Main Article Content

Abstract

Menurunnya literasi baca tulis di kalangan mahasiswa dapat diatasi dengan transformasi penggunaan media baru. Artikel ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bagaimana aplikasi Notion digunakan untuk aktivitas pembelajaran; (2) mendeskripsikan bagaimana hasil implementasi aplikasi Notion untuk literasi baca tulis mahasiswa.  Metode deskriptif kualitatif digunakan dengan pendekatan studi pustaka melalui literatur dengan rancangan studi kasus fenomenologis. Adapun objek penelitian ini adalah mahasiswa penempuh mata kuliah bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Data dikumpulkan dengan teknik triangulasi sumber seperti observasi, evaluasi penugasan berbasis proyek, kuesioner, dan dokumentasi. Model interaktif Miles Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan Notion dapat diimplementasikan dalam pembelajaran dan menunjang literasi di kalangan mahasiswa sebagai media membaca dan menulis berbasis proyek dengan sistem berkelompok.

Keywords

artificial intelligence baca tulis literasi digital

Article Details

How to Cite
Lestari, W. D., Rahmawati, L. E., & Markhamah. (2024). Transformasi Literasi Mahasiswa: Meningkatkan Keterampilan Baca Tulis melalui Inovasi Aplikasi Notion. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 28–38. https://doi.org/10.22236/imajeri.v7i1.15784

Most read articles by the same author(s)