Main Article Content

Abstract

Background: Terbatasnya pengetahuan dan lemahnya rasa percaya diri dapat membawa dampak negatif yang harus segera ditangani. Banyak anggota IPNU IPPNU, terutama yang baru, merasa gugup dan tidak percaya diri saat berbicara di depan umum. Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya pengalaman, rasa takut salah, atau merasa tidak cukup berpengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pelatihan literasi dalam meningkatkan kemampuan presentasi peserta. Metode: Metode yang digunakan meliputi Perencanaan, pelatihan dan pembinaan tindak lanjut hasil pelatihan. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan literasi memberikan dampak yang signifikan sebesar 80% terhadap peningkatan kepercayaan diri, kemampuan berbicara didepan publik, kemampuan menyusun struktur presentasi, dan kemampuan beradaptasi dengan berbagai situasi. Kesimpulan: Temuan ini mengindikasikan bahwa pelatihan literasi merupakan investasi yang penting bagi individu untuk meraih kesuksesan dalam dunia kerja yang semakin kompetitif.

Keywords

Literasi Pelatihan Public speaking Literacy Public speaking Training

Article Details

How to Cite
Khumaini, F., Khoiriyah, S., Nadhiva, W. K., & Elistina, E. (2025). Peningkatan Literasi Sebagai Upaya Optimalisasi Kemampuan Public Speaking Anggota IPNU-IPPNU. Jurnal SOLMA, 14(1), 1413–1422. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.17569

References

  1. Dyoty Auliya Vilda Ghasya. (2015). Urgensi Pengembangan Dimensi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pendekatan Sains, Teknologi Dan Masyarakat Dalam Menghadapi Tantangan Era Globalisasi. Visipena Journal, 7(2), 40–53. https://doi.org/10.46244/visipena.v7i2.308
  2. Hidayat, N. (2019). Pengaruh Dukungan Sosial dan Harapan terhadap Resiliensi Pada Remaja.
  3. Holland, E. P. (2019). Making sense of module feedback: accounting for individual behaviours in student evaluations of teaching. Assessment and Evaluation in Higher Education, 44(6), 961–972. https://doi.org/10.1080/02602938.2018.1556777
  4. Iswanto, A. (2018). Praktik Literasi Berbasis ‘Madrasah Riset’: Pelaksanaan Gerakan Literasi Di Mansa Yogyakarta. Al-Qalam, 24(2), 189. https://doi.org/10.31969/alq.v24i2.468
  5. Kresnadayanti, S., Program, P., Pendidikan, S., Fakultas Bahasa, S., & Seni, D. (2023). Kajian Interdisiplin: Telaah Seni Rupa dan Tari Melalui Akulturasu dan Teori Motivasi pada Tari Ronggeng Warak Karya Sekar Kemuning. In Jurnal of Islamic Art and Architecture (Vol. 1, Issue 2). https://journal.walisongo.ac.id/index.php/JIAA/index
  6. Krisnawati, W., Program, D., Manajemen, S., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2020). Pelatihan Etika Komunikasi dan Public Speaking untuk Para Perangkat Desa Pucung Balonpanggang Gresik. Journal of Community Service, 2(3).
  7. Kusumadinata, A. A., Hidayat, M. F., & Sumah, A. S. W. (2024). Pelatihan Public Speaking Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja Masjid Desa Cibitung Tengah. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 3(1), 20–26. https://doi.org/10.59025/js.v3i1.187
  8. Ngadi, F., & Anu, Z. (2020). Evaluasi Program Pelatihan Peningkatkan Kompetensi Pendidik Paud. Jambura Journal of Community Empowerment, 30–43. https://doi.org/10.37411/jjce.v1i2.571
  9. Nugroho Wachid. (2022). Profil penilaian Kognitif Online Materi Matriks Berbasis LMS Moodle. Majamath : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1).
  10. Oktavia, Y., Imam, M., Hairi, A., & Husda, N. E. (2024). Pelatihan Storytelling Dapat MeningkatkanSpeaking Skills dan Literasi Siswa. In Edisi Juli (Vol. 6, Issue 1).
  11. Riwayatiningsih, R., Wicaksono, A., & Puji, M. P. (2021). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Guru Bahasa Inggris di Kediri melalui Pelatihan Public Speaking (Vol. 1, Issue 2). Online.
  12. Sim, D., Brothers, M. C., Slocik, J. M., Islam, A. E., & ... (2022). Biomarkers and detection Platforms for human health and performance monitoring: A Review. Advanced …. https://doi.org/10.1002/advs.202104426
  13. Siswanto Hadi, D., Rahayu Alam, S., & Setiawan, A. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pengurus Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMA Muhammadiyah Melati melalui Pelatihan Public Speaking. In Jurnal Solusi Masyarakat Dikara (Vol. 4, Issue 2).
  14. Wijaya, S. H. B. (2020). LITERASI MEDIA SOSIAL DALAM FATWA KEAGAMAAN (Studi Deskriptif Fungsi Komunikasi Sosial Majelis Ulama Indonesia atas Fatwa KeagamaanNo. 24/2017 tentang Literasi Media Sosial). Jurnal Ilmiah Media, Public Relations, Dan Komunikasi (IMPRESI), 1(1), 39. https://doi.org/10.20961/impresi.v1i1.41308
  15. Wulandari, T., Hartawan, Y., Intan, N., Rakan, K., & Dirgana, T. (2024). Komunikasi Efektif Melalui Public Speaking Dalam Meningkatkan Kemampuan Soft Skill Siswa Zilenial SMA Negeri Bandung. In Jurnal Media Pengabdian Komunikasi (Vol. 4, Issue 1). http://sman20bdg.sch.id,
  16. Yuli Kwartolo. (2010). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur, No 14(14), 15–22.