Perancangan Knowledge Management System (KMS) Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas Negeri di Jakarta Selatan

Penulis

  • Herlinda Herlinda Universitas Indraprasta PGRI
  • Intan Mutia Universitas Indraprasta PGRI
  • Atikah Atikah Universitas Indraprasta PGRI

Kata Kunci:

Knowledge Management System, Kurikulum 2013, Model Tiwana, SMAN, UML

Abstrak

Penelitian ini secara jangka panjang memberikan kontribusi untuk penerapan Knowledge Management System (KMS) Kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN). Secara akademis dapat membantu untuk : 1) Menjadi pusat pengelolaan pengetahuan bagi lingkungan Sekolah Menengah Atas Negeri, 2) Sebagai sarana menampung/menyimpan, mendiskusikan, memanfaatkan pengetahuan sesuai regulasi institusi, 3) mengoptimalkan pemanfaatan teknologi sistem informasi pada manajemen pengetahuan, demi efisiensi dan efektifitas pembelajaran kurikulum 2013 internal Sekolah Menengah Atas Negeri, 4) Memudahkan guru mencari informasi ilmu pengetahuan terkait mata pelajaran yang diampunya. Lokasi penelitian di Jakarta Selatan dengan subjek penelitian adalah Sekolah Menengah Atas Negeri 34 Pondok Labu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus dengan kerangka kerja model Amrit Tiwana. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, dan observasi. Tahap analisis dan disain dengan pendekatan berorientasi objek menggunakan UML. Hasil penelitian rancangan KMS berkualitas baik dengan fitur utama: input data guru, mata pelajaran, forum diskusi, memuat dan mengunduh berkas, dan pencarian berkas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Herlinda Herlinda, Universitas Indraprasta PGRI

Department of Informatic Engineering

Faculty of Engineering

Intan Mutia, Universitas Indraprasta PGRI

Department of Informatic Engineering

Faculty of Engineering

Atikah Atikah, Universitas Indraprasta PGRI

Department of Informatic Engineering

Faculty of Engineering

Referensi

[1] Saud, Udin Syaefudin, Pengembangan Profesi Guru, Bandung, CV. Alfabeta (2008).
[2] UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. http//: Akhmad Sudrajat. wordpress.com (2017)
[3] Honeycutt, J., Knowledge Management Strategies; Strategi Manajemen Pengetahuan, Jakarta, PT. Elex Media Komputindo (2005).
[4] Widayana, Lendy, Knowledge Management-Meningkatkan Daya Saing Bisnis, Malang, Bayu Media Publishing (2005).
[5] Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung, Alfabeta (2014).
[6] Paul, L Tobing, Knowledge Management, Konsep, Arsitektur dan Implementasi, Yogyakarta : Graha Ilmu (2007),
[7] Tiwana, A., (1999), The Knowledge Management Toolkit: Practical Techniques for Building A Knowledge Management System, Second Edition, New Jersey: Prentice Hall, 1999.
[8] Dennis, Alan, at.al., (2009), Systems Analysis and Design with UML – 3rd Edition, John Wiley & Sons, Inc.
[9] McLeod, Raymond, and George P. Schell, (2009), Management Information System, 10th ed. Dialihbahasakan oleh Yulianto, A, Akbar dan Afia, R, Fitriati, Jakarta: Salemba Empat.

Unduhan

Diterbitkan

2017-10-29

Cara Mengutip

Herlinda, H., Mutia, I., & Atikah, A. (2017). Perancangan Knowledge Management System (KMS) Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas Negeri di Jakarta Selatan. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 2, I1-I7. Diambil dari https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/646