Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang bertujuan unttuk mengevaluasi pelaksanaan mata kuliah wajib kurikulum (MKWK) Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiah (PTMA0. Dasar analisis penelitian ini mengacu Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi dan Kepdirjen Dikti Nomor 84/E/KPT/2020, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian evaluasi model CIPP (context, input, process dan product). Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan analisis dokumen. Data berupa informasi mengenai pelaksanaan MKWK  Bahasa Indonesia di PTMA. Sumber data adalah dosen pengampu MKWK Bahasa Indonesia di PTMA. Penyajian data dilakukan dengan menyesuikan variabel-variabel uji pada setiap aspek. Penyajian data menggunakan skala Guttman yang bertujuan untuk memperoleh jawaban yang tegas. Hasil penelitian dikelompokkan menjadi empat aspek yaitu aspek konteks, input, proses dan produk. Simpulan penelitian ini: (1) aspek konteks variabel tujuan dan hasil cukup rendah; (2) input variabel RPS, alokasi sumberdaya, jadwal, dan keragaman sumber berkategori tinggi; (3) proses variabel implementasi rencana dan karakteristik proses tinggi, sedangkan mekanisme penilaian masih cukup rendah; dan (4) produk berupa karya tulis cukup tinggi

Keywords

Evaluasi Mata Kuliah Bahasa Indonesia CIPP

Article Details

How to Cite
Rahmawati, L. E., Wahyudi, A. B., Purnanto, A. W., Latifa, R., & Purnomo, E. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiah Menggunakan Model CIPP. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 92–102. https://doi.org/10.22236/imajeri.v4i2.8763