Main Article Content

Abstract

Background: Jurnal ini membahas tentang pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris anak-anak sekolah dasar di Pulau Pari. Metode: Fokus utama kegiatan adalah memberikan pelatihan bahasa Inggris kepada anak-anak sekolah dasar kelas 4 di SD 1 Atap Pulau Pari. Program ini menggunakan metode Pendidikan Masyarakat dan English Class Berbasis Drawing Book untuk memunculkan minat dan motivasi dalam belajar bahasa Inggris sejak dini. Hasil: Menunjukkan dampak positif, karena peserta berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan berbahasa Inggris, serta menumbuhkan minat dan rasa suka terhadap bahasa Inggris. Kesimpulan: Program ini berhasil memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Pulau Pari dalam menghadapi tantangan globalisasi dan pertumbuhan pariwisata.

Keywords

Bahasa Inggris Minat Belajara Program Pengabdian Siswa Sekolah Dasar

Article Details

How to Cite
Laksana, K. N., Handayani, S. L., & Amirullah, G. (2024). Pelatihan Bahasa Inggris Kepada Anak-anak Sekolah Dasar Kelas 4 SD 01 Atap Pulau Pari. AbdimasMu, 1(1), 83–90. https://doi.org/10.22236/adm.v1i1.15549

References

  1. Abdillah, A., Mastuti, A. G., Rijal, M., & Sehuwaky, N. (2022). Islamic Integrated Information Communication Technology Mathematics Learning Model For Students’ Creativity And Environmental Awareness. Jtam (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 6(1), 194. https://doi.org/10.31764/jtam.v6i1.5755
  2. Andriani, D. G., Anggraini, D., & Afersa, M. (2022). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak-Anak Dengan Nyanyi Di Taman Kanak-Kanak (Tk) Tartila Padang. Nasyatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://api.semanticscholar.org/corpusid:257606253
  3. Ardiantari, I. A. P. G., Regina, P., & Pratiwi, Y. (2023). Penyusunan Rencana Perjalanan Oleh Pemandu Wisata Lokal , Kelompok Sadar Wisata , Di Desa Wisata Tista. 8(2), 135–140.
  4. Barreira, R. (2021). Black Book Blackboard Black Book: A Drawing-Based Strategy For Knowledge Transfer. Discover Intellect’s Journal Collections, 6(2), 363–375.
  5. Darmayanti, D. (2022). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Metode Pengajaran Variatif Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri Kota Baubau. Swarna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 256–263. https://doi.org/10.55681/swarna.v1i3.120
  6. Fernandez, D., Merina, M., & Susilo, S. (2020). Pelatihan Teknik Sitasi dan Pencarian Referensi untuk Meningkatkan Publikasi Ilmiah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Jurnal SOLMA, 9(1), 113–120. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4049
  7. Fernandes, M. A., Wammes, J. D., & Meade, M. E. (2018). The Surprisingly Powerful Influence Of Drawing On Memory. Current Directions In Psychological Science, 27(5), 302–308. https://doi.org/10.1177/0963721418755385
  8. Haerazi, H., Prayati, Z., & Vikasari, R. M. (2019). Practicing Contextual Teaching And Learning (Ctl) Approach To Improve Students� Reading Comprehension In Relation To Motivation. English Review: Journal Of English Education, 8(1), 139. https://doi.org/10.25134/erjee.v8i1.2011
  9. Ingalhalikar, M., Smith, A., Parker, D., Satterthwaite, T. D., Elliott, M. A., Ruparel, K., Hakonarson, H., Gur, R. E., Gur, R. C., & Verma, R. (2014). Sex Differences In The Structural Connectome Of The Human Brain. Proceedings Of The National Academy Of Sciences Of The United States Of America, 111(2), 823–828. https://doi.org/10.1073/pnas.1316909110
  10. Jaya, A. (2021). Memahami Perbedaan Seni Budaya Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Sitakara. https://api.semanticscholar.org/corpusid:239650705
  11. Jendra, I. W., Harisal, H., Kanah, K., & Astuti, N. W. W. (2023). Pengajaran Bahasa Asing Bagi Pelaku Pariwisata Di Pantai Melasti, Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Bhakti Persada, 9(1), 59–66. https://doi.org/10.31940/bp.v9i1.59-66
  12. Prihatini Ishak, R., & Simanihuruk, M. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Pokdarwis Dalam Rangka Mendukung Pengembangan Desa Wisata Di Desa Sukajadi Bogor. Academic In Action Journal Of Community Empowerement, 3(1).
  13. Sujaya, N. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris Untuk Tour Guide Di Kelurahan Semarapura Kaja Dalam Rangka Pengembangan Pariwisata Terintegrasi. Linguistic Community Services Journal, 2(1), 30–37. https://doi.org/10.55637/licosjournal.2.1.3134.30-37
  14. Sumarta, R., Riyanto, B., Budiarte, A., & Hidayatullah, M. A. I. (2023). Pengaruh Motivasi Dan Sikap Taruna Terhadap Bahasa Inggris Dan Ukuran Kosakatanya. Jpb : Jurnal Patria Bahari. https://api.semanticscholar.org/corpusid:257597666
  15. Susilo, S., & Amirullah, G. (2018). Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(1), 127–137. https://doi.org/10.29405/solma.v7i1.2380
  16. Tari, D. K., & Rosana, D. (2019). Contextual Teaching And Learning To Develop Critical Thinking And Practical Skills. Journal Of Physics: Conference Series, 1233(1), 12102. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012102
  17. Ummulkhair, H. N., Amalia, A. R., & Sutisnawati, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Game Vocabulary Quiz Terhadap Kosakata Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://api.semanticscholar.org/corpusid:252085036