Main Article Content

Abstract

Background: Al-Fatihah adalah rukun sholat, baik ia imam, makmum, ataupun munfarid (sholat sendiri). Jika bacaan Al-Fatihah tidak sempurna dari segi tajwid, makhraj (sebutan), dan kelancaran, maka sholat tidak sempurna walaupun sah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pembelajaran mengenai tahsin Al-Fatihah kepada remaja dan ibu-ibu di Pulau Pari. Metode: Mitra pada kegiatan pengabdian masyarkat adalah TPQ Al-Fikri dan ibu-ibu PKK. Peserta Pelatihan dan Pembelajaran Tahsin Al-Fatihah terdiri dari sepuluh orang ibu-ibu dan sepuluh orang remaja putri. Kegiatan disusun mulai dari observasi dan dikoordinasi dengan tokoh masyarakat. Susunan acara yang dibawakan oleh Tim Pelaksana yakni pembukaan, acara inti Pembelajaran dan Pelatihan Tahsin Al-Fatihah di RT 04 Pulau Pari, Kepulauan Seribu yang disampaikan oleh Mahasiswi Pendidikan Agama Islam UHAMKA kemudian dilanjutkan dengan sharing dan praktik pembacaan Al-Fatihah oleh setiap peserta, dan diakhiri dengan pengumuman hadiah bagi dua peserta terbaik. Adapun pengambilan data  yang dilakukan adalah dengan metode kualitatif dan fenomenologi, diantaranya mendapatkan informasi dan sumber data dari mitra, survei, observasi, wawancara dan analisis data. Hasil: remaja dan ibu-ibu di Pulau Pari, Kepulauan Seribu masih terbatas pengetahuan tajwid dan tahsin Al-Fatihah. Hal ini terlihat dari pelafalan huruf yang belum sempurna dari segi sifat dan makharijul hurufnya. Antusias para ibu-ibu disekitar lingkungan RT 04 Pulau Pari, Kepulauan Seribu sangatlah semangat dalam belajar. Tim mendapatkan respon yang positif antara tokoh agama, masyarakat dan Tim LPPM, dan komunikasi berjalan lancar, baik melalui informasi langsung dilapangan, atau melalui aplikasi WA (whatsapp), maupun telepon. Kesimpulan: Pelaksanaan pelatihan kegiatan tahsin Al-Fatihah pada remaja putri dan ibu-ibu di Pulau Pari berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang di harapkan, dimana pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pada remaja putri dan ibu-ibu dalam membaca Al-Fatihah dengan baik dan benar.

Keywords

Al-Fatihah Al-Qur'an Pelatihan Pembelajaran Tahsin

Article Details

How to Cite
Putri, O. S., Handayani, S. L., & Amirullah, G. (2024). Pelatihan dan Pembelajaran Tahsin Al-Fatihah pada Remaja Putri dan Kelompok Ibu di Pulau Pari. AbdimasMu, 1(1), 59–66. https://doi.org/10.22236/adm.v1i1.15545

References

  1. Abbas, R., Mat Jusoh, M. S., & Ghazali, S. F. (2022). Kefasihan Bacaan Al-Fatihah: Analisis Dalam Kalangan Pelajar Kejuruteraan. Journal of Islamic, Social, Economics and Development, 7(45), 156–165. https://doi.org/10.55573/JISED.074513
  2. Abd Aziz, N., Radzi, M. B. M., Noor, N. M., & Ying-Leh, L. (2021). Penguasaan Bacaan Al-Quran Menerusi Tahsin Al-Quran. Jurnal Sains Sosial dan Pendidikan Teknikal| Journal of Social Sciences and Technical Education (JoSSTEd), 2(1), 51–58.
  3. Annuri, H. A. (2020). Panduan Tahsin Tilawah Al-qur’an & Ilmu Tajwid. Pustaka Al-Kautsar.
  4. Fernandez, D., Merina, M., & Susilo, S. (2020). Pelatihan Teknik Sitasi dan Pencarian Referensi untuk Meningkatkan Publikasi Ilmiah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Jurnal SOLMA, 9(1), 113–120. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4049
  5. Hasanah, U., Naimi, N., Sihotang, M. K., Munardi, B., & Hisan, K. (2020). PKM Pembinaan Taman Baca Al-Qur’an dalam Pembelajaran Tahsin Tilawah di Kelurahan Sari Reji Medan Polonia. 2(1).
  6. Istikhori, I. (2017). Pemikiran Abd Al-Rahman Al-Nahlawi Tentang Pendidikan Masyarakat Berbasis Masjid (Studi Kitab Ushul Al-Tarbiyah Al-Islamiyyah Wa Asalibuha: Fi Al-Bait Wa Al-Madrasah Wa Al-Mujtama). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 20.
  7. Kartika, T. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Talaqqi. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 245–256. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5988
  8. Khoirunnisa, N. I. (2013). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Remaja (Vol. 53, Issue 9).
  9. Mubarok, M. (2013). Konstruksi Teori Komunikasi Dalam Tafsir Al Qur’an Surat Al Fatihah. Jurnal Ilmiah Komunikasi MAKNA, 4(2), 110–127.
  10. Nuraeni, E., Fauzi, A., & Hanafi, H. (2022). Konseling Kelompok dalam Memotivasi Membaca Al Qur’an Ibu-Ibu Pengajian. JPPM Jurnal Penelitian Dan Pengabadian Masyarakat, 1(1), 168–177.
  11. Nurjamilah, C. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid dalam Perspektif Dakwah Nabi saw. Journal of Islamic Studies and Humanities, 1(1), 93–119.
  12. Patel, & Goyena, R. (2019). Journal of Chemical Information and Modeling, 15(2), 9–25.
  13. Putri, S. U., & Aswar, A. (2020). Implementasi Pendidikan Masyarakat Berbasis Masjid untuk Muslimah di Desa Mattoanging Kabupaten Maros. WAHATUL MUJTAMA’: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 129–141. https://doi.org/10.36701/wahatul.v1i2.254
  14. Rodiyah, R. R. (2018). Alternatif Pemberantasan Buta Aksara Bagi Kaum Perempuan Berbasis Masjid. Jurnal Ilmiah Syi’ar, 18(2), 1–7.
  15. Susilo, S., & Amirullah, G. (2018). Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(1), 127–137. https://doi.org/10.29405/solma.v7i1.2380
  16. Tambak, S. (2014). Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, 21(2). http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16