Main Article Content

Abstract

Background: Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu aspek penting bagi peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan penggunaan keterampilan berpikir kritis yang tepat akan membantu peserta didik dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SiMaYang berbantuan concept map terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi struktur dan fungsi jaringan. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Adapun data diambil dengan menggunakan teknik tes, yaitu data tentang keterampilan berpikir kritis peserta didik. Instrumen tes tersebut berupa soal uraian (essay) yang dikembangkan berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis. Adapun analisis data yang digunakan yaitu uji-t Independent. Hasil: Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa nilai  = 5.94 sedangkan  = 1.67 sehingga . Kesimpulan: Hal ini menunjukan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pengaruh model pembelajaran SiMaYang berbantuan concept map terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi struktur dan fungsi jaringan


 

Keywords

Model pembelajaran SiMaYang concept map berpikir kritis struktur dan fungsi jaringan

Article Details

How to Cite
Puspita, L., Reva Antika Putri, & Komarudin. (2020). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis: Dampak Model Pembelajaran SiMaYang dan Concept Map Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan. BIOEDUSCIENCE, 4(1), 82-89. https://doi.org/10.29405/j.bes/4182-894782

References

    Abdullah, In Hi. 2016. “Berpikir kritis matematik.” Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 2 (1).

    Adiwijaya, H, E Suarsini, dan B Lukiati. 2016. “Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pembelajaran Biologi.” Jurnal Pendidikan 1(12): 2379–2387.

    Aminatul, Ana, dan Endang Susilaningsih. 2018. “Desain Media Peta Konsep Multi Representasi Pada Materi Buffer Dan Hidrolisis.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 12 (1): 2055–64.

    Anwar, Chairul. 2014. Hakikat Manusia Dalam Pendidikan. Yogya: SUKA Press.

    Anwar, Khairul, Sunyono Sunyono, dan Nina Kadaritna. 2015. “Pembelajaran Model SiMaYang Tipe II untuk meningkatkan Model Mental dan Penguasaan Konsep.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia 4 (3): 795–806.

    Aprian, Restu Dwi, Sunyono Sunyono, dan Tasviri Efkar. 2017. “Pengaruh Strategi Scaffolding pada Pembelajaran SiMaYang dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia 6 (1): 139670.

    Aswita, Dian. 2017. “Identifikasi Masalah yang Dihadapi Guru Biologi dalam Pelaksanaan Pembelajaran pada Materi Ekosistem.” BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan 3 (1): 63–68.

    Boleng, Didimus Tanah. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script dan Think-” 2 (2): 76–84.

    Dewi, Wiwik Sulistiana, Nanang Supriadi, dan Fredi Ganda Putra. 2018. “Model Hands on Mathematics (HoM) Berbantuan LKPD Bernuansa Islami Materi Garis dan Sudut.” Desimal: Jurnal Matematika 1 (1): 57–63.

    Hanafy, Muh Sain. 2014. “Konsep Belajar dan Pembelajaran.” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 17 (1): 66–79.

    Izzati, Sabila, Sunyono, dan Tasviri Efkar. 2015. “Penerapan Simayang Tipe II Berbasis Multipel Representasi pada Materi Asam Basa.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia 4 (1): 262–74.

    Kartikawati, Sulistyaning, dan Hendrik Pratama. 2017. “Pengaruh penggunaan whatsapp messenger sebagai mobile learning terintegrasi metode group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis.” JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro) 2 (2): 33–38.

    Lestari, Karunia Eka. 2014. “Implementasi Brain-Based Learning untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan kemampuan berpikir kritis serta motivasi belajar siswa SMP.” Judika (Jurnal pendidikan UNSIKA) 2 (1).

    Maulana. 2018. Dasar-Dasar Konsep Peluang. Disunting oleh Lungguh Puri Pramswari. Bandung: UPI PRESS.

    Meidayanti, Reni, Sunyono Sunyono, dan Lisa Tania. 2015. “Pembelajaran SiMaYang Tipe II untuk Meningkatkan Self-Efficacy dan Keterampilan Berpikir Kritis.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia 4 (3): 856–67.

    Mudlofir, Ali dan Evi Fatimatur Rusydiyah. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Rajawali Press.

    Nur Setiatun, Siti, Sunyono Sunyono, dan Ila Rosilawati. 2018. “Pengaruh Scaffolding dalam Pembelajaran SiMaYang untuk Meningkatkan KPS dan Penguasaan Konsep.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia 7 (1): 13–25.

    Nurlaila, Nunung, Suparmi Suparmi, dan Widha Sunarno. 2013. “Pembelajaran Fisika dengan PBL Menggunakan Problem Solving dan Problem Posing Ditinjau dari Kreativitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.” Inkuiri 2 (02).

    Prani, Anisak Intan Eka, Parno, dan Arif Hidayat. 2017. “Penelitian Eksplanatori : Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Fluida Statis.” Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM 2: 103–9.

    Puspita, Laila, Yetri Yetri, dan Ratika Novianti. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Kemampuan Metakognisi Dan Afektif Pada Konsep Sistem Sirkulasi Kelas Xi Ipa Di Sma Negeri 15 Bandar Lampung.” Biosfer: Jurnal Tadris Biologi 8 (1): 78–90. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1265.

    Rahma, Siti, Farida, dan Suherman. 2017. “Analisis Berpikir Kritis Siswa Dengan Pembelajaran Socrates Kontekstual Di Smp Negeri 1 Padangratu Lampung Tengah.” SEminar NAsional Mateatika dan Pendidikan Matematika, 121–28.

    Rolia, Rolia, Rosmaiyadi Rosmaiyadi, dan Nurul Husna. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Program Linier Kelas XI SMK.” VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 8 (2): 72–82.

    Saregar, Antomi, Sri Latifah, dan Meisita Sari. 2016. “Efektivitas Model Pembelajaran CUPs: Dampak terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Gisting Lampung.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 5 (2): 233–44.

    Sari, Ratna, Ni Made, Sunyono Sunyono, dan Ila Rosilawati. 2018. “Pengaruh Scaffolding dalam Pembelajaran SiMaYang untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia 7 (1): 26–37.

    Sudarisman, Suciati. 2015. “Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013.” Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya 2 (1): 29–35. https://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'