Perancangan Sistem Informasi Posyandu Berbasis Website di Kelurahan Bambu Apus Jakarta Timur (Studi Kasus: Posyandu Seruni III Bambu Apus)

Authors

  • Putri Dwi Lesmanawati Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Rahmi Imanda Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Keywords:

Sistem Informasi Posyandu, Posyandu, PHP, UML (Unified Modelling Language), XP (Extreme Programming)

Abstract

Saat ini sistem posyandu yang digunakan oleh Posyandu Seruni III masih menggunakan cara manual, kader mencatat semua laporan dengan cara penulisan manual di buku pencatatan posyandu. Pada penulisan ini bertujuan untuk membuat sistem informasi posyandu yang dapat membantu kader mengelola data posyandu, mempermudah petugas kelurahan dalam memantau pengelolaan data posyandu, serta dapat membantu melihat pengetahuan dasar setiap kader tentang posyandu. Sistem informasi posyandu merupakan sebuah website yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman Javascript dan PHP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode Extreme Programming, serta diagram UML. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah telah dibangunnya sistem informasi posyandu berbasis web dengan hasil uji efektivitas sistem yang dilakukan oleh admin memperoleh nilai sebesar 84,5%, kader posyandu memperoleh nilai sebesar 98,2%, dan petugas kelurahan sebesar 98,2%, hasil responden menyatakan bahwa sistem informasi posyandu ini telah dikategorikan sesuai atau telah berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Putri Dwi Lesmanawati, Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Departemen Teknik Informatika
Fakultas Teknik

Rahmi Imanda, Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Departemen Teknik Informatika
Fakultas Teknik

References

Heriyanto, Y. (2018). Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT.APM Rent Car. Jurnal Intra-Tech, 2(2), 64–77.

Heryana, A. (2020). Buku Ajar Metodologi Penelitian pada Kesehatan Masyarakat. Bahan Ajar Keperawatan Gigi, 2(June), 1–187.

Jaya, T. S. (2018). Pengujian Aplikasi Dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung). Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 3(2), 45–48.

Pahlevi, O., Mulyani, A., & Khoir, M. (2018). Sistem Informasi Inventori Barang Menggunakan Metode Object Oriented Di Pt. Livaza Teknologi Indonesia Jakarta. Jurnal PROSISKO, 5(1). https://livaza.com/.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Rossi H, S. B., & Ullum, B. (2019). Pembangunan Sistem Informasi Posyandu di Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu(Studi Kasus : Posyandu Mawar Desa Panyindangan Wetan). Teknokom, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31943/teknokom.v2i2.40

Supriyatna, A. (2018). Metode Extreme Programming Pada Pembangunan Web Aplikasi Seleksi Peserta Pelatihan Kerja. Jurnal Teknik Informatika, 11(1), 1–18. https://doi.org/10.15408/jti.v11i1.6628

Sari, A. O., Abdilah, A., & Sunarti. (2019). Web Programming (Pertama). Graha Ilmu.

Published

2022-01-01

How to Cite

Lesmanawati, P. D., & Imanda, R. (2022). Perancangan Sistem Informasi Posyandu Berbasis Website di Kelurahan Bambu Apus Jakarta Timur (Studi Kasus: Posyandu Seruni III Bambu Apus). Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 6, 120–127. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/10250