Main Article Content

Abstract

Background: Pendidikan yang dilakukan secara kelompok merupakan pilar utama dalam memperkuat fondasi sosial. Salah satu bentuk nyata dari upaya tersebut adalah melalui program bimbingan kelompok yang bertujuan untuk memberdayakan anggota masyarakat dalam mencapai potensi optimal mereka. Tujuan kegiatan bimbingan kelompok dengan topik pemahaman lintas budaya yaitu mengedukasi, melatih, mengoptimalkan potensi berpendapat serta melayani warga lokal Pulau Pari. Metode: Bimbingan Kelompok difokuskan kepada ibu ibu RT 01 dan siswa sekolah Satu Atap Pulau Pari. Bimbingan kelompok (BKP) dilaksanakan sebanyak 1 kali pertemuan setiap sesi di sekolah satu atap pulau pari dan pesisir pantai pulau pari dengan topik pemahaman lintas budaya. Kegiatan bimbingan kelompok di pulau pari terdiri dari 1 metode yaitu pendidikan masyarakat. Instrumen yang digunakan untuk melihat hasil pemahaman peserta dengan memberikan Evaluasi Proses BKP,dan juga Evaluasi Hasil BKP. Hasil: Peserta BKP yang hadir dengan jumlah 12 orang (Remaja 15-18 tahun), 12 orang (Kelompok Ibu). Hasil yang dilihat pada link goggle form evaluasi BKP peserta mengetahui, memahami melestarikan budaya dan menghargai perbedaan budaya. Selain itu, anggota kelompok memperluas pengalaman seseorang dari pendapat peserta lainnya. Kesimpulan: Memiliki pemahaman lintas budaya pada peserta setelah dilakukannya kegiatan Bimbingan kelompok.

Keywords

Anak-anak Bahasa Inggris Pembelajaran Remaja

Article Details

How to Cite
Kasyfillah, M., Amirullah, G., & Siswanto, R. D. (2024). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Mengenai Pemahaman Lintas Budaya di Pualu Pari Kepulauan Seribu Selatan RT 01. AbdimasMu, 1(1), 29–35. https://doi.org/10.22236/adm.v1i1.15540

References

Read More