Pengaruh CAM dengan Tehnik Mnemonic terhadap Pemahaman Konsep Self-Regulation Siswa pada Pelajaran Biologi

Nukhbatul Bidayati Haka, Risa Selvia

Abstract

Background: Berdasarkan data pra penelitian di SMA Negeri 13 Bandar Lampung, Proses belajar menggunakan model Jigsaw, Proses pembelajaran berfokus satu arah saja. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Concept Attainment dan tehnik mnemonic terhadap Pemahaman Konsep dan Self Regulasi siswa dimateri Jaringan. Metode: Quasi Experimental Design. Desain yang diterapkan adalah The Matching Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam Penelitian kelas eksperimen (XI MIA 2) dan kelas kontrol (XI MIA 1). Hasil: Rerata N-gain kelas kontrol 0,47. Dikelas eksperimen didapatkan rerata N-gainnya 0,58. Uji t independent pemahaman konsep memperlihatkan  Sig.(2-tailed) 0,00 < α (0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan: Terdapat pengaruh CAM dan Tehnik Mnemonic terhadap Pemahaman Konsep dan Self Regulasi Siswa Kelas XI di Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Berdasarkan uji determinan pada kelas eksperimen CAM Dengan Tehnik Mnemonic berkontribusi 69% terhadap pemahaman konsep peserta didik, dan pada Self Regulation berdistribusi 42,25% banyak faktor yang mempengaruhi besarnya kontribusi yang diberikan

Full text article

Generated from XML file

References

Arends R. I. (2008). Learning To Teach (Belajar Untuk Mengajar) Edisi ke Tujuh Buku Satu.
Bruce Joyce, M. W. dan E. C. (n.d.). Model of Teaching Model-Model Pengajaran Edisi kedelapan.
Fatimah, S. S. F. dan S. (2013). self-regulated learning (srl) dalam meningkatkan prestasi akademik pada mahasiswa. 01(01), 145–155.
Handayani, Suciati Sudarisman, B. A. P. (2014). pembelajaran biologi dengan concept attainment model menggunakan teknik vee diagram dan concept map ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan penalaran ilmiah. 3(Ii), 16–27.
Istuningsih, W. (2016). Efektivitas model pembelajaran concept attainment dan mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas xi ips sma negeri 2 karanganyar tahun ajaran 2015/2016. (2).
Kiswandi, Edy Soedjoko, P. H. (2013). Konsep, komparasimodel pembelajaran concept attainment dan cognitive growth terhadap kemampuan pemahaman. 2.
Riesky Aprilya , Sutrisno, E. S. M. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran rencana anggaran biaya kelas x program studi teknik sipil smk negeri 5 surakarta. 1–7.
Rozali, Y. A. (2014). Hubungan self regulation dengan self determination (studi pada mahasiswa aktif semester genap 2013/2014, ipk ≤ 2.75, fakultas psikologi, universitas x, jakarta) Yuli. 12.
Ruliyanti, B. D. (2013). Hubungan antara self-efficacy dan self-regulated learning dengan prestasi akademik matematika siswa sman 2 bangkalan.
Sahara, L. (2015). Penerapan model concept teaching pendekatan concept attainment untuk meningkatkan pemahaman konsep ipa fisika siswa kelas viii1 smp negeri 5 kendari pada materi pokok usaha dan energi. I(2), 108–112.
Sardjana1, Y. A. and A. (2016). Efektivitas Metode Mnemonik Ditinjau dari Daya Ingat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Kelas X. 7(1), 66–73.
Shelena Nugraha R. Dewi, Reduk Nilawarni, D. R. (2015). Penerapan Model Conceptual Understanding Procedures (Cups) Dan Concept Attainment Model (Cam) Terhadap Reduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan',. 8(1), 10–19.
Sipayung, M. S. dan M. (2014). upaya peningkatan pembelajaran ekologi hewan dengan teknik mnemonik dan media peta konsep di jurusan biologi fmipa unimed medan. 20(2), 103–113.
Syarifuddin, A. (2011). model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dalam pembelajaran. xvi(2), 224.
Yulilina Retno, Rusdi, A. (2016). ‘Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Influence',. 9(2), 1–5.

Authors

Nukhbatul Bidayati Haka
nukhbatul.bidayati7@gmail.com (Primary Contact)
Risa Selvia
Haka, N. B., & Selvia, R. (2019). Pengaruh CAM dengan Tehnik Mnemonic terhadap Pemahaman Konsep Self-Regulation Siswa pada Pelajaran Biologi. BIOEDUSCIENCE, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.29405/j.bes/311-62924

Article Details