Main Article Content
Abstract
Background: Pendidikan yang dilakukan secara kelompok merupakan pilar utama dalam memperkuat fondasi sosial. Salah satu bentuk nyata dari upaya tersebut adalah melalui program bimbingan kelompok yang bertujuan untuk memberdayakan anggota masyarakat dalam mencapai potensi optimal mereka. Tujuan kegiatan bimbingan kelompok dengan topik pemahaman lintas budaya yaitu mengedukasi, melatih, mengoptimalkan potensi berpendapat serta melayani warga lokal Pulau Pari. Metode: Bimbingan Kelompok difokuskan kepada ibu ibu RT 01 dan siswa sekolah Satu Atap Pulau Pari. Bimbingan kelompok (BKP) dilaksanakan sebanyak 1 kali pertemuan setiap sesi di sekolah satu atap pulau pari dan pesisir pantai pulau pari dengan topik pemahaman lintas budaya. Kegiatan bimbingan kelompok di pulau pari terdiri dari 1 metode yaitu pendidikan masyarakat. Instrumen yang digunakan untuk melihat hasil pemahaman peserta dengan memberikan Evaluasi Proses BKP,dan juga Evaluasi Hasil BKP. Hasil: Peserta BKP yang hadir dengan jumlah 12 orang (Remaja 15-18 tahun), 12 orang (Kelompok Ibu). Hasil yang dilihat pada link goggle form evaluasi BKP peserta mengetahui, memahami melestarikan budaya dan menghargai perbedaan budaya. Selain itu, anggota kelompok memperluas pengalaman seseorang dari pendapat peserta lainnya. Kesimpulan: Memiliki pemahaman lintas budaya pada peserta setelah dilakukannya kegiatan Bimbingan kelompok.
Keywords
Article Details
References
- Elisa, Jenny, Siti. (2023). Mewujudkan Persatuan Bangsa dengan Sikap Saling Menghargai Budaya antara Suku Berdasarkan Nilai Luhur Bhineka Tunggal Ika. Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan. 2 (2), 7-8.
- Ghofur, M.A. (2022). Pengertian Bimbingan Kelompok, Tujuan dan Manfaatnya. Sumber: https://maglearning.id/2022/10/10/pengertian-bimbingan-kelompok-tujuan-dan-manfaatnya/ Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. http://repository.umsu.ac.id/bitstream/handle/123456789/7790/SKRIPSI%20DIMAS.pdf?sequence=1
- Fernandez, D., Merina, M., & Susilo, S. (2020). Pelatihan Teknik Sitasi dan Pencarian Referensi untuk Meningkatkan Publikasi Ilmiah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Jurnal SOLMA, 9(1), 113–120. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4049
- Hartanti, Janju. (2015). Bimbingan Kelompok. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. 4 (3), 49-58.
- Hawayana, S.F. (2020). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Peningkatan Percaya Diri Siswa Kelas X SMA Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. http://repository.umsu.ac.id/bitstream/handle/123456789/14370/SKRIPSI%20SINDI%20.pdf?sequence1
- Indrawan, D.A. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Positif Pada Siswa Kelas X SMA Harapan Mekar Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. http://repository.umsu.ac.id/bitstream/handle/123456789/7790/SKRIPSI%20DIMAS.pdf?sequence=1
- Indriani, Dini. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Literasi Budaya Untuk Meningkatkan Nilai Moral Religius Pada Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 3 Kota Tegal Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal. https://core.ac.uk/download/pdf/322774921.pdf
- Izzah, Novia Iffatul. (2020). Urgensi Pendidikan Multikultural Di Indonesia Dalam Pendidikan Agama Islam. Al Hikmah: Journal of Education. 1 (1). 35-46.
- Kusherdyana, R. (2020). Pengertian Budaya, Lintas Budaya, dan Teori yang Melandasi Lintas Budaya. Journal: Pemahaman Lintas Budaya. 1-63.
- Mahagangga, I Gusti Agung Oka; Nugroho, Saptono. Pemahaman Lintas Budaya dalam Kepariwisataan. 2017. Bali: Fakultas Pariwisata Universitas Udayana. 8. 1-17.
- Nahak, Hildgardis M.I. (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara. 1 (5). 65-76
- Puluhulawa, Meiske Djibran, Moh. Rizki Pautina, Mohamad Rizal. (2017). Layanan bimbingan kelompok dan pengaruhnya terhadap self-esteem siswa. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis, 4–6.
- R. Rismi, M. Yusuf, F. Firman. (2022). Bimbingan kelompok untuk mengembangkan pemahaman nilai budaya siswa. Journal of Counseling, Education and Society. 1 (3), 17.
- Silondae, D.P. (2013). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai Budaya Suku Tolaki untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Universitas Negeri Semarang. 2 (3). 6.
- Suminar, S. R. (2018). Bahan Ajar Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling Kelompok. Studocu.com, 13(3), 25–28.
- Susilo, S., & Amirullah, G. (2018). Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(1), 127–137. https://doi.org/10.29405/solma.v7i1.2380
- Yurika, R.E, Rahmat, H.K, Widyastuti, C. (2022). Integrasi Layanan Bimbingan dan Konseling dengan Kurikulum Berbasis Budaya Yogyakarta untuk Membangun Cultural Awareness. NCESCO: National Conference on Educational Science and Counseling. 1 (2), 67-78.
References
Elisa, Jenny, Siti. (2023). Mewujudkan Persatuan Bangsa dengan Sikap Saling Menghargai Budaya antara Suku Berdasarkan Nilai Luhur Bhineka Tunggal Ika. Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan. 2 (2), 7-8.
Ghofur, M.A. (2022). Pengertian Bimbingan Kelompok, Tujuan dan Manfaatnya. Sumber: https://maglearning.id/2022/10/10/pengertian-bimbingan-kelompok-tujuan-dan-manfaatnya/ Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. http://repository.umsu.ac.id/bitstream/handle/123456789/7790/SKRIPSI%20DIMAS.pdf?sequence=1
Fernandez, D., Merina, M., & Susilo, S. (2020). Pelatihan Teknik Sitasi dan Pencarian Referensi untuk Meningkatkan Publikasi Ilmiah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Jurnal SOLMA, 9(1), 113–120. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4049
Hartanti, Janju. (2015). Bimbingan Kelompok. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. 4 (3), 49-58.
Hawayana, S.F. (2020). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Peningkatan Percaya Diri Siswa Kelas X SMA Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. http://repository.umsu.ac.id/bitstream/handle/123456789/14370/SKRIPSI%20SINDI%20.pdf?sequence1
Indrawan, D.A. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Positif Pada Siswa Kelas X SMA Harapan Mekar Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. http://repository.umsu.ac.id/bitstream/handle/123456789/7790/SKRIPSI%20DIMAS.pdf?sequence=1
Indriani, Dini. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Literasi Budaya Untuk Meningkatkan Nilai Moral Religius Pada Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 3 Kota Tegal Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal. https://core.ac.uk/download/pdf/322774921.pdf
Izzah, Novia Iffatul. (2020). Urgensi Pendidikan Multikultural Di Indonesia Dalam Pendidikan Agama Islam. Al Hikmah: Journal of Education. 1 (1). 35-46.
Kusherdyana, R. (2020). Pengertian Budaya, Lintas Budaya, dan Teori yang Melandasi Lintas Budaya. Journal: Pemahaman Lintas Budaya. 1-63.
Mahagangga, I Gusti Agung Oka; Nugroho, Saptono. Pemahaman Lintas Budaya dalam Kepariwisataan. 2017. Bali: Fakultas Pariwisata Universitas Udayana. 8. 1-17.
Nahak, Hildgardis M.I. (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara. 1 (5). 65-76
Puluhulawa, Meiske Djibran, Moh. Rizki Pautina, Mohamad Rizal. (2017). Layanan bimbingan kelompok dan pengaruhnya terhadap self-esteem siswa. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis, 4–6.
R. Rismi, M. Yusuf, F. Firman. (2022). Bimbingan kelompok untuk mengembangkan pemahaman nilai budaya siswa. Journal of Counseling, Education and Society. 1 (3), 17.
Silondae, D.P. (2013). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai Budaya Suku Tolaki untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Universitas Negeri Semarang. 2 (3). 6.
Suminar, S. R. (2018). Bahan Ajar Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling Kelompok. Studocu.com, 13(3), 25–28.
Susilo, S., & Amirullah, G. (2018). Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(1), 127–137. https://doi.org/10.29405/solma.v7i1.2380
Yurika, R.E, Rahmat, H.K, Widyastuti, C. (2022). Integrasi Layanan Bimbingan dan Konseling dengan Kurikulum Berbasis Budaya Yogyakarta untuk Membangun Cultural Awareness. NCESCO: National Conference on Educational Science and Counseling. 1 (2), 67-78.