Penerapan Penyaringan Spam Berbasiskan Metode Preference Ranking pada Rancang Bangun Sistem Pengaduan Perusahaan

Penulis

  • Intan Dzikria Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muhammad Rifki Fikri Firdaus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstrak

Sistem pengaduan perusahaan merupakan alat penting untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah di tempat kerja. Dengan menerapkan mekanisme yang transparan, suportif, dan responsif, perusahaan dapat menciptakan budaya kerja yang positif dan memberdayakan karyawan untuk melaporkan kekhawatiran dan berkontribusi terhadap perbaikan organisasi secara keseluruhan. Namun dalam sistem pengaduan pada perusahaan masih terdapat pengaduan yang bersifat spam sehingga proses penerimaan pengaduan pada suatu sistem menjadi berat. Metodologi yang digunakan untuk penelitian terkait pengaduan spam adalah Preference Ranking TF-IDF, yang melibatkan penentuan urutan kategori aduan spam dan non-spam berdasarkan nilai kemiripan untuk menentukan kategori pengaduan berdasarkan dokumen yang telah dibobotkan. Pengujian blackbox dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Preference Ranking TF-IDF dapat melakukan filter spam secara efektif dengan membandingkan data pengaduan dengan dataset spam yang dimiliki oleh sistem. Hasil pengujian menunjukkan bahwa 90% data uji spam dapat terkatagorisasi sebagai spam dan 95% kebutuhan fungsional telah lolos uji fungsional serta sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Intan Dzikria, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Sistem dan Teknologi Informasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Muhammad Rifki Fikri Firdaus, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Sistem dan Teknologi Informasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Referensi

I. D. N. Times and Y. D, “Perusahaan: Pengertian, Unsur, Bentuk, Jenis, dan Tujuan,” IDN Times. Accessed: Aug. 26, 2023. [Online]. Available: https://www.idntimes.com/business/economy/yunisda-dwi-saputri/apa-itu-perusahaan

Nofyat, A. Ibrahim, and A. Ambarita, “sistem informasi pengaduan pelanggan air berbasis website pada pdam kota ternate,” 2018.

L. Marlinda and S. S.W., “sistem recommender program studi fmipa menggunakan metode preference rangkin organization for enrichment evaluation (promethee),” in PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) SNF2017 UNJ, Pendidikan Fisika dan Fisika FMIPA UNJ, 2018, pp. SNF2017-CIP-55-SNF2017-CIP-64. doi: 10.21009/03.SNF2017.02.CIP.08.

B. Damanik and S. Sibagariang, “penerapan preference ranking organization method for enrichment evaluation (promethee) dalam evaluasi kinerja dosen (studi kasus: univ. sari mutiara indonesia),” KOMIK Konf. Nas. Teknol. Inf. Dan Komput., vol. 2, no. 1, Oct. 2018, doi: 10.30865/komik.v2i1.924.

H. Herwanto, N. L. Chusna, and M. S. Arif, “Klasifikasi SMS Spam Berbahasa Indonesia Menggunakan Algoritma Multinomial Naïve Bayes,” J. MEDIA Inform. BUDIDARMA, vol. 5, no. 4, p. 1316, Oct. 2021, doi: 10.30865/mib.v5i4.3119.

B. Hartanto, S. Harjanto, and S. Tomo, “sistem informasi penentuan guru baru di sekolah dengan menerapkan metode preference ranking organization method for enrichment evaluation,” vol. 2, no. 1, 2023.

R. Dwiyansaputra, G. S. Nugraha, F. Bimantoro, A. Aranta, and J. Majapahit, “deteksi sms spam berbahasa indonesia menggunakan tf-idf dan stochastic gradient descent classifier,” vol. 3, no. 2, 2021.

Herfandi, Yuliadi, S. N. Abdillah, and E. S. Susanto, “rancang bangun sistem informasi pengaduan layanan sarpras di universitas teknologi sumbawa berbasis web,” J. Inform. Teknol. Dan Sains, vol. 3, no. 1, pp. 308–315, Feb. 2021, doi: 10.51401/jinteks.v3i1.984.

Copyright © 2023 FTII-UHAMKA. - All rights reserved Seminar Nasional TEKNOKA ke - 8, Vol. 8, 2023

ISSN No. 2502-8782

W. N. Chandra, G. Indrawan, and I. N. Sukajaya, “Spam Filtering Dengan Metode Pos Tagger Dan Klasifikasi Naïve Bayes”.

A. Hermanto, I. Dzikria, and F. Narulita Friska, “Peningkatan Kompetensi Petugas Klinik

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-13

Cara Mengutip

Intan Dzikria, & Muhammad Rifki Fikri Firdaus. (2023). Penerapan Penyaringan Spam Berbasiskan Metode Preference Ranking pada Rancang Bangun Sistem Pengaduan Perusahaan. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 8, 44–50. Diambil dari https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/13873