Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil evaluasi pembelajaran dengan menggunakan media wordwall jenis permainan teka-teki silang. Urgensi penelitian ini dilakukan, karena media wordwall dalam evaluasi pembelajaran membuat berbagai game untuk menarik minat siswa dalam pembelajaran. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif model evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri di Surakarta kelas VIII D dengan siswa 32. Objek penelitian ini adalah hasil evaluasi pembelajaran dengan aplikasi media wordwall jenis teka-teki silang. Data dalam penelitian ini berupa hasil evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan permainan teka-teki silang tersebut. Adapun teknik pengumpulan data meliputi metode: observasi, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis dengan teknik analisis data model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pretest dengan soal pilihan ganda dan jawaban singkat mencapai 35 % mencapai tujuan pembelajaran dan 65% tidak mencapai tujuan pembelajaran. Setelah dilakukan pembelajaran dan evaluasi dalam bentuk postes dengan media wordwall jenis teka-teki silang diperoleh hasil 87,5 % mencapai tujuan pembelajaran dan 12,5% tidak mencapai tujuan pembelajaran. Permainan edukatif yang bertujuan untuk menggabungkan pendidikan dengan permainan dapat hasil pembelajaran siswa. Selain itu, pemanfaatan permainan teka-teki silang pada media wordwall juga dapat membantu siswa dalam memahami dan mengingat materi yang diberikan.    

Keywords

Teka-teki Silang Media Pembelajaran Wordwall bahasa Indonesia

Article Details

How to Cite
Khasanah, U., Markhamah, M., & Rahmawati, L. E. (2024). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Teka-Teki Silang Pada Media Wordwall. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 147–160. https://doi.org/10.22236/imajeri.v6i2.13215