Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran gambar berseri terhadap keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas VIISMP Negeri 24 Jakarta Timur. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah pra eksperimen, desain penelitian yang digunakan yaitu perbandingan grup. Sampel penelitian ini meliputi 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Uji normalitas dilakukan dengan Uji Liliefors. Untuk kelas eksperimen didapat Lo maksimal yaitu 0,1228. Sedangkan di kelas kontrol didapat Lo maksimal yaitu 0,1151, sedangkan Ltabel pada taraf signifikansi 0,05 didapat Ltabel maksimal sebesar 0,161. Perhitungan uji normalitas dengan menggunakan liliefors dapat dirangkum dalam tabel sebagai berikut. Disimpulkan bahwa ke dua kelas Lo< Ltabel. Maka sampel berdistribusi normal. Pengujian homogenitas dilakukan dengan uji Fisher didapatkan Fhitung 1,50 dan Ftabel 1,87 pada taraf signifikansi 0,05, karena Fhitung ≤ Ftabel sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut adalah homogen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa SMP Negeri 24 Jakarta Timur. Pada kelas yang dikenakan perlakuan media gambar berseri, diperoleh nilai rata-rata sebesar 83, sedangkan pada kelas yang tidak diberikan perlakuan media gambar berseri diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,9. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis, menunjukan koefisien thitung 2,99 dan koefisien ttabel untuk jumlah 60 peserta didik sebesar 2,002. Karena thitung> ttabel maka Ho ditolak dan Hi diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis deskripsi di kelas yang menggunakan media gambar berseri lebih baik daripada keterampilan menulis deskripsi tanpa menggunakan media gambar berseri