Prediksi Keterlambatan Penerbangan Menggunakan Metode Decision Tree Untuk Penentuan Premi Asuransi Perjalanan

Penulis

  • Shella Lolitha Universitas Pelita Harapan
  • Samuel Lukas Universitas Pelita Harapan
  • Frans Panduwinata Universitas Pelita Harapan

Kata Kunci:

Pohon Keputusan, Perhitungan Premi, Keterlambatan Penerbangan, Asuransi Perjalanan

Abstrak

Keterlambatan penerbangan menjadi suatu masalah yang tidak dapat dihindari pada penerbangan
komersial. Kompensasi yang diatur dalam Peraturan Menteri dinilai tidak sebanding dengan keterlambatan
yang terjadi. Sebaliknya, pihak perusahaan maskapai juga enggan untuk meningkatkan kualitas pel ayanan,
salah satu alasannya adalah membayar biaya kompensasi penumpang jauh lebih murah dibanding biaya yang
diperlukan untuk meningkatkan pelayanan. Maka dari itu diperlukan sebuah sistem untuk penghitungan
jumlah premi yang dapat dibayar oleh penumpang agar menguntungkan kedua belah pihak. Dengan
menggunakan metode penghitungan statistik dan algoritma machine learning yaitu pohon keputusan,
keterlambatan dapat diprediksi berdasarkan kategori keterlambatan yang tertulis dalam Peraturan Menteri
dan premi asuransi dapat dihitung dengan sesuai dan saling menguntungkan kedua belah pihak. Tahap
perancangan sistem adalah sebagai berikut: membaca data mentah penerbangan komersial di Indonesia dari
tahun 2017 sampai 2019, melakukan preprocessing data, melakukan pembersihan data, melakukan pelatihan
data, melakukan proses prediksi, melakukan kalkulasi premi dan membuat visualisasi untuk menampilkan hasil
prediksi dan harga premi. Hasil pengujian berdasarkan matriks confusion menunjukkan bahwa model untuk
memprediksi keterlambatan memiliki akurasi sebesar 72,76%. Kemudian dari proses validasi, didapatkan
bahwa tingkat kemiripan hasil prediksi dengan hasil validasi tersebut adalah 96,14%. Hasil penghitungan
premi memiliki nilai premi yang lebih masuk akal dan menguntungkan bagi penumpang penerbangan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Shella Lolitha, Universitas Pelita Harapan

Departemen Teknik Informatika
Fakultas Teknik

Samuel Lukas, Universitas Pelita Harapan

Departemen Teknik Informatika
Fakultas Teknik

Frans Panduwinata, Universitas Pelita Harapan

Departemen Teknik Informatika
Fakultas Teknik

Referensi

Badan Pusat Statistik, Lalu Lintas Penerbangan Dalam Negeri Indonesia Tahun 2003-2018. (2020). https://www.bps.go.id/statictable/2009/02/21/1402/lalu-lintas-penerbangan-dalam-negeriindonesia-tahun-2003-2018.html. (diakses tanggal 17 Oktober 2020).

Aviation Safety Network, Airliner Accident Fatalities Per Year 1946-2017. (2017). https://aviationsafety.net/graphics/infographics/Fatal-AccidentsPer-Year-1946-2017.jpg. (diakses tanggal 17 Oktober 2020).

Pemerintah Indonesia, Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 89 Tahun 2015 Tentang Penanganan Keterlambatan (Delay Management) Pada Badan Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal di Indonesia. Lembaran RI Tahun 2015 No. 6. Jakarta: Sekretariat Negara. (2015).

Hungelmann, J, Insurance for dummies, Hoboken, NJ: Wiley. (2009).

Kagan, Julia, Insurance Premium. (2019). https://www.investopedia.com/terms/i/insurancepremium.asp. (diakses tanggal 17 Oktober 2020)

Lukas, S., Margaretha, H., Stefanim D., Widjaja, P., Feng, Ben, Insurance Premium Model For Flight Delay Using Standar Deviation, GLM And SVM. Universitas Pelita Harapan & University of Waterloo. (2019).

Kotsiantis, S. B., Supervised Machine Learning: A Review of Classification Techniques. Informatica 31, 249-268. (2007).

Rokach, L.; Maimon, O., Top-down induction of decision trees classifiers-a survey. IEEE Transactions on Systems, Man, and Cybernetics - Part C: Applications and Reviews, 35 (4): 476–487. CiteSeerX 10.1.1.458.7031. doi:10.1109/TSMCC.2004.843247. (2008).

Unduhan

Diterbitkan

2021-01-01

Cara Mengutip

Lolitha, S., Lukas, S., & Panduwinata, F. (2021). Prediksi Keterlambatan Penerbangan Menggunakan Metode Decision Tree Untuk Penentuan Premi Asuransi Perjalanan. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 5, 50–58. Diambil dari https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/10235