Main Article Content

Abstract

Background: Ecoprint merupakan kegiatan pencetakan motif pada kain dengan menggunakan bahan alami yang dilakukan secara manual. Teknik Ecoprint merupakan salah satu kegiatan pengenalan kepada para siswa SD tentang pemanfaatan limbah daun yang dapat dijadikan suatu produk kerajinan. Adapun tujuan kegiatan pengenalan ecoprint adalah memberikan pengetahuan serta meningkatkan keterampilan para siswa dalam memanfaatkan potensi tumbuhan yang berada disekitar sekolah. Metode: Metode yang digunakan adalah ceramah, demontrasi dan praktik. Hasil: Hasil akhir dari kegiatan pengenalan Ecoprint siswa mampu mencetak motif daun ataupun bunga diatas kain sesuai kretivitas masing-masing siswa. Kesimpulan: Siswa mempunyai keterampilan tambahan dalam memanfaatkan penggunaan bahan alam menjadi produk ecoprint.

Keywords

Ecoprint Kreativitas Ramah Lingkungan Teknik Pounding

Article Details

Author Biography

Khusnul Fadia Azzahra, Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jl. Tanah Merdeka, Jakarta Timur, Indonesia, 13830

Background: Ecoprint merupakan kegiatan pencetakan motif pada kain dengan menggunakan bahan alami yang dilakukan secara manual. Teknik Ecoprint merupakan salah satu kegiatan pengenalan kepada para siswa SD tentang pemanfaatan limbah daun yang dapat dijadikan suatu produk kerajinan. Adapun tujuan kegiatan pengenalan ecoprint adalah memberikan pengetahuan serta meningkatkan keterampilan para siswa dalam memanfaatkan potensi tumbuhan yang berada disekitar sekolah. Metode: Metode yang digunakan adalah ceramah, demontrasi dan praktik. Hasil: Hasil akhir dari kegiatan pengenalan Ecoprint siswa mampu mencetak motif daun ataupun bunga diatas kain sesuai kretivitas masing-masing siswa. Kesimpulan: Siswa mempunyai keterampilan tambahan dalam memanfaatkan penggunaan bahan alam menjadi produk ecoprint.

How to Cite
Azzahra, K. F., & Amirullah, G. (2024). Pengenalan Cetak Motif Alam Berbasis Bahan Alami dengan Teknik Ecoprint. AbdimasMu, 1(1), 91–95. https://doi.org/10.22236/adm.v1i1.15550

References

  1. Endayani, T., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al - Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155
  2. Faridatun, F. (2022). Ecoprint; Cetak Motif Alam Ramah Lingkungan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1), 230.
  3. Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusari, 4(2), 1143–1155.
  4. Fernandez, D., Merina, M., & Susilo, S. (2020). Pelatihan Teknik Sitasi dan Pencarian Referensi untuk Meningkatkan Publikasi Ilmiah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Jurnal SOLMA, 9(1), 113–120. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4049
  5. Hikmah, A. R., & Retnasari, D. (2021). Ecoprint Sebagai Alternatif Peluang Usaha Fashion Yang Ramah Lingkungan. Universitas Negeri Yogyakarta, 6(1), 1–5.
  6. Neksidin, Fahrudin, A., & Krisanti, M. (2021). Keberlanjutan Pengelolaan Wisata Bahari di Pulau Pari, Kabupaten Kepulauan Seribu. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 26(2), 284– 291. https://doi.org/10.18343/jipi.26.2.284
  7. Nurhaliza, Lestari, E. T., & Irawani, F. (2021). Analisis Metode Ceramah dalam Pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Jurnal Pendidikan Sejarah, Budaya Sosial, 1(2), 11–19.
  8. Setiawan, G., & Kurnia, E. D. N. (2022). Evolusi Eco Print: Pengembangan Desain Dan Motif. Corak, 10(2), 213–224. https://doi.org/10.24821/corak.v10i2.5638
  9. Susanto, N. C. A., Latief, M., Puspitasari, R. D., Bemis, R., & Heriyanti, H. (2021). Pengenalan ecoprint guna meningkatkan keterampilan siswa dalam pemanfaatan bahan alam. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 111. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.8974
  10. Susilo, S., & Amirullah, G. (2018). Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(1), 127–137. https://doi.org/10.29405/solma.v7i1.2380
  11. Wilda, S., Putri, D., Marlisa, W., & Arifin, Z. (2023). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Teknik Ecoprint. PAUD Lectura: Journal of Early Childhood Education, 6(2), 82–91. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v
  12. Zarkasi, M. S., & Tri Suwasono, B. (2022). Teknik Pounding Pada Ecoprint Sebagai Sumber Isnpirasi Dalam Penciptaan Karya Seni Grafis Abstraksi Wayang. Acintya : Jurnal Penelitian Seni Budaya, 14(1), 53–65. https://doi.org/10.33153/acy.v14i1.4327