Main Article Content

Abstract

Background: Kepulauan Pari merupakan target mitra pada program Kuliah Kerja Nyata Bahari pada tanggal 18-30 Juni 2023, dan terkenal dengan destinasi wisatanya yaitu Pantai Pasir Perawan yang dapat menjadi potensi dalam membantu perekonomian pesisir. Namun keunggulan tersebut perlu dimanfaatkan juga untuk meningkatkan perekonomian pada produk lokal lainnya. Tujuan disini untuk membantu mitra dalam kreatifitas packaging produk agar dapat menarik peminat konsumen atau sebagai label makanan khas Pulau Pari dan mitra dapat menambah wawasan dalam aktivitas penjualan online dari hasil produk lokalnya. Metode: Metode yang digunakan pada kegiatan ini yaitu dengan metode observasi, diskusi dan sosialisasi. Hasil: Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat beberapa mitra menggunakan label fotocopy dalam kemasan yang dijual karena tidak ingin repot dalam membuat kemasan yang menarik. Kemudian aktivitas masyarakat yang biasa belanja online melalui salah satu marketplace yaitu Lazada tetapi masih minim pengetahuan dalam melakukan penjualan online, yang mana hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh mitra sebagai peluang meningkatkan perekonomian yang dapat di akses lebih luas. Kesimpulan: Kegiatan program ini dapat membantu meningkatkan perekonomian mitra lebih baik melalui packaging product, menambah wawasan mitra dalam aktivitas penjualan online dan diimpementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Keywords

Bahari Pengemasan Penjualan Online Produk Lokal

Article Details

How to Cite
Julaeha, J., Amirullah, G., & Siswanto, R. D. (2024). Peningkatan Ekonomi Pesisir Melalui Packaging Produk yang Menarik dan Penjualan Online di Kepulauan Pari . AbdimasMu, 1(1), 53–58. https://doi.org/10.22236/adm.v1i1.15544

References

  1. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2023). Survei Pengguna Internet di Indonesia. Bisnis.Com, JAKARTA. https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang
  2. Bahri, B., Sari, N. P., & Alamsyah, F. (2023). Pelatihan Desain Kemasan (Packaging) Dan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Kapanewon Turi. As-Sidanah : Jurnal Pengabdian Masyarakat.
  3. BPS. (2022). Tingkat Kepadatan Penduduk Kepulauan Seribu. Badan Pusat Statistik Indonesia. https://www.bps.go.id/publication/2022/02/25/0a2afea4fab72a5d052cb315/st atistik-indonesia-2022.html
  4. Busyra, N., Darmawati, D. M., Handayani, T., & Alimudin, M. (2023). Pengembangan Kemasan Produk Kuliner Lokal Kepulauan Pari. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 101–108.
  5. Effendi, N. I., Supriyati, & Herawati. (2021). Peningkatan Pemasaran Produk Melalui Pelatihan Disain Kemasan dan Promosi Multimedia Keripik Tempe Desa Kuamang Gading Kota Jambi. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(4).
  6. Fernandez, D., Merina, M., & Susilo, S. (2020). Pelatihan Teknik Sitasi dan Pencarian Referensi untuk Meningkatkan Publikasi Ilmiah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Jurnal SOLMA, 9(1), 113–120. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4049
  7. Katalinga, G. (2013). Analisis Ekonomi Dan Daya Dukung Pengembangan Ekowisata Pulau Pari Kepulauan Seribu, Jakarta. 61.
  8. Nurita, E., Hanny, R., Anggraini, N., Bodewyn, R., & Pamulang, U. (2021). Pemasaran Online Sebagai Solusi Dalam. 2(1), 113–117.
  9. Pradeisya, A. (2020). Studi kelayakan wisata pantai pasir perawan sebagai daerah tujuan wisata di Kabupaten Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta. Repository.Uinjkt.Ac.Id.
  10. Purwanto, H., Apriyanti, Sidanti, H., Setiawan, H. S. H., & Sujianti, A. S. (2022). Labelling, Packaging dan Digitalisasi Pemasaran pada Umkm di Madiun pada Keripik Tahu Walik. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 7(1).
  11. Qiyami, K. E. (2021). Strategi Pemberdyaan Ekonomi Masyarakat Melalui Asset Based Community Development dalam Pengembangan Ekonomi Pariwisata di Pulau Pari, Kepulauan Seribu.
  12. Samsiyah, S., Eddy Sulistyawan, Moch. Munir Rachman, & Sigit Prihanto Utomo. (2022). Strategi Peningkatan Penjualan Melalui Packaging Produk Yang Menarik Pada Umkm Di Desa Banjarsari Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2).
  13. Sari, S. N., & De Fretes, M. D. (2021). Pengembangan Pariwisata Dalam Upaya Pembangunan Ekonomi Masyarakat Di Pulau Pari Kepulauan Seribu. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 2(2), 6–12.
  14. Sudaryanti, D., Bastomi, M., & Sholehuddin, S. (2022). Peningkatan Penjualan Produk Industri Kreatif Melalui Pelatihan Packaging Dan Packing Di Rw 01 Kelurahan Kedungkandang Kota Malang. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 434–441.
  15. Susilo, S., & Amirullah, G. (2018). Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(1), 127–137. https://doi.org/10.29405/solma.v7i1.2380
  16. Taryudi, A., Maulana, D., Kistia, J., Hanifah, N., & Retno, D. (2021). Pemulihan Ekonomi Keluarga UMKM Lokal melalui Pelatihan Desain Kemasan Produk dan Pemasaran Online di Desa Pekandangan Jaya, Kabupaten Indramayu (Economic Recovery for Local UMKM Families through Improved Product Packaging and Online Marketing in Pekand. Jurnal Pusat Inovasi Masyarat.
  17. Wibisono, H., Musthofa, A., Kusuma, M. E., & Haryanto, I. (2019). Transformasi Wilayah Kepulauan di Metropolitan Jakarta. Jurnal Wilayah Dan Lingkungan, 7(3), 181–195.