Main Article Content
Abstract
Background: Telah diamati khususnya di beberapa pengajar Taman Kanak-kanak (TK) Kabupaten Lahat masih kurang dalam hal kreativitas dan motivasi dalam menciptakan media untuk tujuan pendidikan. Selain itu, guru awal yang memanfaatkan media tidak menyesuaikan dengan fungsi dan kegunaannya. Berdasarkan hasil dari permasalahan tersebut, maka tim pengabdian masyarakat Prodi PG-PAUD FKIP UNSRI melatih dan mendampingi guru-guru TK di Kabupaten Lahat dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis holistik integratif yang menyesuaikan dengan kurikulum yang digunakan dan selanjutnya dapat digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran. Metode: Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) melibatkan 20 Guru TK di Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan. Tahapan kegiatan PPM terbagi menjadi 3, yaitu, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Analisis data secara kuantitatif inferensial dan Indikator keberhasilan kegiatan PPM berupa jumlah rata-rata nilai tes (pre-test dan post-test) pada peserta kegiatan. Hasil: Terdapat peningkatan kemampuan Guru PAUD di Kabupaten Lahat dalam membuat media Pembelajaran Berbasis Holisik Integratif dengan hasil pre-test dan post-test sebesar 30,5 poin serta nilai N-gain sebesar 75,77% dengan kategori Efektif. Kesimpulan: Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat berupa pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis holistik integratif terlaksana secara efektif, mendapatkan respon positif, dan meningkatkan pengetahuan baru bagi Guru PAUD di Kabupaten Lahat.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Ambarita, J. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Blog Interaktif Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Industri 4.0. Widyadewata, 4(2), 12–22. https://doi.org/10.47655/widyadewata.v4i2.44
- Amelia, H. R., Muslim, M., Roswati, R., Saputra, H., & Fatmawati, F. (2022). Kompetensi Profesional Guru PPLK Geografi di SMP Negeri Kota Padang. El-Jughrafiyah, 2(1), 1. https://doi.org/10.24014/jej.v2i1.15872
- Angkur, M. F. M. (2022). Penerapan Layanan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4287–4296. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2587
- Arimbi Febdinanty, P., & Luthfillah, F. (2023). Program Posyandu Sekolah Terhadap Anak Usia Dini Di TK Joy Kids National Plus. Jurnal PENA PAUD, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.33369/penapaud.v4i1.27742
- Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas Dan Peran Dari Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera, 17(1), 40–50.
- Atika, A. R., & Nafiqoh, H. (2022). Peningkatan Kompetensi Digital Guru Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Workshop Pembuatan Digital Storytelling. Nusantara Berdaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 9–15.
- Cipp, M., Nagari, D. I., Gadang, P., & Gunuang, K. (2022). EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DENGAN MODEL CIPP DI NAGARI PANDAM GADANG KECAMATAN GUNUANG OMEH. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2343–2352.
- Damayanti, E., Rezeky Amaliah, A., & Ismawati. (2020). CAPAIAN DAN STIMULASI ASPEK PERKEMBANGAN SENI PADA ANAK KEMBAR USIA 5 TAHUN. NANAEKE : Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i1.14176
- Eliyanti, E., Taufina, T., & Hakim, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Mind Mapping dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 838–849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.439
- Eliza, D., Husna, A., Utami, N., & Putri, Y. D. (2022). Studi Deskriptif Profesionalisme Guru PAUD Berdasarkan Prinsip-Prinsip Profesional Guru pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. Jurnal Basicedu, 6(3), 4663–4671. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2837
- Fadli, H. (2021). STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. Jurnal Mahasantri, 1(2), 214–238. https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v1i2.72
- Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di SDN Bojong 04. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165.
- Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560–1566.
- Netriwinda, Yaswinda, & Mega Adyna Movitaria. (2021). EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DENGAN MODEL CIPP DI NAGARI PANDAM GADANG KECAMATAN GUNUANG OMEH. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2343–2352. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1115
- Paramansyah, A., Zamakhsari, A., & Ernawati, E. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka pada Anak Kelompok A di SPS Dahlia Jatisampurna Bekasi. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 3(1), 43–55. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v3i1.2176
- Priyantoro, D. E., Ma’viyah, A., Im Hidayaturrohmah, N. ’, Risnawati, A., & Maulidya, D. (2020). The Role of the Family in Cultivating Islamic Moderation Value to Early Childhood. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 183–194.
- Rini Aulia, O., & Adyna Movitaria, M. (2022). PENYELENGGARAAN LEMBAGA PAUD TENTANG PENDIDIKAN HOLISTIK INTEGRATIF DI NAGARI TARAM. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2363–2372. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1117
- Rochani, D. (2023). Strategi Layanan PAUD Holistik Integratif dalam Memenuhi Kebutuhan Esensial Anak. Media Manajemen Pendidikan, 5(2), 320–332. https://doi.org/10.30738/mmp.v5i2.12053
- Torous, J., Bucci, S., Bell, I. H., Kessing, L. V., Faurholt-Jepsen, M., Whelan, P., Carvalho, A. F., Keshavan, M., Linardon, J., & Firth, J. (2021). The growing field of digital psychiatry: current evidence and the future of apps, social media, chatbots, and virtual reality. World Psychiatry, 20(3), 318–335. https://doi.org/10.1002/wps.20883
- Wasis, S. (2022). PENTINGNYA PENERAPAN MERDEKA BELAJAR PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD). Pedagogy : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2), 37–41. https://doi.org/10.51747/jp.v9i2.1078
- Yenti, Y. (2021). Pentingnya Peran Pendidik dalam Menstimulasi Perkembangan Karakter Anak di PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2045–2051.
References
Ambarita, J. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Blog Interaktif Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Industri 4.0. Widyadewata, 4(2), 12–22. https://doi.org/10.47655/widyadewata.v4i2.44
Amelia, H. R., Muslim, M., Roswati, R., Saputra, H., & Fatmawati, F. (2022). Kompetensi Profesional Guru PPLK Geografi di SMP Negeri Kota Padang. El-Jughrafiyah, 2(1), 1. https://doi.org/10.24014/jej.v2i1.15872
Angkur, M. F. M. (2022). Penerapan Layanan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4287–4296. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2587
Arimbi Febdinanty, P., & Luthfillah, F. (2023). Program Posyandu Sekolah Terhadap Anak Usia Dini Di TK Joy Kids National Plus. Jurnal PENA PAUD, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.33369/penapaud.v4i1.27742
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas Dan Peran Dari Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera, 17(1), 40–50.
Atika, A. R., & Nafiqoh, H. (2022). Peningkatan Kompetensi Digital Guru Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Workshop Pembuatan Digital Storytelling. Nusantara Berdaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 9–15.
Cipp, M., Nagari, D. I., Gadang, P., & Gunuang, K. (2022). EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DENGAN MODEL CIPP DI NAGARI PANDAM GADANG KECAMATAN GUNUANG OMEH. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2343–2352.
Damayanti, E., Rezeky Amaliah, A., & Ismawati. (2020). CAPAIAN DAN STIMULASI ASPEK PERKEMBANGAN SENI PADA ANAK KEMBAR USIA 5 TAHUN. NANAEKE : Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i1.14176
Eliyanti, E., Taufina, T., & Hakim, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Mind Mapping dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 838–849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.439
Eliza, D., Husna, A., Utami, N., & Putri, Y. D. (2022). Studi Deskriptif Profesionalisme Guru PAUD Berdasarkan Prinsip-Prinsip Profesional Guru pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. Jurnal Basicedu, 6(3), 4663–4671. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2837
Fadli, H. (2021). STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. Jurnal Mahasantri, 1(2), 214–238. https://doi.org/10.57215/pendidikanislam.v1i2.72
Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di SDN Bojong 04. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165.
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560–1566.
Netriwinda, Yaswinda, & Mega Adyna Movitaria. (2021). EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DENGAN MODEL CIPP DI NAGARI PANDAM GADANG KECAMATAN GUNUANG OMEH. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2343–2352. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1115
Paramansyah, A., Zamakhsari, A., & Ernawati, E. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka pada Anak Kelompok A di SPS Dahlia Jatisampurna Bekasi. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 3(1), 43–55. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v3i1.2176
Priyantoro, D. E., Ma’viyah, A., Im Hidayaturrohmah, N. ’, Risnawati, A., & Maulidya, D. (2020). The Role of the Family in Cultivating Islamic Moderation Value to Early Childhood. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 183–194.
Rini Aulia, O., & Adyna Movitaria, M. (2022). PENYELENGGARAAN LEMBAGA PAUD TENTANG PENDIDIKAN HOLISTIK INTEGRATIF DI NAGARI TARAM. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2363–2372. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1117
Rochani, D. (2023). Strategi Layanan PAUD Holistik Integratif dalam Memenuhi Kebutuhan Esensial Anak. Media Manajemen Pendidikan, 5(2), 320–332. https://doi.org/10.30738/mmp.v5i2.12053
Torous, J., Bucci, S., Bell, I. H., Kessing, L. V., Faurholt-Jepsen, M., Whelan, P., Carvalho, A. F., Keshavan, M., Linardon, J., & Firth, J. (2021). The growing field of digital psychiatry: current evidence and the future of apps, social media, chatbots, and virtual reality. World Psychiatry, 20(3), 318–335. https://doi.org/10.1002/wps.20883
Wasis, S. (2022). PENTINGNYA PENERAPAN MERDEKA BELAJAR PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD). Pedagogy : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2), 37–41. https://doi.org/10.51747/jp.v9i2.1078
Yenti, Y. (2021). Pentingnya Peran Pendidik dalam Menstimulasi Perkembangan Karakter Anak di PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2045–2051.