Rancang Bangun Game Edukasi Bahasa Sunda pada SDN Jatiwaringin XII

Penulis

  • Wanda Aulia Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Firman Noor Hasan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Kata Kunci:

Game Edukasi, Pelajaran Bahasa Sunda, Game Development Life Cycle

Abstrak

Bahasa Sunda merupakan salah satu mata pelajaran di SDN Jatiwaringin XII. Namun, banyak
siswa yang mengalami kesulitan terhadap pelajaran bahasa Sunda karena kebanyakan dari
mereka merupakan pendatang, selain itu penyampaian materi yang dilakukan secara daring juga
merupakan salah satu penyebabnya. Untuk membantu siswa mempelajari bahasa Sunda, maka
dibuatlah game edukasi bahasa Sunda yang dapat mudah dimainkan dan dipahami. Dalam game
ini siswa mendapatkan materi bahasa Sunda dan diberikan pertanyaan terkait materi sebelumnya.
Pembuatan game ini menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dengan
menggunakan scratch. Penelitian ini menghasilkan game edukasi bahasa Sunda yang dapat
diakses secara langsung melalui website. Dari pengujian, didapatkan bahwa sebesar 92,5% dari
7 responden sangat setuju game ini mudah dimainkan dan dipahami.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

P. Ui, U. X. Dan, E. Game, S. I. Asep,

and N. Di, “1 , 2 , 3 .,” vol. 6, no. 2, pp.

–4282, 2020.

A. Febriandirza, F. Irwiensyah, F. N.

Hasan, and P. Indriyanti, “Pelatihan

Pemanfaatan Digital Marketing dan

Manajemen Kewirausahaan bagi

Pelaku UMKM dengan menggunakan

Aplikasi Google My Business,” J.

SOLMA, vol. 10, no. 10, pp. 224–231,

, [Online]. Available:

https://journal.uhamka.ac.id/index.php/

solma/article/view/6514.

W. A. F. Dewi, “Dampak COVID-19

terhadap Implementasi Pembelajaran

Daring di Sekolah Dasar,” Edukatif J.

Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 55–61,

, doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89.

R. A. Krisdiawan, “Implementasi

Model Pengembangan Sistem Gdlc

Dan Algoritma Linear Congruential

Generator Pada Game Puzzle,” Nuansa

Inform., vol. 12, no. 2, pp. 1–9, 2018,

[Online]. Available:

https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilk

om/article/view/1634/1211.

E. Nurhayati, “Meningkatkan

Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran

Daring Melalui Media Game Edukasi

Quiziz pada Masa Pencegahan

Penyebaran Covid-19,” J. Paedagogy,

vol. 7, no. 3, p. 145, 2020, doi:

33394/jp.v7i3.2645.

Y. Effendi, “Rancangan Aplikasi Game

Edukasi Berbasis Mobile

Menggunakan App Inventor,” J. IntraTech, vol. 2, no. 1, pp. 39–48, 2018.

A. I. Kusuma et al., “PEMBUATAN

ASSET GAME EDUKASI BAHASA

SUNDA ‘ SI ASEP NYASAB DI

LABIRIN ’ BERBASIS ANDROID,”

vol. 6, no. 2, pp. 4257–4264, 2020.

S. Aula, H. Ahmadian, and B. Abdul

Majid, “Analisa Dan Perancangan

Game Edukasi Student Adventure 2D

Pada Smk Negeri 1 Al-Mubarkeya,”

Cybersp. J. Pendidik. Teknol. Inf., vol.

, no. 1, p. 21, 2020, doi:

22373/cj.v4i1.7132.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-01

Cara Mengutip

Aulia, W., & Hasan, F. N. (2022). Rancang Bangun Game Edukasi Bahasa Sunda pada SDN Jatiwaringin XII. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 6, 8–14. Diambil dari https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/10213