Main Article Content

Abstract

Kelayakan materi dianalisis berdasarkan kesesuaian topik yang disajikan (kelayakan isi, kelayakan penyajian, bahasa, kegrafikaan) dengan KI dan KD. Artinya, dari segi ruang lingkup dan isi, materi teks deskriptif paling tidak mencakup segala hal yang diperlukan untuk membantu siswa mencapai tujuan KI dan KD yang ditetapkan dalam kurikulum bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan dan kegrafikan bahan ajar teks deskriptif bahasa Indonesia kelas VII semester ganjil. Penelitian ini menggunakan metode literature review untuk penelitian kualitatif yaitu mengumpulkan data dengan cara meninjau literatur untuk menarik kesimpulan tentang objek penelitian. Dalam buku ajar Bahasa Indonesia materi teks deskripsi kelas VII semester gasal dikatakan layak karena telah dilakukan analisis kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan, dan kelayakan kegrafikan.

Article Details

How to Cite
Ningtyas, H. A., & Rahmawati, L. E. (2023). Kelayakan Isi, Penyajian, Kebahasaan, dan Kegrafikan Bahan Ajar Teks Deskripsi di SMP Kelas VII . Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 52–71. https://doi.org/10.22236/imajeri.v6i1.10977