Main Article Content

Abstract

Background: Pembelajaran bahasa Inggris (English Club) berperan penting dalam upaya untuk memperkenalkan bahasa inggris bagi anak-anak dan remaja (tour guide) dalam menghadapi Tourist dari luar negeri, dan melatih kemampuan berbicara dasar bagi anak-anak.  English Club dapat diartikan sebagai jasa pendidikan atau praktik belajar. Metode: English Club diharapkan dapat meningkatkan minat dan ketertarikan siswa dan tour guide dalam belajar bahasa inggris. Pembelajaran English Club dengan metode yang berbeda dengan pendidikan formal pada umumnya, dimana pembelajaran English club lebih kepada praktik sambil bermain menggunakan drawing book untuk siswa kelas 4, dan menggunakan Google Translate Voice untuk tour guide. Hasil: siswa-siswi SD kelas 4 mengenal dan mengetahui kosa-kata dasar Bahasa Inggris, dan memberikan kesadaran bahwa belajar Bahasa Inggris itu menyenangkan. Kesimpulan: Pelaksanaan kegiatan English Club berjalan sesuai target dan sasaran yang telah direncanakan sebelumnya. Sehingga pembelajaran Bahasa Inggris ini akan sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi siswa-siswi SD kelas 4 dan Tour Guide Pulau Pari.

Keywords

Anak anak Bahasa Inggris Pembelajaran Remaja

Article Details

Author Biography

Aldi Riyansyah, Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Bogor Raya, Ciaruteun Ilir, Kab. Bogor, Indonesia, 16630

Background: Pembelajaran bahasa Inggris (English Club) berperan penting dalam upaya untuk memperkenalkan bahasa inggris bagi anak-anak dan remaja (tour guide) dalam menghadapi Tourist dari luar negeri, dan melatih kemampuan berbicara dasar bagi anak-anak.  English Club dapat diartikan sebagai jasa pendidikan atau praktik belajar. Metode: English Club diharapkan dapat meningkatkan minat dan ketertarikan siswa dan tour guide dalam belajar bahasa inggris. Pembelajaran English Club dengan metode yang berbeda dengan pendidikan formal pada umumnya, dimana pembelajaran English club lebih kepada praktik sambil bermain menggunakan drawing book untuk siswa kelas 4, dan menggunakan Google Translate Voice untuk tour guide. Hasil: siswa-siswi SD kelas 4 mengenal dan mengetahui kosa-kata dasar Bahasa Inggris, dan memberikan kesadaran bahwa belajar Bahasa Inggris itu menyenangkan. Kesimpulan: Pelaksanaan kegiatan English Club berjalan sesuai target dan sasaran yang telah direncanakan sebelumnya. Sehingga pembelajaran Bahasa Inggris ini akan sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi siswa-siswi SD kelas 4 dan Tour Guide Pulau Pari.

How to Cite
Riyansyah, A., Amirullah, G., & Karsiwan, W. (2024). English Club Sebagai Pembelaharan Bahasa Inggris di Pulau Pari. AbdimasMu, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.22236/adm.v1i1.15551

References

Read More