Rancang BangunGameEdukasi Bahasa Sunda pada SDN Jatiwaringin XII

Authors

  • Wanda Aulia Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Firman Noor Hasan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Keywords:

Game Edukasi, Pelajaran Bahasa Sunda, Game Development Life Cycle

Abstract

Bahasa Sunda merupakan salah satu mata pelajaran di SDN Jatiwaringin XII. Namun, banyak siswa yang mengalami kesulitan terhadap pelajaran bahasa Sunda karena kebanyakan dari mereka merupakan pendatang, selain itu penyampaian materi yang dilakukan secara daring juga merupakan salah satu penyebabnya. Untuk membantu siswa mempelajari bahasa Sunda, makadibuatlah game edukasi bahasa Sunda yang dapat mudah dimainkan dan dipahami. Dalam game ini siswa mendapatkan materi bahasa Sunda dan diberikan pertanyaan terkait materi sebelumnya. Pembuatan game ini menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dengan menggunakan scratch. Penelitian ini menghasilkan game edukasi bahasa Sunda yang dapat diakses secara langsung melalui website. Dari pengujian, didapatkan bahwa sebesar 92,5% dari 7 responden sangat setuju game ini mudah dimainkan dan dipahami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

P. Ui, U. X. Dan, E. Game, S. I. Asep,

and N. Di, “1 , 2 , 3 .,” vol. 6, no. 2, pp.

–4282, 2020.

A. Febriandirza, F. Irwiensyah, F. N.

Hasan, and P. Indriyanti, “Pelatihan

Pemanfaatan Digital Marketing dan

Manajemen Kewirausahaan bagi

Pelaku UMKM dengan menggunakan

Aplikasi Google My Business,” J.

SOLMA, vol. 10, no. 10, pp. 224–231,

, [Online]. Available:

https://journal.uhamka.ac.id/index.php/

solma/article/view/6514.

W. A. F. Dewi, “Dampak COVID-19

terhadap Implementasi Pembelajaran

Daring di Sekolah Dasar,” Edukatif J.

Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 55–61,

, doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89.

R. A. Krisdiawan, “Implementasi

Model Pengembangan Sistem Gdlc

Dan Algoritma Linear Congruential

Generator Pada Game Puzzle,” Nuansa

Inform., vol. 12, no. 2, pp. 1–9, 2018,

[Online]. Available:

https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilk

om/article/view/1634/1211.

E. Nurhayati, “Meningkatkan

Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran

Daring Melalui Media Game Edukasi

Quiziz pada Masa Pencegahan

Penyebaran Covid-19,” J. Paedagogy,

vol. 7, no. 3, p. 145, 2020, doi:

33394/jp.v7i3.2645.

Y. Effendi, “Rancangan Aplikasi Game

Edukasi Berbasis Mobile

Menggunakan App Inventor,” J. IntraTech, vol. 2, no. 1, pp. 39–48, 2018.

A. I. Kusuma et al., “PEMBUATAN

ASSET GAME EDUKASI BAHASA

SUNDA ‘ SI ASEP NYASAB DI

LABIRIN ’ BERBASIS ANDROID,”

vol. 6, no. 2, pp. 4257–4264, 2020.

S. Aula, H. Ahmadian, and B. Abdul

Majid, “Analisa Dan Perancangan

Game Edukasi Student Adventure 2D

Pada Smk Negeri 1 Al-Mubarkeya,”

Cybersp. J. Pendidik. Teknol. Inf., vol.

, no. 1, p. 21, 2020, doi:

22373/cj.v4i1.7132.

Published

2022-01-01

How to Cite

Aulia, W., & Hasan, F. N. (2022). Rancang BangunGameEdukasi Bahasa Sunda pada SDN Jatiwaringin XII. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 6, 8–14. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/10213