Customer Retention Program Framework pada Rancang Bangun Sistem Manajemen Hubungan Pelanggan

Penulis

  • Achmad Chusni Mubarok Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Intan Dzikria Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris

Abstrak

Jasa servis komputer kini banyak dicari ketika perangkat komputer atau laptop mengalami kerusakan. Tetapi masalah timbul ketika pelanggan harus mencari dan mendatangi jasa servis langsung di toko untuk melakukan servis atau dengan melakukan panggilan telpon atau whatsapp. Selain itu jasa servis menggandalkan promosi melalui sosial media atau hanya mengandalkan kepuasan pelanggan dari mulut ke mulut. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah sistem manajemen hubungan pelanggan pada jasa perbaikan computer berbasis web yang optimal dan juga efisien dengan berbasiskan framework customer retention program (CRP). CRP merupakan bagian dari manajemen hubungan pelanggan yang berfokus pada berbagai fitur yang dapat membuat pelanggan datang kembali. Analisis kebutuhan dilakukan dengan menemukan kebutuhan fungsional yang diturunkan menjadi berbagai diagram perancangan sebagai dasar pembangunan sistem. Penelitian ini melakukan pengujian blackbox yang menunjukkan ketercapaian kebutuhan pengguna terhadap CRP framework yang dibangun dengan hasil 85% fungsional telah lolos uji kebutuhan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Achmad Chusni Mubarok, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Teknik Informatika, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Intan Dzikria, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Sistem dan Teknologi Informasi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Referensi

F. E. Ardian and T. A. Cahyanto, “Sistem Informasi Jasa Service Barang Elektronik Berbasis Web,” 2018.

F. Kurnia, “Pengertian komputer, sejarah komputer,komponen komputer,” Wordpress, pp. 1–12, 2011, [Online]. Available: https://fetybyanstec.wordpress.com/2011/06/17/pengertian-komputer-sejarah-komputerkomponen-komputerlengkapterbaruada-disini/

Vibrian, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Penanganan Keluhan, Hambatan Berpindah Dan Atmosfer Kenyamanan Terhadap Retensi Konsumen (Studi Kasus Konsumen Pada Lapangan Sepak Bola Akademi Persija Pulomas),” pp. 9–41, 2022, [Online]. Available: http://repository.stei.ac.id/8296/3/BAB 2 Vibrian.pdf

R. S. Winner, “A Framework for Customer Relationship Management,” 2001, vol. 43, no. 4. doi: https://doi.org/10.2307/41166102.

F. Buttle, Customer Relationship Management Concepts and Technologies. 2000.

H. Taherdoost, “Customer Relationship Management,” EAI/Springer Innovations in Communication and Computing, 2023. http://muwafikcenter.lecture.ub.ac.id/2014/05/customer-relationship-management-crm/ (accessed Jun. 11, 2023).

Purwono, “Studi Kepustakaan,” Universitas gajah mada. pp. 66–72, 2008.

C. M. J. Wando and I. Dzikria, “Delivery Route Estimation on a Web-Based Restaurant Delivery System Using Greedy Algorithm,” J. Inf. Technol. Cyber Secur., vol. 1, no. 1, pp. 31–40, 2023, doi: 10.30996/jitcs.7611.

R. S. Afifah, F. al A. Mufied, and M. Hardiyanti, “Pengembangan Aplikasi Roll Bagi Customer Berbasis Website Menggunakan Metode Iterative Dan Incremental Development Of Roll Applications For Website- Based Customers Using Itrative And Incremental Methods,” vol. 9, no. 2, pp. 650–655, 2022.

Shylesh s, “A study of software development life cycle process models,” SSRN Electron. J., pp. 1–7, 2017.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-13

Cara Mengutip

Achmad Chusni Mubarok, & Intan Dzikria. (2023). Customer Retention Program Framework pada Rancang Bangun Sistem Manajemen Hubungan Pelanggan. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 8, 159–168. Diambil dari https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/14558