student’s Mathematic Understanding Ability. https://doi.org/10.4108/eai.11-10-2022.2325317
  17. Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326
  18. Vahlepi, S., Helty, & Tersta, F. W. (2021). Implementasi Model Pembelaaran berbasis Case Method dan Project Based Learning dalam rangka mengakomodir Higher Order Thinking Skill mahasiswa dalam Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Bahasa Arab di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tabusai, 5(3), 10153–10159.
  19. Van Manen, M. (1991). Can Teaching Be Taught? or Are Real Teachers Found or Made? Phenomenology + Pedagogy, 9(1986), 182–199. https://doi.org/10.29173/pandp15158
  20. Wibomo, H., Herliani, H., & Limbong, E. (2023). Pengalaman Menerapkan TPACK Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Alumni Mahasiswa PPG Dalam Jabatan FKIP Universitas Mulawarman. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(2023), 289–306.

Most read articles by the same author(s)