Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecocokan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament jika diterapkan pada proses pembelajaran konsep Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia di kelas XI IPA MAN Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa soal pilihan ganda sebanyak 50 soal dengan lima option. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA MAN Tasikmalaya sebanyak 2 kelas, dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 orang yaitu 10 orang laki-laki dan 25 orang perempuan. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Dari hasil penelitian, pengolahan, dan analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil pretest dan posttest. Selain itu pula dari hasil uji t diperoleh thitung 2,99 dan -ttabel -1,69. Hal tersebut disebabkan oleh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament yang membantu peserta didik dalam proses pembelajaran, karena pada dasarnya model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament menekankan pada daya ingat, keaktifan dan pemahaman peserta didik terhadap suatu materi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament cocok diterapkan untuk menjelaskan konsep Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia di kelas XI IPA MAN Tasikmalaya.

Keywords

model pembelajaran Pengetahuan ; kooperatif tipe team games tournament hasil belajar

Article Details

How to Cite
Mu’minah, I. H. (2017). Uji Coba Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tim Games Tournament pada Konsep Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia di Kelas XI IPA MAN Tasikmalaya. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 1(1), 06-10. https://doi.org/10.29405/j.bes/1106-101080