Visualisasi Data Ulasan Pembelajaran Jarak Jauh dan Gangguan Somatoform Terhadap Mahasiswa Fakultas Teknik UHAMKA Menggunakan Software R-Studio

Authors

  • Rizka Nisa Aqila Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Rasiyah Shafa Azizah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Reza Kurnia Khoirunisa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Fajar Sidik Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Keywords:

Pembelajaran Jarak Jauh, Gangguan Somatoform, Visualisasi Data, Mahasiswa

Abstract

Pandemi virus corona (Covid-19) memaksa aktivitas belajar mengajar tatap muka dihentikan kemudian dialihkan ke dunia maya yang disebut dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kebijakan tersebut telah diterapkan diberbagai institusi pendidikan termasuk Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) Jakarta yang mengakibatkan mahasiswa harus beradaptasi dengan metode baru dan berdampak pada munculnya gangguan somatoform. Penelitian dilaksanakan untuk mengetahui ulasan terkait PJJ dan gejala gangguan somatoform yang sering dialami mahasiswa Fakultas Teknik UHAMKA selama masa pandemi Covid-19. Data diperoleh dengan penyebaran kuesioner secara online kepada mahasiswa tahun angkatan 2018 sampai 2020 yang berjumlah 204 mahasiswa aktif Fakultas Teknik UHAMKA. Hasil penelitian ini berupa visualisasi data wordcloud dan matriks yang diolah menggunakan software R-Studio. Berdasarkan hasil visualisasi data yang sudah diolah dapat ditarik kesimpulan bahwa selama masa pandemi mahasiswa Fakultas Teknik UHAMKA mengalami kendala pada ‘materi’, ‘dosen’, ‘belajar’, dan ‘sinyal’, sedangkan untuk gejala gangguan somatoform yang sering dialami oleh mahasiswa adalah sakit kepala.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rizka Nisa Aqila, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Departemen Teknik Informatika

 

Fakultas Teknik

References

T. S. Boenga Nur Citra, "DAMPAK

PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN

PHYSICAL DISTANCING PADA TINGKAT

KECEMASAN MAHASISWA FAKULTAS

KEDOKTERAN UNIVERSITAS

PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN"

JAKARTA," Journal of Bourneo Holistic

Health, vol. 3, p. 2, 2020.

N. M. M. Komang Trisnadewi, "Pembelajaran

Daring di Masa Pandemi Covid-19," in COVID19: Perspektif Pendidikan, Bali, Yayasan Kita

Menulis, 2020, pp. 48-49.

S. K. Dzikra Rafik Putra, "Sistem

Pendukung Keputusan Untuk Diagnosis

Banding Gangguan Somatoform Berbasis

PPDGJ III," JURNAL FASILKOM, vol.

Volume 10 No. 2, p. 2, 2020.

F. FADLI, APA ITU

PSIKOPATOLOGI? “Rangkaian Catatan

Ringkas Tentang Gangguan Jiwa”,

Sulawesi: Unimal Press, 2019.

Rizky Muharany Putri, "Hubungan

Pembelajaran Jarak Jauh dan Gangguan

Somatoform dengan Tingkat Stres

Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah

Jakarta," Jurnal Kesehatan dan

Penelitian, p. 2, 2020.

Eren Aydoslu, "A Web-Based Data

Visualization Tool".

D. M. R. I. G. D. B. Layla Oesper,

"WordCloud: a Cytoscape plugin to

create a visual semantic summary of

networks," Source Code for Biology and

Medicine, p. 1, 2011.

Arkham agustinah, "WORD CLOUD OF

CORRUPTION ERADICATION

COMMISSION," pp. 4-5, 2015.

A. Kassambara, R Graphics Essentials for

Great Data Visualization: 200 Practical

Examples, -: STHDA, 2017.

T. V. d. P. P. O. S. M. Rizkiana Prima

Rahmadina, "Visualisasi Data Jumlah

Penderita Diare yang Dilayani dan

Jumlah Desa/Kelurahan yang

Melaksanakan Sanitasi Total Berbasis

Masyarakat (STBM) Tahun 2016 dan

di Indonesia Menggunakan

Software R-Studio," pp. 2-8, 2019.

Published

2022-01-01

How to Cite

Aqila, R. N., Azizah, R. S., Khoirunisa, R. K., & Sidik, F. (2022). Visualisasi Data Ulasan Pembelajaran Jarak Jauh dan Gangguan Somatoform Terhadap Mahasiswa Fakultas Teknik UHAMKA Menggunakan Software R-Studio. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 6, 76–83. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/10232