Rancang Bangun Game Edukasi Matematika Pada SDN Jatiwaringin XII

Penulis

  • Windi Al Azmi Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Firman Noor Hasan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Kata Kunci:

Game Edukasi, Matematika, Game Development Life Cycle

Abstrak

Matematika sering dianggap sulit oleh siswa. Penyebab sulitnya mempelajari matematika karena
beberapa masalah, seperti penyajian pembelajaran matematika tidak menarik bagi mereka dan
siswa yang cenderung malas menghafalkan rumus. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu
media pembelajaran yang interaktif yaitu game edukasi matematika yang dapat digunakan oleh
siswa untuk mempelajari matematika. Dengan adanya game edukasi bisa memudahkan siswa
dalam mempelajari matematika dan juga bisa membuat meningkatkan minat belajar. Dalam
penelitian ini menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Berdasarkan hasil
pengujian dengan menggunakan skala likert, maka didapatkan presentase sebesar 93% yang
menunjukkan siswa dapat menggunakan media pembelajaran interaktif seperti game edukasi
matematika untuk mempelajari matematika.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

F. N. Hasan, “Pandemi Covid-19 Serta

Pengaruhnya Terhadap Aktivitas Ibadah

dan Nilai-nilai Al-Islam dan

Kemuhammadiyahan,” Fikroh J.

Pemikir. dan Pendidik. Islam, vol. 14,

no. 2, pp. 114–128, 2021.

S. Sudarman, S. Sartika, I. Sugiharta,

and F. Farida, “Pengaruh E-Learning

Berbantuan Google Classroom

Terhadap Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematis,” J. Cendekia J.

Pendidik. Mat., vol. 5, no. 3, pp. 2133–

, 2021, doi:

31004/cendekia.v5i3.625.

R. Gunawan, T. Hendri Prastyawan, and

Y. Wahyudin, “Rancang Bangun Game

Edukasi Perhitungan Dasar Matematika

Sekolah Dasar Kelas 3, 4 Dan 5

Mengunakan Construct 2,” J. Interkom

J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan

Komun., vol. 16, no. 1, pp. 46–59, 2021,

doi: 10.35969/interkom.v16i1.134.

S. Aula, H. Ahmadian, and B. Abdul

Majid, “Analisa Dan Perancangan

Game Edukasi Student Adventure 2D

Pada Smk Negeri 1 Al-Mubarkeya,”

Cybersp. J. Pendidik. Teknol. Inf., vol.

, no. 1, p. 21, 2020, doi:

22373/cj.v4i1.7132.[5] S. Permatasari, M. Asikin, and N.

Rachmani, “Potensi Game Edukasi

Untuk Mengembangkan Kemampuan

Koneksi Matematis Siswa Pada

Pembelajaran Daring,” Univ. Negeri

Semarang, pp. 853–860, 2020.

R. A. Krisdiawan, “Implementasi

Model Pengembangan Sistem Gdlc Dan

Algoritma Linear Congruential

Generator Pada Game Puzzle,” Nuansa

Inform., vol. 12, no. 2, pp. 1–9, 2018,

[Online]. Available:

https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilk

om/article/view/1634/1211.

R. Andriyat Krisdiawan and Darsanto,

“Penerapan Model Pengembangan

Gamegdlc (Game Development Life

Cycle )Dalam Membangun Game

Platform Berbasis Mobile,” Teknokom,

vol. 2, no. 1, pp. 31–40, 2019, doi:

31943/teknokom.v2i1.33.

D. R. P. Ramadhan, A. Q. Rosyada, W.

Marliza, D. E. P. Kasatri, and I. Yuliana,

“Pengaruh Ekstrakulikuler Coding Pada

Siswa Sekolah Dasar Guna

Meningkatkan Computational

Thingking Di Sekolah Al-Azhar Syifa

Budi Solo,” Bul. Literasi Budaya Sekol.,

vol. 2, no. 1, pp. 80–86, 2020, doi:

23917/blbs.v2i1.11616.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-01

Cara Mengutip

Azmi, W. A., & Hasan, F. N. (2022). Rancang Bangun Game Edukasi Matematika Pada SDN Jatiwaringin XII. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 6, 24–33. Diambil dari https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/10219