Evaluasi Penggunaan Sistem dengan Analisa PIECES serta Faktor Penghambatnya dalam Pembelajaran Daring di FT UHAMKA
Kata Kunci:
Online Learning, PIECES, Faktor penghambat pembelajaran daringAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa tingkat kepuasan Mahasiswa pada kualitas
pelayanan online learning UHAMKA dengan menggunakan analisis PIECES, dan juga untuk
mengetahui faktor penghambatnya dalam pembelajaran daring di Fakultas Teknik UHAMKA.
Diharapkan dengan ini Universitas dapat mengetahui langkah selanjutnya yang akan diambil dalam
proses peningkatan pada sistem OLU. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner
kepada 61 orang responden, dengan Mahasiswa Teknik sebagai sampel. Hasil analisa dan olah data
menunjukan tingkat kepuasan Mahasiswa Teknik yaitu indikator kinerja (3.43), indikator informasi
(3.63), indikator ekonomi (3.70), indikator pengendalian (3.50), indikator efisiensi (3.71) dan
indikator pelayanan (3,60), merujuk dari unsur PIECES tingkatan capaian seluruhnya dikategorikan
Mahasiswa Teknik “PUAS” dalam penggunaan pembelajaran daring pada sistem OLU. Sementara
faktor penghambat pembelajaran daring dengan online learning yang dirasakan oleh Mahasiswa yaitu
faktor server yang sesekali down pada akses OLU, GUI yang kurang konsisten, pengumpulan tugas
pada sistem, dan tidak adanya notifikasi oleh Dosen kepada Mahasiswa melalui sistem.
Unduhan
Referensi
D. A. C. & Sujiwo and Q. A’yun,
“Pengaruh Pemanfaatan E-learning
Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa,”
Justindo (Jurnal Sist. Teknol. Inf.
Indones., vol. 5, no. 2, pp. 1–7, 2020.
H. Hanifah, N. Supriadi, and R.
Widyastuti, “Pengaruh Model
Pembelajaran E-learning Berbantuan
Media Pembelajaran Edmodo Terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis Peserta Didik,” Numer. J. Mat.
dan Pendidik. Mat., vol. 3, no. 1, pp. 31–
, 2019, doi:
25217/numerical.v3i1.453.
W. A. F. Dewi, “Dampak COVID-19
terhadap Implementasi Pembelajaran
Daring di Sekolah Dasar,” Edukatif JIlmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 55–61,
, doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89.
I. Farida, R. R. Sunarya, R. Aisyah, and I.
Helsy, “Pembelajaran Kimia Sistem
Daring di Masa Pandemi Covid-19 Bagi
Generasi Z,” KTI UIN Sunan Gunung
Djati, pp. 1–11, 2020, [Online].
Available:
http://digilib.uinsgd.ac.id/30638/.
S. Fauziyah and M. B. Triyono,
“Pengaruh E-Learning Edmodo Dengan
Model Blended Learning Terhadap Minat
Belajar,” J. Kependidikan Penelit. Inov.
Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 112–124,
, doi: 10.21831/jk.v4i1.27562.
M. Pangri, S. Sunardi, and R. Umar,
“Metode Pieces Framework Pada Tingkat
Kepuasan Pengguna Sistem Informasi
Perpustakaan Universitas
Muhammadiyah Sorong,” Bina Insa. Ict
J., vol. 8, no. 1, p. 63, 2021, doi:
51211/biict.v8i1.1499.
P. L. Lokapitasari Belluano, I. Indrawati,
H. Harlinda, F. A. . Tuasamu, and D.
Lantara, “Analisis Tingkat Kepuasan
Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan
Menggunakan Pieces Framework,” Ilk. J.
Ilm., vol. 11, no. 2, pp. 118–128, 2019,
doi: 10.33096/ilkom.v11i2.398.118-128.
D. Dwiyantoro, “Analisis dan Evaluasi
Penerapan Sistem Informasi Smart
Library AMIKOM Resource Centre
dengan Metode Pieces Framework,” Tik
Ilmeu J. Ilmu Perpust. dan Inf., vol. 3, no.
, p. 109, 2019, doi:
29240/tik.v3i2.962.
H. A. Mumtahana and S. Riyanto,
“Evaluasi Kebergunaan Sistem Informasi
Kepegawaian Universitas PGRI Madiun
Dengan Pieces Framework Dan Usability
Testing,” Pros. Semin. Nas. Teknol. Inf.
dan Komun., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2019,
[Online]. Available:
http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/S
ENATIK/article/view/869/836.
N. Kinanti, A. Putri, and A. D. Indriyanti,
“Penerapan PIECES Framework sebagai
Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa
terhadap Penggunaan Sistem Informasi
Akademik Terpadu ( SIAKADU ) pada
Universitas Negeri Surabaya,” vol. 02, no.
, pp. 78–84, 2021.
Adi and Vivi, “Analisis Tingkat Kepuasan
Pengguna dan Tingkat Kepentingan
Penerapan Sistem Informasi DJP Online
dengan Kerangka PIECES dan
Importance Performance Analysis,” J.
Manaj. dan Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 88–
, 2017.
H. N. Putra, “Analisis Pelaksanaan Sistem
E-Puskesmas Dengan Menggunakan
Metode PIECES Di Puskesmas
Pemancungan Padang Tahun 2018,” J.
Rekam Medis dan Inf. Kesehat., vol. 1, no.
, pp. 63–69, 2018.
R. Tullah and M. I. Hanafri,
“Evaluasi Penerapan Sistem Informasi
Pada Politeknik LP3I Jakarta Dengan
Metode Pieces,” J. Sisfotek Glob., vol. 4,
no. 1, pp. 22–28, 2014.
L. Nulhakim, N. Azizah, and M. T. Ajija,
“Sistem Informasi Monitoring Inventory
Dengan Analisa PIECES Pada PT Care
Spundbond,” Sensitek, vol. 1, no. 1, pp.
–485, 2018.
H. Richki Hardi, “Pengembangan Sistem
Informasi Perpustakaan Menggunakan
Kerangka Pieces (Studi Kasus
Perpustakaan STITEK Bontang),” Ilm.
Teknol. Inf. Terap., vol. 1, no. 3, pp. 15–
, 2017.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Teknoka
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.