Main Article Content

Abstract

Background: Bites Baker Malang adalah bisnis UMKM yang membuat kue, terutama brownies. Karena produknya cukup diminati pelanggan, bisnis tersebut cukup memiliki potensi dalam perjalanan usahanya.  Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan penjualan pada UMKM Kue Biter Baker Malang. Metode: Metode pengabdian yang digunakan adalah observasi, pendampingan dan evaluasi. Hasil: Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa Biter Biker, produk UMKM menarik bagi pecinta kue, tetapi diperlukan inovasi untuk meningkatkan penjualan. Lokasi harus dapat diakses dengan mudah. Harga sangat terjangkau. Promosi sudah bekerja secara efektif di internet. Kesimpulan: Pengembangan dan peningkatan UMKM Biter Baker melalui strategi pengembangan pemasaran membutuhkan pendampingan yang lebih konsisten.

Keywords

Bauran Pemasaran Penjualan Strategi UMKM Bauran Pemasaran Penjualan Strategi UMKM

Article Details

How to Cite
Abidin, Z., Mardani, R. M., & Salim, A. (2025). Penerapan Strategi Bauran Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan UMKM Kue Bites Baker Malang. Jurnal SOLMA, 14(2), 2164–2170. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18898

References

  1. Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (AKUMINDO). 2018. Indonesia dalam angka. Jakarta: Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (AKUMINDO).
  2. Bariqi, Muhammad Darari. (2018). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 5(2). 64-69. https://doi.org/10.21107/jsmb.v5i2.6654
  3. Departemen koperasi & UKM. 2008. Komposisi PDB Menurut Kelompok Usaha. (www.Departemen koperasi.go.id). Diakses tanggal 25 Januari 2020.
  4. Dinas Koperasi, Perindustrian, dan perdagangan Kota Malang, 2018
  5. Danupranata, Gita. 2015. Manajemen Perbankan Syariah . Jakarta : Salemba Empat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
  6. Faitihudin . D & Anang . F. 2019. Pemasaran Jasa (Strategi Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta : CV Budi Utama.
  7. Haeruddin, M. I. M., Natsir, U. D., Aslam, A. P., Aswar, N. F., & Mustafa, M. (2023). When Love and Hate Collide: The Influence of Conflict on Employees' Turnover Intention. Asian Journal of Economics, Business and Accounting, 23(7), 16-27. https://doi.org/10.9734/ajeba/2023/v23i7942
  8. Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
  9. Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: An Asian Perspective. London: Pearson.
  10. Kalalo, J. M., Moniharapon, S., & Soegoto, A. S. (2021). Analisis Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Produk Amanah Pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Wonasa. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(1).
  11. Kusuma, S. A., Sabirin, A., Shihab, F. M., Jibriyanti, J., & Erlangga, M. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Volume Penjualan dengan Sales Report Data PT. Gudang Garam Tbk (2018-2022). Southeast Asia Journal of Business, Accounting, and Entrepreneurship, 1(1), 46-53. https://dailymakassar.id/ejournal/index.php/sains/article/view/11
  12. Limanseto Haryo (2022) Kembangkan Ketangguhan Sektor Pertanian, Indonesia Raih Penghargaan dari International Rice Research Institute, www.ekon.go.id. Available at: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4443/kembangkan-ketangguhan sektor-pertanian-indonesia-raih-penghargaan-dari-international-riceresearch-institute (Accessed: 10 July 2023).
  13. Mania, s. (2017). Observasi sebagai alat evaluasi dalam dunia pendidikan dan pengajaran. Lentera pendidikan : jurnal ilmu tarbiyah dan keguruan, 11(2), 220-233. Https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7
  14. Rahmawati, Evi & Kisworo, Bagus. (2017). Peran Pendamping Dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui program Keluarga harapan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2). 161-169. https://doi.org/10.15294/jnece.v1i2.16271
  15. Stanton, William J. 2013. Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa oleh Buchari Alma. Jilid Satu. Edisi Kesepuluh. Jakarta : Erlangga.
  16. Widoyoko, Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran.
  17. Yushar, M. M., Abdi, A., Nurlaely, R., Dewi, A. A., Riwayat, A. R., & Nurjannah, N. (2023). The Rise of Skywalker: The Critical Vehemence of Customer Loyalty inside the E-commerce Platform. Asian Journal of Education and Social Studies, 41(2), 57–67. https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v41i28937Sulaemanetal