Evaluasi Penggunaan Sistem dengan Analisa PIECES serta Faktor Penghambatnya dalam Pembelajaran Daring di FT UHAMKA

Authors

  • Rahmi Imanda Fakultas -Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Akhmad Rizal Fakultas -Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Adi Mulia Fakultas -Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Keywords:

Online Learning, PIECES, Faktor penghambat pembelajaran daring

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa tingkat kepuasan Mahasiswa pada kualitas
pelayanan online learning UHAMKA dengan menggunakan analisis PIECES, dan juga untuk
mengetahui faktor penghambatnya dalam pembelajaran daring di Fakultas Teknik UHAMKA.
Diharapkan dengan ini Universitas dapat mengetahui langkah selanjutnya yang akan diambil dalam
proses peningkatan pada sistem OLU. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner
kepada 61 orang responden, dengan Mahasiswa Teknik sebagai sampel. Hasil analisa dan olah data
menunjukan tingkat kepuasan Mahasiswa Teknik yaitu indikator kinerja (3.43), indikator informasi
(3.63), indikator ekonomi (3.70), indikator pengendalian (3.50), indikator efisiensi (3.71) dan
indikator pelayanan (3,60), merujuk dari unsur PIECES tingkatan capaian seluruhnya dikategorikan
Mahasiswa Teknik “PUAS” dalam penggunaan pembelajaran daring pada sistem OLU. Sementara
faktor penghambat pembelajaran daring dengan online learning yang dirasakan oleh Mahasiswa yaitu
faktor server yang sesekali down pada akses OLU, GUI yang kurang konsisten, pengumpulan tugas
pada sistem, dan tidak adanya notifikasi oleh Dosen kepada Mahasiswa melalui sistem.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. A. C. & Sujiwo and Q. A’yun,

“Pengaruh Pemanfaatan E-learning

Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa,”

Justindo (Jurnal Sist. Teknol. Inf.

Indones., vol. 5, no. 2, pp. 1–7, 2020.

H. Hanifah, N. Supriadi, and R.

Widyastuti, “Pengaruh Model

Pembelajaran E-learning Berbantuan

Media Pembelajaran Edmodo Terhadap

Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematis Peserta Didik,” Numer. J. Mat.

dan Pendidik. Mat., vol. 3, no. 1, pp. 31–

, 2019, doi:

25217/numerical.v3i1.453.

W. A. F. Dewi, “Dampak COVID-19

terhadap Implementasi Pembelajaran

Daring di Sekolah Dasar,” Edukatif JIlmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 55–61,

, doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89.

I. Farida, R. R. Sunarya, R. Aisyah, and I.

Helsy, “Pembelajaran Kimia Sistem

Daring di Masa Pandemi Covid-19 Bagi

Generasi Z,” KTI UIN Sunan Gunung

Djati, pp. 1–11, 2020, [Online].

Available:

http://digilib.uinsgd.ac.id/30638/.

S. Fauziyah and M. B. Triyono,

“Pengaruh E-Learning Edmodo Dengan

Model Blended Learning Terhadap Minat

Belajar,” J. Kependidikan Penelit. Inov.

Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 112–124,

, doi: 10.21831/jk.v4i1.27562.

M. Pangri, S. Sunardi, and R. Umar,

“Metode Pieces Framework Pada Tingkat

Kepuasan Pengguna Sistem Informasi

Perpustakaan Universitas

Muhammadiyah Sorong,” Bina Insa. Ict

J., vol. 8, no. 1, p. 63, 2021, doi:

51211/biict.v8i1.1499.

P. L. Lokapitasari Belluano, I. Indrawati,

H. Harlinda, F. A. . Tuasamu, and D.

Lantara, “Analisis Tingkat Kepuasan

Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan

Menggunakan Pieces Framework,” Ilk. J.

Ilm., vol. 11, no. 2, pp. 118–128, 2019,

doi: 10.33096/ilkom.v11i2.398.118-128.

D. Dwiyantoro, “Analisis dan Evaluasi

Penerapan Sistem Informasi Smart

Library AMIKOM Resource Centre

dengan Metode Pieces Framework,” Tik

Ilmeu J. Ilmu Perpust. dan Inf., vol. 3, no.

, p. 109, 2019, doi:

29240/tik.v3i2.962.

H. A. Mumtahana and S. Riyanto,

“Evaluasi Kebergunaan Sistem Informasi

Kepegawaian Universitas PGRI Madiun

Dengan Pieces Framework Dan Usability

Testing,” Pros. Semin. Nas. Teknol. Inf.

dan Komun., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2019,

[Online]. Available:

http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/S

ENATIK/article/view/869/836.

N. Kinanti, A. Putri, and A. D. Indriyanti,

“Penerapan PIECES Framework sebagai

Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa

terhadap Penggunaan Sistem Informasi

Akademik Terpadu ( SIAKADU ) pada

Universitas Negeri Surabaya,” vol. 02, no.

, pp. 78–84, 2021.

Adi and Vivi, “Analisis Tingkat Kepuasan

Pengguna dan Tingkat Kepentingan

Penerapan Sistem Informasi DJP Online

dengan Kerangka PIECES dan

Importance Performance Analysis,” J.

Manaj. dan Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 88–

, 2017.

H. N. Putra, “Analisis Pelaksanaan Sistem

E-Puskesmas Dengan Menggunakan

Metode PIECES Di Puskesmas

Pemancungan Padang Tahun 2018,” J.

Rekam Medis dan Inf. Kesehat., vol. 1, no.

, pp. 63–69, 2018.

R. Tullah and M. I. Hanafri,

“Evaluasi Penerapan Sistem Informasi

Pada Politeknik LP3I Jakarta Dengan

Metode Pieces,” J. Sisfotek Glob., vol. 4,

no. 1, pp. 22–28, 2014.

L. Nulhakim, N. Azizah, and M. T. Ajija,

“Sistem Informasi Monitoring Inventory

Dengan Analisa PIECES Pada PT Care

Spundbond,” Sensitek, vol. 1, no. 1, pp.

–485, 2018.

H. Richki Hardi, “Pengembangan Sistem

Informasi Perpustakaan Menggunakan

Kerangka Pieces (Studi Kasus

Perpustakaan STITEK Bontang),” Ilm.

Teknol. Inf. Terap., vol. 1, no. 3, pp. 15–

, 2017.

Published

2022-01-01

How to Cite

Imanda, R., Rizal, A., & Mulia, A. (2022). Evaluasi Penggunaan Sistem dengan Analisa PIECES serta Faktor Penghambatnya dalam Pembelajaran Daring di FT UHAMKA. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 6, 50–57. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/10227