Visualisasi Data Ulasan Pembelajaran Jarak Jauh dan Gangguan Somatoform Terhadap Mahasiswa Fakultas Teknik UHAMKA Menggunakan Software R-Studio

Penulis

  • Rizka Nisa Aqila Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Rasiyah Shafa Azizah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Reza Kurnia Khoirunisa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Fajar Sidik Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Kata Kunci:

Pembelajaran Jarak Jauh, Gangguan Somatoform, Visualisasi Data, Mahasiswa

Abstrak

Pandemi virus corona (Covid-19) memaksa aktivitas belajar mengajar tatap muka dihentikan
kemudian dialihkan ke dunia maya yang disebut dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kebijakan
tersebut telah diterapkan diberbagai institusi pendidikan termasuk Universitas Muhammadiyah
Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) Jakarta yang mengakibatkan mahasiswa harus beradaptasi dengan
metode baru dan berdampak pada munculnya gangguan somatoform. Penelitian dilaksanakan untuk
mengetahui ulasan terkait PJJ dan gejala gangguan somatoform yang sering dialami mahasiswa
Fakultas Teknik UHAMKA selama masa pandemi Covid-19. Data diperoleh dengan penyebaran
kuesioner secara online kepada mahasiswa tahun angkatan 2018 sampai 2020 yang berjumlah 204
mahasiswa aktif Fakultas Teknik UHAMKA. Hasil penelitian ini berupa visualisasi data wordcloud
dan matriks yang diolah menggunakan software R-Studio. Berdasarkan hasil visualisasi data yang
sudah diolah dapat ditarik kesimpulan bahwa selama masa pandemi mahasiswa Fakultas Teknik
UHAMKA mengalami kendala pada ‘materi’, ‘dosen’, ‘belajar’, dan ‘sinyal’, sedangkan untuk
gejala gangguan somatoform yang sering dialami oleh mahasiswa adalah sakit kepala.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Rizka Nisa Aqila, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Departemen Teknik Informatika

 

Fakultas Teknik

Referensi

T. S. Boenga Nur Citra, "DAMPAK

PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN

PHYSICAL DISTANCING PADA TINGKAT

KECEMASAN MAHASISWA FAKULTAS

KEDOKTERAN UNIVERSITAS

PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN"

JAKARTA," Journal of Bourneo Holistic

Health, vol. 3, p. 2, 2020.

N. M. M. Komang Trisnadewi, "Pembelajaran

Daring di Masa Pandemi Covid-19," in COVID19: Perspektif Pendidikan, Bali, Yayasan Kita

Menulis, 2020, pp. 48-49.

S. K. Dzikra Rafik Putra, "Sistem

Pendukung Keputusan Untuk Diagnosis

Banding Gangguan Somatoform Berbasis

PPDGJ III," JURNAL FASILKOM, vol.

Volume 10 No. 2, p. 2, 2020.

F. FADLI, APA ITU

PSIKOPATOLOGI? “Rangkaian Catatan

Ringkas Tentang Gangguan Jiwa”,

Sulawesi: Unimal Press, 2019.

Rizky Muharany Putri, "Hubungan

Pembelajaran Jarak Jauh dan Gangguan

Somatoform dengan Tingkat Stres

Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah

Jakarta," Jurnal Kesehatan dan

Penelitian, p. 2, 2020.

Eren Aydoslu, "A Web-Based Data

Visualization Tool".

D. M. R. I. G. D. B. Layla Oesper,

"WordCloud: a Cytoscape plugin to

create a visual semantic summary of

networks," Source Code for Biology and

Medicine, p. 1, 2011.

Arkham agustinah, "WORD CLOUD OF

CORRUPTION ERADICATION

COMMISSION," pp. 4-5, 2015.

A. Kassambara, R Graphics Essentials for

Great Data Visualization: 200 Practical

Examples, -: STHDA, 2017.

T. V. d. P. P. O. S. M. Rizkiana Prima

Rahmadina, "Visualisasi Data Jumlah

Penderita Diare yang Dilayani dan

Jumlah Desa/Kelurahan yang

Melaksanakan Sanitasi Total Berbasis

Masyarakat (STBM) Tahun 2016 dan

di Indonesia Menggunakan

Software R-Studio," pp. 2-8, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-01

Cara Mengutip

Aqila, R. N., Azizah, R. S., Khoirunisa, R. K., & Sidik, F. (2022). Visualisasi Data Ulasan Pembelajaran Jarak Jauh dan Gangguan Somatoform Terhadap Mahasiswa Fakultas Teknik UHAMKA Menggunakan Software R-Studio. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 6, 76–83. Diambil dari https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/10232