Main Article Content

Abstract

Banyak siswa yang mengalami kesulitan saat menulis kalimat. Hal ini membuat banyak ketidakefektifan dalam penulisannya.Tujuan penelitian ini menganalisis mengupas keefektifan kalimat yang digunakan berdasarkan sepadanan, keparalelan, kehematan, kecermatan, maupun kelogisan dan keefektifan kalimat apa yang lebih banyak muncul pada karangan siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penggunaaan deskriptif kualitatif untuk memaparkan penggunaan keefektifan kalimat dalam karangan yang dibuat siswa. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kalimat-kalimat yang disusun siswa dalam karangan yang dibuatnya mengandung ketidakefektifan kalimat dari segi kesepadanan, keparalelan, kehematan, kecermatan, maupun kelogisan. Dari segi kesepadanan terdapat ketidakefektifan kalimat berdasarkan struktur, subjek ganda, dan konjungsi antarkalimat. Dari segi keparalelan terdapat ketidakefektifan kalimat berdasarkan bentuk nomina, verb, dan adjectiva. Dari segi kehematan terdapat ketidakefektifan kalimat berdasarkan kata jamak, kata sinonim, dan pengulangan subjek. Dari segi kecermatan terdapat ketidakefektifan kalimat berdasarkan ejaan, tanda baca, ungkapan dan lain-lain. Dari segi kelogisan terdapat ketidakefektifan kalimat berdasarkan kelogisan makna. Ketidakefektifan kalimat yang paling dominan muncul dalam karangan siswa ialah kehematan kata. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penggunaan kalimat efektif yang disusun siswa dalam karangannya masih begitu lemah dalam hal kehematan kata.


Kata kunci: Keefektifan kalimat; Karangan; Siswa; SMP

Keywords

Keefektifan kalimat; Karangan; Siswa; SMP

Article Details

How to Cite
Ibrahim, N., Qura, U., & Hidayatullah, A. (2021). Keefektifan Kalimat pada Karangan Siswa Kelas VIII SMP Islam Daar El Arqam. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 131–139. https://doi.org/10.22236/imajeri.v3i2.6588