Main Article Content

Abstract

Background: Perkembangan teknologi digital telah memberikan dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Proses pembelajaran yang sudah mempertimbangkan aspek konten dan subtansi yang bermakna memerlukan alat evaluasi yang sesuai. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan pendampingan terkait pemanfaatan Aplikasi Wondershare Quiz Creator sebagai alat evaluasi pembelajaran PAI. Metode: Pengabdian ini menggunakan metode Service Learning, yang memberikan penekanan pada aspek praktis dengan mengacu pada konsep Experiental Learning. Hasil: Terjadi peningkatan keterampilan guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran PAI berbasis digital menggunakan aplikasi Wondershare Quiz Creator. Keterampilan-keterampilan ini termasuk kemampuan dalam pembuatan akun, penyusunan karakteristik soal, dan penguasaan aplikasi Wondershare Quiz Creator. Kesimpulan: Penyelenggaraan sosialisasi mengenai penyusunan instrumen evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI) berhasil dilaksanakan dengan baik. Kedua, sejumlah faktor mendukung kesuksesan sosialisasi ini, seperti tingkat antusiasme yang tinggi dari peserta dalam mengikuti program sosialisasi, keragaman konten yang disediakan oleh Wondershare Quiz Creator, dan efisiensi waktu dalam pelaksanaan kegiatan.

Keywords

Evaluasi Pendidikan Agama Islam Wondershare Quiz Creator Evaluation Islamic Education Wondershare Quiz Creator

Article Details

How to Cite
Khoiriyah, S., Ahmad Shofiyuddin, & Azmi, A. R. (2024). Optimalisasi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Wondershare Quiz Creator. Jurnal SOLMA, 13(1). https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.14247

References

Read More