Main Article Content
Abstract
Background: Salah satu bentuk sarana yang dapat menunjang dan melatih potensi yang dimili oleh anak-anak di taman baca Al-Fikri ialah dengan melakukan kegiatan kreativitas tanpa batas. Mengembangkan potensi kreativitas yang dimiliki oleh anak-anak ditaman baca al fikti pulau pari serta memanfaatkan sumber daya laut yang ada agar dapat dijadikan suatu karya Metode: Praktik membuat karya seni dari bahan flannel dan kerang diikuti oleh 40 anak di taman bacaan Al-Fikri sebagai metode dalam pengabdian ini. Karya seni yang paling menarik ditampilkan sebagai bentuk apresiasi kepada peserta. Adapun pengambilan data yang digunakan yaitu fenomenologi yang cenderung pada penilaian observasi dan wawancara pada sumber yang menjadi pembimbing taman baca Al-Fikri. Hasil: anak-anak di taman bacaAl-fikri memiliki potensi yang cukup tinggi dalam mengembangkan kreatifitas yang dimiliki. Tapi memang perlu adanya sedikit dorongan motivasi serta arahan untuk dapat mengembangakn kreativitas pada anak-anak ditaman baca Al-fikri. Kesimpulan: menunjukan adanya potensi yang dimiliki anak-anak di taman baca Al-Fikri yang memang perlu dikembangkan dan diarahkan agar tetap terus berjalan sehingga tercapainya salah satu tujuan kegiatan ini yaitu memanfaatkan suber daya alam yaitu kerang yang ada di Pulau Pari.
Keywords
Article Details
References
- Erzad, A. M. (2018). Peran orang tua dalam mendidik anak sejak dini di lingkungan keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414-431.
- Fernandez, D., Merina, M., & Susilo, S. (2020). Pelatihan Teknik Sitasi dan Pencarian Referensi untuk Meningkatkan Publikasi Ilmiah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Jurnal SOLMA, 9(1), 113–120. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4049
- Rachmawati, Y. (2012). Strategi pengembangan kreativitas pada anak. Prenada Media.
- Tim Pustaka Familia, Warna-warni Kecerdasan Anak dan Pendampingannya, Yogyakarta: Kanisius, 2006.
- Khairiyah Husain Thaha, Ibu Ideal: Peranannya dalam mendidik dan Membangun Potensi Anak, Surabaya: Risalah Gusti, 2009
- Gunarsa, S. D. (2008). Psikologi perkembangan anak dan remaja. BPK Gunung Mulia
- Susilo, S., & Amirullah, G. (2018). Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(1), 127–137. https://doi.org/10.29405/solma.v7i1.2380
References
Erzad, A. M. (2018). Peran orang tua dalam mendidik anak sejak dini di lingkungan keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414-431.
Fernandez, D., Merina, M., & Susilo, S. (2020). Pelatihan Teknik Sitasi dan Pencarian Referensi untuk Meningkatkan Publikasi Ilmiah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Jurnal SOLMA, 9(1), 113–120. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4049
Rachmawati, Y. (2012). Strategi pengembangan kreativitas pada anak. Prenada Media.
Tim Pustaka Familia, Warna-warni Kecerdasan Anak dan Pendampingannya, Yogyakarta: Kanisius, 2006.
Khairiyah Husain Thaha, Ibu Ideal: Peranannya dalam mendidik dan Membangun Potensi Anak, Surabaya: Risalah Gusti, 2009
Gunarsa, S. D. (2008). Psikologi perkembangan anak dan remaja. BPK Gunung Mulia
Susilo, S., & Amirullah, G. (2018). Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(1), 127–137. https://doi.org/10.29405/solma.v7i1.2380