Main Article Content

Abstract

Background: Berdasarkan data pra penelitian di SMA Negeri 13 Bandar Lampung, Proses belajar menggunakan model Jigsaw, Proses pembelajaran berfokus satu arah saja. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Concept Attainment dan tehnik mnemonic terhadap Pemahaman Konsep dan Self Regulasi siswa dimateri Jaringan. Metode: Quasi Experimental Design. Desain yang diterapkan adalah The Matching Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam Penelitian kelas eksperimen (XI MIA 2) dan kelas kontrol (XI MIA 1). Hasil: Rerata N-gain kelas kontrol 0,47. Dikelas eksperimen didapatkan rerata N-gainnya 0,58. Uji t independent pemahaman konsep memperlihatkan  Sig.(2-tailed) 0,00 < α (0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan: Terdapat pengaruh CAM dan Tehnik Mnemonic terhadap Pemahaman Konsep dan Self Regulasi Siswa Kelas XI di Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Berdasarkan uji determinan pada kelas eksperimen CAM Dengan Tehnik Mnemonic berkontribusi 69% terhadap pemahaman konsep peserta didik, dan pada Self Regulation berdistribusi 42,25% banyak faktor yang mempengaruhi besarnya kontribusi yang diberikan

Keywords

Self Regulation CAM Teknik Mnemonic Pemahaman Konsep Biologi

Article Details

How to Cite
Haka, N. B., & Selvia, R. (2019). Pengaruh CAM dengan Tehnik Mnemonic terhadap Pemahaman Konsep Self-Regulation Siswa pada Pelajaran Biologi. BIOEDUSCIENCE, 3(1), 1-6. https://doi.org/10.29405/j.bes/311-62924