Content Representation (CoRe) Calon Guru Biologi pada Konsep Genetika

Mega Elvianasti

Abstract

Background: Content Representation (CoRe) adalah suatu metode yang digunakan untuk mengakses pemahaman guru atau calon guru sains mengenai suatu konten atau materi. CoRe berisi uraian konsep-konsep atau materi yang penting dalam mengajarkan suatu topik tertentu. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan apa adanya, tidak dimodifikasi atau diberi perlakuan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa calon guru biologi semester 6 di Universitas Pendidikan Indonesia yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Data berupa dokumen hasil penyusunan CoRe (Content Representation) yang dianalisis pada setiap ide besar dalam konsep genetika. Hasil: Secara umum calon guru biologi yang berada pada subjek penelitian kelompok atas, cenderung memiliki ide besar/big idea yang luas. Hal ini terlihat dari sebanyak 95% calon guru dapat menjabarkan jawaban dari setiap pertanyaan yang diajukan dalam CoRe, dibandingkan dengan calon guru biologi yang berada pada subjek penelitian kelompok sedang dan rendah hanya dapat menjabarkan CoRe sebanyak 50% - 75%.

Full text article

Generated from XML file

References

Loughran John, A. B. and P. M. (2006). Understanding and Developing Science Teachers' Pedagogical Content Knowledge. Rotterdam: Sense.
McMillan, J.H dan Schumacher, S. (2001). Research in Education: A Conceptual Introduction. Longman; Fifth Edition edition (2001).
Van Wyk, G. (2013). The professional development of life sciences teachers' pedagogical content knowledge and profile of implementation concerning the teaching of DNA, meiosis, protein synthesis and genetics within a community of practice (22nd ed.). University of Johannesburg. Retrieved from http://hdl.handle.net/10210/8493

Authors

Mega Elvianasti
Megaelvianasti@uhamka.ac.id (Primary Contact)
Elvianasti, M. (2019). Content Representation (CoRe) Calon Guru Biologi pada Konsep Genetika. BIOEDUSCIENCE, 3(1), 33–40. https://doi.org/10.29405/j.bes/3133-403375

Article Details