Rancang Bangun Game Edukasi Bahasa Sunda pada SDN Jatiwaringin XII
Kata Kunci:
Game Edukasi, Pelajaran Bahasa Sunda, Game Development Life CycleAbstrak
Bahasa Sunda merupakan salah satu mata pelajaran di SDN Jatiwaringin XII. Namun, banyak
siswa yang mengalami kesulitan terhadap pelajaran bahasa Sunda karena kebanyakan dari
mereka merupakan pendatang, selain itu penyampaian materi yang dilakukan secara daring juga
merupakan salah satu penyebabnya. Untuk membantu siswa mempelajari bahasa Sunda, maka
dibuatlah game edukasi bahasa Sunda yang dapat mudah dimainkan dan dipahami. Dalam game
ini siswa mendapatkan materi bahasa Sunda dan diberikan pertanyaan terkait materi sebelumnya.
Pembuatan game ini menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dengan
menggunakan scratch. Penelitian ini menghasilkan game edukasi bahasa Sunda yang dapat
diakses secara langsung melalui website. Dari pengujian, didapatkan bahwa sebesar 92,5% dari
7 responden sangat setuju game ini mudah dimainkan dan dipahami.
Unduhan
Referensi
P. Ui, U. X. Dan, E. Game, S. I. Asep,
and N. Di, “1 , 2 , 3 .,” vol. 6, no. 2, pp.
–4282, 2020.
A. Febriandirza, F. Irwiensyah, F. N.
Hasan, and P. Indriyanti, “Pelatihan
Pemanfaatan Digital Marketing dan
Manajemen Kewirausahaan bagi
Pelaku UMKM dengan menggunakan
Aplikasi Google My Business,” J.
SOLMA, vol. 10, no. 10, pp. 224–231,
, [Online]. Available:
https://journal.uhamka.ac.id/index.php/
solma/article/view/6514.
W. A. F. Dewi, “Dampak COVID-19
terhadap Implementasi Pembelajaran
Daring di Sekolah Dasar,” Edukatif J.
Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 55–61,
, doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89.
R. A. Krisdiawan, “Implementasi
Model Pengembangan Sistem Gdlc
Dan Algoritma Linear Congruential
Generator Pada Game Puzzle,” Nuansa
Inform., vol. 12, no. 2, pp. 1–9, 2018,
[Online]. Available:
https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilk
om/article/view/1634/1211.
E. Nurhayati, “Meningkatkan
Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran
Daring Melalui Media Game Edukasi
Quiziz pada Masa Pencegahan
Penyebaran Covid-19,” J. Paedagogy,
vol. 7, no. 3, p. 145, 2020, doi:
33394/jp.v7i3.2645.
Y. Effendi, “Rancangan Aplikasi Game
Edukasi Berbasis Mobile
Menggunakan App Inventor,” J. IntraTech, vol. 2, no. 1, pp. 39–48, 2018.
A. I. Kusuma et al., “PEMBUATAN
ASSET GAME EDUKASI BAHASA
SUNDA ‘ SI ASEP NYASAB DI
LABIRIN ’ BERBASIS ANDROID,”
vol. 6, no. 2, pp. 4257–4264, 2020.
S. Aula, H. Ahmadian, and B. Abdul
Majid, “Analisa Dan Perancangan
Game Edukasi Student Adventure 2D
Pada Smk Negeri 1 Al-Mubarkeya,”
Cybersp. J. Pendidik. Teknol. Inf., vol.
, no. 1, p. 21, 2020, doi:
22373/cj.v4i1.7132.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Teknoka
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.