Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Perkembangan teknologi digital telah memberikan dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah pedesaan. Studi ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi terkait pemanfaatan media digital dalam memengaruhi perkembangan UMKM di Desa Prayungan dengan menggunakan pendekatan ABCD. Metode: Metode yang digunakan, yaitu metode ABCD sebagai pendekatan utama dalam menggali dan mengembangkan potensi Masyarakat UMKM Desa Prayungan. Hasil: Peningkatan ketrampilan dalam mengelola dan memasarkan produk dengan basis caption dan packaging yang menarik dalam media sosial bagi pelaku UMKM Desa Prayungan, yang berdampak pada peningkatan pendapatan dan pertumbuhan usaha. Kesimpulan: Sosialisasi penggunaan media digital berupa media sosial dan platform e-commerce telah membantu UMKM Desa Prayungan untuk mencapai lebih banyak pelanggan, meningkatkan pendapatan, dan mengembangkan bisnis mereka.

Keywords

E-commerce Media Digital UMKM Media Digital E Commerce Usaha Micro, Kecil dan Mennegah (UMKM)

Article Details

How to Cite
Fathoni, M. I. A., & Khoiriyah, S. (2023). Pemanfaatan Media Digital dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Desa Prayungan dengan Metode ABCD (Asset Based Community Development). Jurnal SOLMA, 12(3), 1237–1246. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.12846

References

  1. Abdul Karim, F. dan G. G. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Dengan Facebook Ads Bagi Pelaku UMKM Di Labuhanbatu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 2, 12–16.
  2. Abidin Achmad, Z., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah Dhilah Syifana, A., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31
  3. Adina Dwijayanti, P. P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 68–73. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/download/982/772
  4. Arif Pratama Marpaung. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. Prosiding Seminar Kewirausahaan, 2(1), 294–300.
  5. Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 68–75. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2408
  6. Farhani, I., & Chaniago, H. (2021). Faktor Penentu Transformasi Digital UMKM: Bukti dari Indonesia. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar , 1010–1015.
  7. Febriantoro, W. (2016). Kajian Dan Strategi Pendukung Perkembangan E-Commerce Bagi UMKM di Indonesia. Manajerial, 3(5), 184–207.
  8. Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi_Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive, 16(1), 32–41. https://doi.org/10.36618/competitive.v16i1.1171
  9. Hamzah, R. E., Citra, D., & Putri, E. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing oleh Pelaku UMKM di Kuningan Barat, Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 12. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/dianmas
  10. Lina, L. F., & Permatasari, B. (2020). Social Media Capabilities dalam Adopsi Media Sosial Guna Meningkatkan Kinerja UMKM. Jembatan : Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 227–238. https://doi.org/10.29259/jmbt.v17i2.12455
  11. Rafiah, K. K., & Kirana, D. H. (2019). Analisis Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Digital Bagi UMKM Makanan dan Minuman di Jatinangor. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(1), 188–198. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i1.45
  12. Rakanita, A. M. (2019). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Jutnal EKBIS, 20 (2), 1280–1289.
  13. Rengganawati, H., & Taufik, Y. (2020). Analisis Pelaksanaan Digital Marketing pada UMKM Tahu Rohmat di Kuningan. Komversal, 2(1), 28–50. https://doi.org/10.38204/komversal.v2i1.496
  14. Sagita, G., & Wijaya, Z. R. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen (EBISMEN), 1(3), 24–31. https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/EBISMEN/article/download/37/42/120
  15. Yahya Ibnu, Mustika, S. D., & Masa, P. (2021). Pelatihan Umkm Melalui Digital Marketing Untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 6–13. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v2i1.3602

Most read articles by the same author(s)