Main Article Content

Abstract

Tujuan umum penelitian dan pengembangan ini untuk mengembangkan modul seni berbasis kearifan lokal di Universitas Muhammadiyah Lampung (UML). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan literasi budaya pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, UM Lampung, yakni aspek (1) memahami diversitas budaya, (2) mengetahui budaya di lingkungan sendiri, (3) kepedulian terhadap budaya. Secara keseluruhan, penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Penelitian ini berjenis kualitatif etnografi. Penelitian dilaksanakan di UM Lampung tahun akademik 2022/2023 semester ganjil. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi pastisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Validasi data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan waktu. Teknik analisis data dilakukan secara reciprocal. Penelitian ini menghasilkan profil kemampuan literasi budaya yang dikelompokkan menjadi tiga, yakni (1) memahami diversitas budaya terkait: keragaman upacara pernikahan adat di beberapa daerah di Nusantara dan Lampung, (2) mengetahui budaya sendiri terkait upacara pernikahan adat Lampung, (3) kepedulian terhadap budaya masih belum membudaya, diperlukan metode dan bahan ajar yang tepat untuk dijadikan solusi.


 

Keywords

Kemampuan Literasi Budaya Seni Pertunjukkan

Article Details

How to Cite
Hesti, Sutama, Harsono, Prayitno, H. J., Muhibbin, A., Markhamah, Sutopo, A., & Fauziati, E. (2024). Kemampuan Literasi Budaya dalam Pembelajaran Seni Pertunjukan Berbasis Kearifan Lokal di UM Lampung. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 218–229. https://doi.org/10.22236/imajeri.v6i2.14055