Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pembelajaran menggunakan mind map terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 34 Jakarta tahun pelajaran 2012/2013. Sampel yang diteliti sebanyak 70 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment. Uji instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment Uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors serta uji homogenitas dengan uji Fisher. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan mind map terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik siswa.

Rincian Artikel

Referensi

    Dennis K. Filsaime. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher

    Femi Olivia. 2005. Gembira Belajar dengan Mind map. Bantu Anak Menguasai "Senjata Rahasia” Para Jenius untuk Melejit Prestasi di Sekolah. Jakarta : Elex Media Komputindo.

    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. 2006. Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta, Indonesia

    Rose Collin & Nichol. 2002. Accelerated Learning for The 21th Century (Cara Belajar Cepat Abad XXI). Bandung : Nuansa.

    Sumandi Suryabrata. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

    Tony Buzan. 2005. Brain Child. Cara Pintar Membuat Anak Menjadi Pintar. (Terjemahan Marselita Harapan) Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. (Buku asli diterbitkan tahun 2003).

    Tony Buzan. 2005. Buku Pintar Mind Map. Jakarta : Gramedia.

    Utami Munandar. 2009. Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.