Pengaruh Metode Demonstrasi Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa pada Materi Pemanasan Global
Abstract
Background: Kemampuan metakognitif merupakan kemampuan berpikir bagaimana untuk berpikir. Kemmapuan tersebut merupakan salah satu sasaran pembelajaran yang dituntut oleh kurikulum. Pada kenyataannya, di salah satu SMP Negeri di Kota Bandung, kemmapuan metakognitif siswa jarang dikembangkan padahal kemampuan metakognitif sangat penting dan dapat menunjang kemampuan akademik siswa. Metode Untuk itu, dalam penelitian ini dilaksanakan sebuah pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi berbasis predict-observe-explain (POE) yang diharapkan dapat menunjang pencapaian kemampuan metakognitif siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum. Siswa yang terlibat dalam penenlitian ini adalah satu kelas VII B yang dipilih secara acak. Pengukuran kemampuan metakognitif siswa dilakukan dengan menggunakan soal-soal jenis metakognitif yang dibuat oleh penulis sendiri dengan memperhatikan indikator. Pengukuran dilakukan sebelum dan setelah perlakuan. Hasil: Untuk mendukung data hasil penelitian, digunakan angket yang diadopsi dari Schraw & Dennison (1994) yaitu angket Metacognitive Awareness Inventory (MAI) yang diberikan setelah perlakuan. Kesimpulan: Uji T menunjukan menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata secara signifikan sebelum dan setelah perlakuan menggunakan metode demonstrasi berbasis POE.
Full text article
References
Desmita. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Iline, C. S. (2013). Impacts of the Demonstration Method in the Teaching and Learning of Hearing Impaired Children. IOSR Journal Of Humanities And Social Science, 12(5), 48–54.
Klangmanee. R. & Sumranwanich. (2013). The Development of Grade 5 Thai Student's Metacognitive Strategies in Learning About Force and Preassure Through Predict Observe Explain (POE). Souutheast Asian Minister of Education Organisation, 8(3).
Schraw, G. & Dennison, R. S. (1994). Assesing Metacognitive Awareness Contemporary Educational Psychology. Contemorary Educational Psychology, 19(4), Pages 460-475. https://doi.org/https://doi.org/10.1006/ceps.1994.1033
Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.